[ GUIDE ] Black Dragon Nest - Line Up ( Extended Edition )



     Yahallo! Kali ini kita berjumpa dengan artikel yang agak berat, yaitu Line Up Black Dragon Nest ( BDN ). Disini kita akan membicarakan line up populer, kebanyakan berada di publik party ataupun private party yang masih memakai orang luar untuk beberapa slot. Disini saya akan menuliskan apa adanya, jadi kalau ada yang tidak suka itu urusan anda. Tidak ada hubungannya dengan artikel ini. Artikel ini mengalami update lagi karena banyaknya request mengenai party elemental. Perlu diketahui, artikel versi sebelumnya update di bulan Agustus, dan Agustus di SEA baru saja terjadi revamp Engineer dan balancing Inquisitor serta Crus. Update artikel ini termasuk dalam program maintenance blog pada medio November lalu yang batal dilakukan. Kali ini saya melakukan update untuk memenuhi target artikel. Semoga membantu anda.

     Kali ini sebelum masuk ke line up inti, kita akan berbicara tentang Raid Party, fungsi slot dan perkembangan di cap 70. Banyak class yang sudah merasa "nyaman" di cap 60, ketika di cap 70 menjadi "tidak laku" secara tiba-tiba. Semua istilah saya tulis dalam bahasa DN SEA dan cap 70, jadi saya tidak akan menjawab apapun tentang istilah tersebut. Gunakan Google untuk mencarinya. Pertanyaan bisa anda tulis di kolom komentar. Untuk bimbingan ataupun pertanyaan sangat detail bisa anda layangkan di FB saya disini atau WhatsApp 082234527545, tidak menerima SMS. Artikel selanjutnya, kita akan mencoba membahas Ex level 80 satu persatu.



ROLE PARTY


TANKER

Class yang memiliki skill untuk menarik Aggro monster, dan memiliki kapabilitas untuk tank damage disebut Tanker. Ada 3 class yang termasuk dalam Tanker, yaitu Guardian / Crusader / Destroyer. Di cap 70, untuk AON ataupun BDN Destroyer merupakan most wanted tanker. Believe or not!. Tanker tidak terlalu essensial di BDN. Party tanpa tanker-pun bisa melenggang mulus.


HEALER

Class yang memiliki skill yang dapat heal HP atau MP member party secara efisien. Meskipun begitu, class ini memiliki buff-buff ataupun debuff yang membantu performa party. Ada 4 class di DN yang capable untuk menjadi healer party, yaitu Saint / Inquisitor / Physician / Light Fury. Most wanted healer di cap 70 adalah Light Fury. Di Phase 1 Naga dan Phase 3 Naga, ada Ice Mage yang bisa burn MP. Slot untuk class yang bisa heal MP adalah wajib ( meditasi max ). Class populer untuk healer dark party adalah Abysswalker, sedang untuk party normal ataupun light, healer populernya adalah LightFury. Semua class Bringer baik AW dan LF wajib memiliki skill meditasi max. Inqui ketika berada di Light Party, statusnya naik dari healer menjadi sub-damager bahkan damager utama. Saint memang masih mencari definisi yang tepat bagi slot mereka di BDN. Physician... well mungkin setelah balancing Physician kita akan menemukan peran penting mereka di BDN.


SUPPORT

Class yang dikenal dan diminta masuk party karena skill-skillnya yang dapat meningkatkan performa party. Party tidak akan pernah mempermasalahkan damage dari class ini, karena mereka memang terkenal akan julukannya. Misalkan Howler ( Barbarian / Destroyer ), Elestra, dan Smasher.


SUB-DAMAGER

Class yang dikenal karena beberapa skill khusus mereka dan damage yang mereka hasilkan tidak bisa dipandang sebelah mata. Skill-skill mereka kebanyakan krusial dalam party, dan mereka bisa menggantikan posisi Main Damager dengan efisien pula. Meskipun mereka tidak bisa menghasilkan damage sebaik class Main Damager. Class yang menghuni tier ini adalah : Dancer ( dance 2 ) / Swordmaster ( Provoking Slam ) / Gearmaster / Acrobat ( Spirit Boost ) / Screamer ( Grudge + Puppet ) / Abysswalker / dan lain-lain.


