Konichiwa! Bertemu lagi dengan artikel Eight Man Party. Kali ini kita
akan membahas sesuatu, ceileh sesuatu!! Ya, kali ini adalah Ice Sphere.
Sepintas skill ini adalah trade mark seorang Elestra, atau lebih
familiar anda panggil dengan nama Cryomancer. Suara mantra yang khas,
dan suara pecahan es selalu kita dengar dari skill ini. Tapi tahukah
anda bahwa skill ini memerlukan sedikit imajinasi dari usernya
agar party mendapatkan keuntungan maksimal dari Ice Sphere. Untuk
artikel ini, saya dibantu oleh seorang Elestra. Yaitu Yukiichi-chan.
Kali ini tanpa paragraf curhat, kita langsung ke general knowledge alias
pengetahuan umum dari skill ini.
General Knowledge :
- Waktu beku efektif skill ini bukan seperti yang tertera di board-skillnya. Misal di board skill tertulis beku selama 3,5 detik. Apabila user Ice Sphere bisa memakainya dengan efektif, waktu beku sebenarnya adalah waktu ice sphere tersummon + waktu beku. Bola es akan tersummon selama 5 detik hingga menghilang secara alami. So, dalam kasus di atas waktu beku efektifnya sebenarnya adalah sebesar 5+3,5 = 8,5 detik!!
- Apabila bola es menabrak unit/ terrain atau lingkungan yang user sendiri tidak bisa melewatinya ( misal tembok, naga, blokade batu, dll ), maka bola Ice Sphere akan meledak dan menghilang.
Disini saya menembakkan Ice Sphere ke arah tembok di depan
Tidak
sampai 3 detik bola Ice Sphere hancur menabrak tembok. Karena kita
bermaksud untuk membekukan area di sekitar NPC, bagaimana cara yang
lebih efektif?
Ambil posisi menyamping, dan tembakkan Ice Sphere!
Bola Ice Sphere lebih lama, dan durasi beku efektifnya lebih lama!
Contoh Lain
Disini
saya memberikan beberapa strategi dasar saja, teman-teman bisa
mengembangkan lebih jauh dan lebih efektif lagi. Merah berarti musuh
alias target. Hitam adalah batas map/tembok. Sedang lingkaran biru
adalah Elestra dan arah panah biru menandakan lintasan dari bola Ice
Sphere. Lingkaran hijau menandakan teman-teman party anda.
Praktek Lapangan :
Contoh
paling simple adalah stage 3 GDN, dimana kebanyakan Elestra menggunakan
Ice Sphere secara straight alias lurus kedepan. Mungkin cara seperti
ini masih bisa dimaafkan apabila ada Beyond Time/ Fast Forward, namun
bagaimana bila tidak ada seperti party GDN HC mode ataupun DDN?
Penggunaan Ice Sphere yang benar adalah menyamping seperti ini. Sehingga bola es akan tersummon penuh.
Stage
4 GDN juga begitu, Ice Sphere diarahkan menyamping dan tidak lurus ke
arah utara-selatan. Hal ini dilakukan untuk mengefektifkan Ice Sphere
dan mengcover apabila laba-laba lompat ke depan.
Contoh
paling sering, adalah Ice Sphere ke arah naga. Cara seperti itu adalah
tidak efektif. Cara yang paling efektif adalah menyamping seperti di
atas. Gambar di atas menyamping pertama kali sampai phase 3. Saya
keluarkan dari posisi tangan kanan. Sehingga party tidak perlu menunggu
saya untuk membekukan di posisi kaki.
Selanjutnya dari posisi perut kanan naga, seperti gambar di atas.
Apabila
di posisi kaki, perlu diingat Ice Sphere yang efektif tidak diarahkan
langsung ke arah naga. Namun menyamping seperti gambar di atas.
Bisa dilihat, Ice Sphere tidak langsung hilang akibat terbentur tubuh naga. Terus berjalan sampai durasi summon habis.
Salah
satu alasan kenapa kita hit naga melalui kaki kanan adalah ketika
punggung merah, hitter yang berpengalaman akan tahu, arah api akan ke
kanan. Sehingga char main-DPS akan mengambil arah memutar dari ekor lalu
menuju sisi kiri. Dari ekor, kita tidak mengarahkan langsung Ice Sphere
ke arah naga, melainkan menyamping seperti gambar di atas.
Bisa anda lihat, hasil ice sphere yang menyamping dari ekor, terus tersummon sampai menabrak kaki naga.
Note :
- Elestra adalah kelas Main-Damager party. Cara bermain yang benar adalah dengan menggunakannya secara aggresif, bukan diposisikan sebagai support.
- Anda bisa mengarahkan Ice Sphere sesuai improvisasi anda, namun harus anda pastikan bahwa lintasannya adalah yang paling efektif untuk durasi Ice Sphere anda.
- Untuk memperdalam ice stacking, bisa membaca artikel lama di blog ini.
Comments
Post a Comment