MAIN DAMAGER

Class ini dikenal hanya, hanya, oleh hanya damage mereka. Meskipun demikian, class ini memiliki buff/debuff yang sangat berguna. Namun sekali lagi, ketika berbicara tentang class berikut maka kita hanya akan berbicara damage, damage, dan damage. Rank class versi blogspot kali ini saya sebut teratas dari awal. Yaitu Raven / Saleana / Artil / Adept / Sniper / Gearmaster / Shooting Star / Ripper.



SPECIAL ROLE : ICE STACKER

Class yang memiliki  kemampuan untuk memberikan 2 layer es dalam waktu bersamaan. Urutan class menunjukkan most wanted di party. Yaitu Adept / Elestra / Saleana. Adept sangat populer di cap 70 dan menjadi Ice Stacker utama dalam party. Selain kemampuan Ice Stackingnya, Adept dapat boost stats / heal / cooldown melalui Cocktail. Mengurangi defense elemen melalui Ethanol ( Raven Party Light / Dark suka ini ). Tidak lupa pula dapat boost movement speed party. Nilai plus yang tidak dapat ditandingi oleh Elestra, damage Adept jauh di atas Elestra dan merupakan class dengan role Main Damager. Sedangkan Elestra, tetap di support. Elestra dengan suffix senjata old item dual Intellect sangat membantu party Raid dan dapat membuat nilai Elestra worth bahkan ketika party membawa Adept sekalipun.



SPECIAL ROLE : BUFF REMOVER

Class yang memiliki kemampuan untuk remove buff lawan. Kebanyakan yang diremove adalah buff Berserk. Ada 4 class yang memiliki kemampuan untuk remove buff lawan. Yaitu Mercenaries ( Barbarian dan Destroyer ) dengan Devitalizing Howl, dan Engineer ( Gearmaster dan Shooting Star ) melalui Mecha Siren. Ketika kita berbicara party normal, keempat class diatas memiliki posisi yang setara. Namun ketika berbicara party elemental dengan line up Dark / Light, maka Engineer memiliki keunggulan dengan chemical grenade. Trans Damage juga satu-satunya buff yang tidak bisa di-clearkan oleh Black Dragon's Breath. Shooting Star atau Gearmaster dalam party elemental? Kalau party mencari nilai plus support Engineer dalam Ice Stacking / Damage Reduce maka Gearmaster pilihan terbaik. Apabila tidak, keduanya berada dalam opsi yang baik. Sekali lagi, selera leader party sangat menentukan.









LINE UP STANDARD BLACK DRAGON NEST 

 

      Sekali lagi saya tekankan, apa yang ditulis disini adalah apa yang terjadi di server saya. Populer di public party ataupun semi private party. Apabila anda tidak setuju, saya tidak akan menanggapi. Silakan dihujat di kolom komentar. Line Up seperti ini tidak berlaku di party private, dimana anda masuk slot berdasarkan pertemanan. Class yang ditulis pertama, adalah prioritas utama. Apabila hanya tertulis class itu, maka itu merupakan class wajib. Lets check it out!

Party Standard :
  1. Main Damager ( Chaser / Bowmaster / Engineer / Saleana / Adept  )
  2. Light Fury
  3. Berserk Remover - Mercenaries / Engineer
  4. Ice Stacker
  5. Cooldown Booster - Majesty / Acrobat
  6. Swordsman
  7. Kali
  8. Main Damager
Tidak ada yang istimewa dari line up di atas. Semuanya serba standard.



Party Light :
  1. Healer - Light Fury
  2. Inquisitor
  3. Crusader
  4. Light Moonlord
  5. Force User / Light Acrobat
  6. Ice Stacker
  7. Screamer / Light Dancer / Light Main Damager / Adept
  8. Main Damager - Light Engineer
Kunci dari Light party adalah di Inquisitor dan Crusader. Membutuhkan cooldown booster agar cooldown mereka cepat. Light Fury berguna untuk boost light attack dan healer utama. Mengapa harus ada LightFury? Kembali ke definisi healer di atas, butuh healer MP di BDN. Dan ini hal yang hanya bisa ditangani oleh Bringer.



Party Dark :
  1. Raven
  2. Abysswalker / Light Fury ( Wajib Meditasi dan Chakra Energy level tinggi )
  3. Dark Engineer, recommended GM.
  4. Dark Moonlord
  5. Screamer, recommended Soul Eater.
  6. Majesty
  7. Adept
  8. Ice Stacker / Dark main damager.

Dark party, mengandalkan boost dark dari Ajna. Recommended membawa single healer AW support untuk dark attack yang lebih baik. Damage Reduce? Bisa mengandalkan Gearmaster dan Phantom Guard Kali.




Typikal Black Dragon Nest :
  1. Banyak sekali mekanik / skill clear buff. Terutama Hardcore mode.
  2. Pesta Stomp, rata-rata damagenya 800k - 900k sekali stomp.
  3. Defense fisik tinggi memberi keuntungan ekstra.
  4. Banyak stage yang memberikan debuff ke player, seperti bone crash / slow / burn / dll. By The Way, bone crashnya bukan ucrit-ucrit seperti Barbarian tetapi +150K atau lebih damage per hitnya. Skill yang bisa cure debuff monster sangat berpengaruh untuk menyelamatkan party.
  5. Phase dragon membutuhkan disable ( lagi ). Adept / Engi / FU / Eles / Binding relic sangat efisien.
  6. Tidak ada resist elemen extreme seperti DDN. Paling tinggi hanya 30%.  Damager elemen seperti Saleana / Majesty / Adept bisa berpesta.
  7. Beberapa mekanik stage membutuhkan fast kill.
  8. Semua monster bisa serangan critical.














CRUSADER

Class yang sangat merana, bahkan sayapun merasa kasihan melihatnya. Nampaknya akan terus beristirahat dengan tenang di pemakaman Saint Haven sampai balance / revamp selanjutnya. God Bless You!. Bangkit dari kubur, dan menempa tamengnya lagi di Merlin. menjadi motor penggerak Light Party, dan penghukuman atas ulah Black Dragon akan dibayar mahal oleh Feder. Bersama Inquisitor, Crusader menjadi damager yang patut diperhitungkan di party Light.


GUARDIAN

 Class yang sangat penting ketika di cap 40 dan 60. Banyak sekali mekanik dan skill clear buff, membuat Guardian Force tidak optimal. Ditambah dengan rasio block per HP standard player yang rata-rata satu juta membuat posisinya kurang optimal.

SAINT

Simple, BDN membutuhkan healer MP. Dimana posisi tersebut banyak dimonopoli oleh Bringer. Namun bukan berarti peluang Saint seketika tertutup.


INQUISITOR

Motor penggerak Light Party. Bersama Crusader, menjadikan dirinya salah satu damager yang patut diperhitungkan di Light Party.




SALEANA / SELEANA / PYROMANCER

Kesalahan terbesar komunitas DN selama ini adalah menganggap Saleana adalah Ice Stacker, tidak kurang tidak lebih. Potensi damage Saleana sangat luar biasa, damager magic terbaik di cap 70. Flame Road Ex merupakan Ex skill level 32 dengan damage terbaik. Nama Saleana berasal dari nama murid penguasa sihir api, Ifrit.  Komponen penting dalam fire party. Saran dari saya, try this class!


ELESTRA / GLACIANA / CRYOMANCER

Dahulu merupakan class wajib untuk slot ice stacker di cap 50 dan 60. Sekarang, ada gadis kecil antah berantah menggeser slotnya, gadis itu memiliki nama Adept. Namun, developer berencana merombak Ice Stacking ke depannya. Kita lihat apa yang bisa dilakukan developer terhadap class ini. Namun, karena populasi Adept yang sedikit akibat menjadi dead class di cap level sebelumnya, Elestra kadang masih menjadi pilihan di slot party. Terutama Elestra dengan senjata dual suffix Intellect.


ILLUMIA / SMASHER / WAR MAGE

Class ini sangat populer di cap 60, semenjak DDN memiliki resist all elemen 50%. Namun, boosting Majesty oleh developer membuat nama ini tenggelam. Diperparah dengan Majesty yang mampu debuff dark resist dan Smasher tidak. Tidak ada yang bisa disalahkan, mungkin hanya Smasher handal yang bisa survive di slot Black Dragon Nest.

OBSCURIA / MAJESTY / CHAOS MAGE

Bangkit dari kubur, menjawab tantangan dark party era di cap 70. Sangat populer di random party cap 70. Teman terbaik Raven untuk -20% dark def Gravity Ascension Ex. Watchout for her Gravity Switch!





GLADIATOR

Salah satu class legendaris di DDN, kini masih eksis di cap 70 meskipun diserbu oleh kompatriotnya yang di boost, Moonlord. Banyaknya party yang memakai sub-damager dan damager dengan magic damage membuat leader party melirik Moonlord.

MOON LORD / LUNAR KNIGHT

Bangkit dari kubur, menemukan pedangnya yang pernah patah. Cyclone Ex yang memberikan ekstra magic damage membuat Moonlord mendapat tempat istimewa di BDN. Seperti yang kita ketahui BDN mayoritas membawa Elestra / Adept / Screamer / Majesty dan memilih Moonlord adalah pilihan yang logis.

BARBARIAN

Axe never dies! Barbarian masih eksis di BDN meskipun kalah populer dari kompatriotnya, Destroyer. Pertarungan merebut slot masih panjang, karena para gadis jenius Engineer ikut meramaikan slot tersebut. Show to them why your Axe never enough to Slay only one Dragon!


DESTROYER

Bangkit dari kubur dan pernah menjadi dead class, kini kembali ke dunia persilatan Lagendia. Tidak main-main, slot Guardian pun dilawan. Class paling populer untuk mengisi slot buff remover. Apa yang membuat Destroyer sangat populer?
  1. Memiliki 2 skill aggro, yaitu Punishing Swing Ex dan Taunting Howl
  2. Memiliki 4 skill reduce damage yaitu Howl Charging / Havoc / Flying Swing / Maelstrom Howl.
  3. Dapat heal secara mandiri
  4. Bonus buff attack MH 200% VIT, sehingga basic stat Destro adalah VIT
Saatnya menunjukkan kepada Black Dragon bahwa para Destroyer tidak hanya terbuat dari daging dan semangat!







SENTINEL / ARTILLERY

Mantan top rank main damager cap 60, kini direbut oleh Raven. Sangat sulit bagi class ini untuk menembus slot di BDN. Namun developer memboost class ini pada bulan Juli, sangat menarik melihat persaingan Artil melawan Raven setelah boost.


SNIPER

Entah apa yang dipikirkan developer ketika hanya memboost Artil di bulan Juli. Ambil sisi positifnya, mungkin ini menjadi event yang menarik bagi para Sniper untuk meningkatkan skill dan daya saingnya merebut slot BDN.


TEMPEST

Beautiful Hurricane Dance kembali lagi. Sempat menjadi perbincangan karena berada di slot speed run pertama BDN di DN Korea. Tempest, kembali beraksi lagi di Black Dragon Nest SEA! Binding Ex membuat nilai jual class ini lebih baik dari Windwalker.


WINDWALKER

Satu hal yang saya ingat dari Winwalk ( kami menyebutnya Winwalk di SEA ), class tercepat yang mungkin pernah anda lihat. Kembali lagi, beraksi di Black Dragon Nest. Salah satu class alternatif untuk slot BDN. Suit up Girls!




GEARMASTER 


Setelah Revamp, GM berubah menjadi monster damage yang efisien di berbagai tingkat Nest. Dalam kondisi gears sama dengan Raven, GM memberikan output damage yang lebih tinggi. Namun dalam dua hal mereka berbeda, Raven sangat efisien dalam BT mode. Sedang GM sangat superior dalam SB mode. Ditambah lagi dengan tower dan bebek yang bisa menerima efek double buff.



SHOOTING STAR

Debuff Biochemical Missile Ex memberi ekstra defense -20%. Dan jangan lupakan siapa burst damager physical terbaik, Raven? Bukan! Dia adalah Shooting Star! Wanna try my 10 times Splash in no time?

Sangat disayangkan, tiga dari lima skill support party BDN berada di tree GM membuat SS dalam posisi kurang menguntungkan dibanding GM. Chemical Grenade, Trans Damage, Ice Tower, Mecha Siren, dan Mecha Bomber adalah skill wajib party BDN. Namun sekali lagi, potensi damage SS sangat luar biasa.



ADEPT

Satu tahun menjadi dead class, kini bangkit lagi dari antah berantah. Tidak main-main, menantang slot Elestra di party. Memiliki kemampuan Ice Stacking yang sangat baik. Apa poin plus Adept daripada Elestra?
  1. Simple Ice Stacking, Slime dan Ice Beam.
  2. Boost STR / AGI / INT  27% dengan cocktail. Berguna pula untuk menaikkan critical damage party.
  3. Boost Heal HP sebesar 27% dengan cocktail.
  4. Mengurangi cooldown semua skill termasuk Spirit Boost dan Beyond Time sebesar 18% dengan cocktail.
  5. Boosting movement speed 50% melalui Wax.
  6. Mengurangi Ice Defense 30% dengan Icing Mass.
  7. Mengurangi Dark / Light / Fire / Ice Defense 16% dengan Ethanol.
  8. Cute but deadly!

PHYSICIAN

Cap 70 membuat Physician memiliki 4 skill heal ( terbanyak dari semua class DN ), yaitu Injector Ex / Sacrifice / Heal Shower / Poison Break Ex. Namun seperti yang anda ketahui, adanya LightFury membuat persaingan slot healer semakin ketat. Poin plus Physician, bisa menjadi burst damager party selain menjadi Healer.



DARK SUMMONER

Sadism pleasure, menambah 20% dark attack ke party. Adanya efek clear buff, membuat party melirik Screamer yang support party memakai batas AoE sehingga efek clear buff bisa diminimalisir untuk keuntungan party. Efek clear buff membuat timing Sadism perlu diwaspadai. Future update, Sadism akan memberi buff FD dan Dark Attack dengan efek mana drain.

SOUL EATER

Kelebihan class ini daripada DS adalah konstan curse, yang memberikan total -15% all elemen resist. Kelebihan lainnya, Cling Snake efektif untuk membuat boss stage di BDN slow, meski begitu DS juga mampu melakukan slow pula dengan skilltree Screamer. Leader party mayoritas memilih SE untuk slow, constan curse dan debuff critical resist.


BLADE DANCER & SPIRIT DANCER

Era raid dengan mekanisme dan skill clear buff, membuat kontribusi class ini di titik nadir. Kebanyakan party membawa Dancer untuk dance 2, dan clear buff membuat semuanya berpikir dua kali ketika membawa Dancer. Namun sekali lagi, keputusan Leader adalah relatif tergantung friendlist ataupun class yang tersedia di pasar. Dancer masih bisa bersinar.








RAVEN

Hanya orang bodoh yang tidak menaruh class ini di top damager. Class ini memang fenomenal sejak awal. Kelebihan class ini dari class main damager lainnya :
  1. Applause -10% magic and physical defense
  2. Punishment -10% magic and physical defense
  3. Punishment Ex -10% magic and physical defense
  4. Board damage rata-rata 30% lebih tinggi dari semua class di DN
  5. Dedicated Crow
  6. Fade 37% damage up
  7. Dark attack mudah di boost oleh skill class lain
  8. OMG is a GUY!



RIPPER

Ripper memiliki definisi yang berbeda dari Raven. Namun Ripper tetap menjadi class Main Damager meskipun tidak berada di top rank. Melee dan basic serangan elemen fire membuat class ini kurang bersinar di party 8 orang. Fire Party sangat populer di party 2-6 orang. Namun ketika party berisi 8 orang, damage dari fire party masih kalah dengan Dark / Light.


LIGHT FURY

Saingan terberat Saint, namun lebih efisien di lapangan. Satu-satunya kekurangan class ini terletak di skill cure nya yang tidak bisa spammable. 


ABYSSWALKER

Definisi class ini sangat ambigu ketika anda membuildnya damager dan hendak masuk party raid. Potensi terbesarnya ketika memaksimalkan heal dan meditasi party, dan menjadi healer utama party dark. Dewasa ini, cukup sering party BDN di server saya memakai AW sebagai single healer di Dark party.



" Semoga membantu para pembaca untuk lebih memahami dan mempersiapkan diri menghadapi Black Dragon Nest kelak. Good luck and as always... Happy Dragon Nest^^ "





































Comments

  1. Selamat malam bang daniel , saya ingin bertanya sedikit tentang job saint di line up BDN

    1.Apakah saint bisa menggantikan posisi inqui di Light Party ?
    2. apakah saya harus merubah job ke inquisitor? :v (intermezo aja haha)

    terima kasih bang , sukses terus dengan guide guidenya (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa, namun debuff light resist dan kemampuan offensivenya kurang.
      2. Kalau anda menganggap ini adalah tantangan, silakan Saint. Kalau mencari jalan pintas, Inquisitor terbaik.

      Delete
    2. terus satu lagi bang , maksud dari light acro , light dancer itu seperti apa , sedangkan mereka kan non elemental damager

      Delete
    3. Mereka cuma bawa ECJ (Elemental Conversion Jade) bertipe Light, dan mengganti smua jade offensenya menjadi jade Light.
      contoh : Light Acro = bawa ECJ light + 3 jade light. dengan tujuan menumpuk dan merubah elemen serangan mereka yg tadinya non-elemental menjadi Light Attack, dan akhirnya Optimal jika masuk Light Party dengan adanya Inquisitor dan Crusader

      Delete
    4. Terima Kasih atas penjelasan Mister A. Kusuma. Saya kira cukup jelas.

      Delete
  2. bang daniel klo bdn lbh bagus spirit dancer ato blade dancer?
    1pertanyaan lgi job ss sangat sulit playstylenya bang danil apalagi klo ambil mm kan jadi ga bisa relod sdangkan skill ss bth anmo gmna cara ngkalinnya mas danil mhon pencerahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya bagus

      MM di SS dipakai ketika ammo 10, dan efek reload Ex ( buff attack ) baru didapatkan. Lalu aktifkan MM untuk burst Splash. Perlu diketahui, future update ketika MM tidak bisa cast Reload / Mine Thrower / Splash / Biochemical / dan Pingpong Ex.

      Solusinya, MM hanya ketika ammo anda 10.

      Delete
    2. Mustofa Kamal4 May 2015 at 10:58

      imo, dua-duanya sama bagus, sama2 punya buff ED2. tp public party lbh sering bawa SD. krn Praetor dmgnya lbh besar drpd Mesin Penggiling punya BD (sorry no offense) :v

      Delete
  3. mas daniel numpang tanya, saya dengar2 SS sudah tidak bisa pakai Skill yg berhubungan dengan Reload (Splash, Mine Thrower, Chemical Missile) jika sedang berada dalam Mechanic Mode (MM). apa itu benar?

    dan kenapa untuk Gear Master, Mecha Shock harus level 11? karena setelah saya coba di lapangannya Mecha Shock lv 11 tidak memberi damage yang besar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Future update DN, sudah diterapkan di Korea :
      MM tidak bisa cast skill :
      - Reload
      - Mine Thrower
      - Splash
      - Biochemical
      - Pingpong Ex

      Mecha Shock total 5 hit memberi damage 500% attack di level 11, kalikan 3 bebek yaitu 1500%. Build Ice dan Light GM memiliki booster Light hingga 70%. Karena bebek bisa menerima double buff maka total light yang diupgrade bisa mencapai lebih dari 140%. Alias 3600% per 8 detik, dan hebatnya lagi otomatis. Skill Mecha Shock level 11 tidak akan terlihat hebat di party kecil, tapi di party Raid akan terlihat luar biasa.

      Delete
  4. ss sekarang memang susah harus reload klo mau pakai skill jalur kiri kan ada tulisannya untk sumon bth 2anmo jadi ss sedikit susah jika kita menggunakan mm soalnya skill relod ga nyala. udah saya copa sangat sulit pakenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MM oleh SS dipakai untuk burst mode ketika ammo sudah mencapai 10. Selebihnya, SS tidak memakai MM.

      Delete
  5. oh ya bamg dan mo nanya lagi standard FD lightfury di bdn 2500san cukupga mau build dps soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. LF FD berapa saja tidak masalah, karena tugasnya 80% di Raid hanya meditasi. Fokus di HP dan Physical Def.

      Delete
    2. Mustofa Kamal4 May 2015 at 11:13

      LF build dps itu yg kaya apa? ibarat Saint mau jd dps :v
      g usah neko2 kalo jd healer. namanya jg healer, fokusin aja ke AGI & Attack power (biar healnya seger), VIT (HP & Pdeff)

      Delete
  6. mecha siren itu sama aja mecha horn skill yg kyk sirine ambulan apakah berguna di party. soalny saya ga naikin ini skill cuma buat pvp mnrut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mecha Siren di BDN digunakan untuk menghilangkan Berserk Mino / Punisher / Golem.

      Delete
  7. tapi ga perlu di maximalin kan mas
    cuma buat remove aja itu juga skill pasife jadi kita ga bisa keluarin semau
    kita+ bebek gampang bgt mati karna ss ga max kan skill ini
    terus cara ngendaliin alfredo saat cast TD skaligust beam suka mati mulu mas danil

    ReplyDelete
  8. Level 1 sudah cukup untuk BDN.
    Di SEA sudah implemen fix bug Mecha Duck, dan sekarang Mecha Siren adalah skill prioritas ketika Mecha Duck tersummon pertama kali. Oleh karena itu saya mewajibkan Gearmaster memakai plate Mecha Duck cooldown. SS kalau sebagai solo berserk remover alias tidak ada merce di party terpaksa memakai plate MechaDuck cooldown.

    ReplyDelete
  9. maksud light dancer itu gima mas danil

    ReplyDelete
  10. dancer dengan converter elemental light

    ReplyDelete
  11. oh jade ya kak ni juga baru update saya bingung ni dancer pilih light apa dark
    ada lvl nya juga jadi apakah harus sesuai lvl mas danil contoh char kita lvl 70 hanya bisa pake conventer 70 /bisa dipake diequip lvl diatasnya
    maaf banyak nanya mas danil lagi smanget maen dn abis ditemenin pet winie jadi ade kk tu ss ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dancer memakai jade lightning, memakai dark akan kalah saing dengan Screamer yang secara natural adalah dark elemen. Memakai converter level 40 sudah lebih dari cukup. Hemat koin.

      Happy Dragon Nest ^^

      Delete
  12. makasih infonya mas danil
    jadi bisa hemat coin :-D

    ReplyDelete
  13. bang kalo elestra dibandingin adept
    + - nya apa aja ?
    trus kalo buat perebutan slot sendiri gimana ?
    sama 1 lagi bang revamp elestra itu menguntungkan kah ?

    maaf pertanyaan nya banyak bang
    makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elestra
      + Lima skill beku aktif
      - Low damage
      - Low defense dan survivability

      Jelas party bawa Elestra murni untuk tugas Ice Stacking. Tidak kurang tidak lebih. Revamp eles memberi skill toggle baru yaitu Frozen Burst, sayangnya ketika skill ini aktif semua lapisan beku di monster dan efek beku skill yang akan di cast akan hilang seketika. Ice layer bonus di nerf ke 30%. Saya pikir ini sebuah kerugian.

      Adept
      + High damage
      + Booster Speed
      + Booster AGI INT STR, Heal rate, dan cooldown.
      + Debuffer elemental
      + Satu layer beku otomatis dari summon
      - Dua layer beku dari Ice Beam dan Slime

      Disini jelas party membawa Adept tidak untuk murni Ice Stacker, namun untuk berbagai keperluan. Bisa sebagai damager utama, sekedar support elemental, dll.

      Kedua class jarang berebut slot, karena kegunaan Adept tidak hanya Ice Stacking. Sama seperti GM dan Raven di party BDN, keduanya tidak pernah berebut slot karena fungsi keduanya beda meskipun berada di peringkat atas damager party.

      Delete
  14. gak ada panduan buat fire party bang ? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fire Party di SEA, pub party baru populer mid bulan ini. Mungkin karena balancing Ripper yang implemen bulan ini. Karena artikel ini ditulis di cap 70, sedangkan sekarang cap 80 saya pikir sudah outdated apabila membahas Fire Party di BDN.

      Delete
  15. Malem bang mau Tanya buildnya souleater full rata kanan ato kanan kiri ?

    ReplyDelete
  16. bang daniel kalo artillery susah ga cari party bwt BDN
    dan artillery termsuk DPS consistent apa bukan

    ReplyDelete
  17. bagusan DPS artillery setelah di revamp apa LK bang

    ReplyDelete

Post a Comment