Yahalloww~ Haha sebenarnya artikel ini sudah 30% jalan ketika guide flower Ignis keluar. Agar tidak mengganjal pikiran, saya selesaikan saja sekalian. Hehe, untuk berikutnya saya mungkin akan cuti dulu dari menulis artikel DDN. Kali ini saya akan membahas tentang stage DDN dimana dibutuhkan kerja sama yang baik dan terencana, yaitu Sandworm Hazal ( selanjutnya saya sebut Worm ). Untuk video 4 orang, bisa anda klik tulisan ini. Untuk video 8 orang, bisa di klik tulisan yang ini. Well saya katakan beruntung bagi anda player Shooting Star apabila membaca dan mendownload videonya, karena disini adalah view dari Shooting Star. Akan sangat sulit menemukan video dari view Engineer di youtube, kebanyakan view dari Cleric/ Acro. Di stage ini, key player terletak di damager party. Sebelum saya memulai, kita bagi dulu tiap player ke dalam tier berikut :
- Solo pillar destroyer : Shooting Star ( Attack 19K+ dan splash + biochemical ), Gladiator ( hacking stance + provoking slam/luring ready ), segala kelas Bowmaster/ Hunter dengan bulls eye ready, Acrobat dengan Spiral Edge ready, Dancer. Disini, semua kelas yang saya sebutkan penting untuk memiliki critical cap alias 89%.
- Team support. List member disini untuk menurunkan HP pillar sandpit dibutuhkan setidaknya 3 orang di spot yang sama. Kelas yang ada di list ini : Gearmaster, alchemist, Elemental Lord, Lunar Knight/ Moonlord, Mercenary, Screamer, Force User.
- Team Hore Hore. Semua Cleric.
Di video itu, anda akan sedikit paham kenapa Shooting Star lebih dipilih daripada GM untuk kelas Engineer dalam kasus DDN. Kemandirian untuk menjaga pillar dan tidak tergantung AI alias summon. Di stage ini, segala tipe summon tidak akan berguna banyak. Bagi yang ingin mengkritik cara bermain ataupun saran bagi saya, bisa menulis di kolom komentar atau bertanya mengenai hal-hal yang belum paham di stage ini. Video sengaja saya tampilkan yang tidak mengikuti aturan umum strategy worm. Karena anda bisa melihat taktik umum di youtube. Banyak video-video yang mengajarkan taktik umum di Youtube dan rata-rata semua sama. Kali ini saya akan mencoba berbeda.
Mekanik Stage
- Worm akan mereset aggro setelah melakukan Stomp dan Stomp - Ex, serta Charge attack.
- Semua serangan Worm, baik serangan biasa atupun skill dengan AoE satu map. Akan otomatis menghancurkan segala jenis summon. Baik alpedo, bebek, tower, relic, mirror, bahkan Miracle Relic.
- Worm akan memiliki status Invulnerable alias tidak bisa di hit dari pertama hingga akhir. Satu-satunya yang bisa di hit adalah kepala worm, itupun tidak berhubungan dengan HPnya, melainkan bar super armor kepala.
- Bar super armor di kepala worm ketika habis, akan membuat worm jatuh ke tanah dan dapat di hit dari ekor selama 10 detik sejak jatuh ke tanah.
- Worm akan mensummon 3 buah pillar dengan aura hijau disekitar pillar. Apabila pillar hancur, akan terjadi ledakan di area hijau. Bila kepala worm berada di area hijau ketika pillar meledak, maka ledakannya akan mengurangi bar kepala worm. Player yang tertembak oleh pillar yang disummon akan menerima damage plus beku 10 detik.
- Ada aturan damage ledakan pillar dari bar kepala penuh sampai nol. Ledakan pertama yang terkena ke kepala akan menghilangkan 50% bar kepala. Ledakan kedua akan menghilangkan 45% bar kepala. Ledakan ketiga akan menghilangkan 5% bar kepala.
- Enam puluh detik setelah pillar tersummon, apabila masih ada pillar yang masih aktif maka setiap pillar akan meledak dan menghilangkan 30% - 50% hp seluruh player plus beku 10 detik. Apabila ketiga pillar masih aktif semua, maka bisa dipastikan seluruh party akan mati seketika.
- Ketika melewati x4,1 / x3,1 / x2,1 Worm akan masuk ke dalam pasir dan mulut worm akan muncul di tengah map disertai badai pasir yang menghisap semua ke tengah. Proses ini dinamakan Sandpit Hell ( kita singkat Sandpit ).
- Ketika sandpit, Worm akan menembakkan 3 pillar dengan arah yang sama. Yaitu antara jam 1 - 2 ( antara utara - timur ), jam 6 ( selatan ), dan antara jam 10 -11 ( antara barat - utara ). Setiap pillar sandpit, dapat menghancurkan bar kepala worm sama seperti pillar biasa. Namun, gigi dari Worm menghancurkan separuh HP pillar sandpit. Sehingga tugas anda adalah menghit pillar sandpit minimal kurang dari 50%. Anda tidak boleh menghancurkan pillar sandpit seketika, karena party membutuhkan ledakan pillar di mulut Worm untuk menggagalkan Sandpit. Apabila party anda gagal atau ada salah satu pos yang gagal, maka seluruh party akan terhisap masuk ke worm dan mati seketika. Proses Sandpit total adalah 10 detik.
- Ketika anda melewati dua timing HP sandpit. Misalnya x3,3 langsung down ke x0,7. Karena sandpit akan terjadi x3,1 dan x2,1 , maka akan terjadi kemungkinan double sandpit. Setelah terjadi sandpit, Worm summon pillar biasa. Namun tidak beberapa lama semua pillar hancur dan worm masuk ke tanah melakukan Sandpit lagi.
- Setiap terjadi sandpit, semua pillar biasa akan hancur otomatis.
- Pillar yang biasa yang tersisa ketika Worm mati, bisa meledak ketika batas waktu habis. Harap segera bereskan pillar yang tersisa ketika Worm mati.
Sandworm's Skills
Hahaha, disini saya banyak menggunakan istilah bahasa Inggris. Mohon maklum karena disini ketika membahas strategi kita selalu memakai bahasa inggris. Namun jangan khawatir karena saya akan menjelaskan detail menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan mungkin benar. Wuahahaha.
- Head's wipe. Worm mengambil ancang-ancang ke kiri lalu menebas menggunakan kepalanya ke kanan. Damage 60K - 90K.
- Roar. Efek knockback sampai ujung map. Damage kecil dan dapat di blok dengan super armor.
- Stomp. Worm akan menghantamkan kepalanya ke tanah terlebih dahulu disertai aura hitam dan cahaya kuning terang. Setelah itu worm akan melompat dan stomp. Damage 190K ~ 310K. Semakin dekat dengan sumber stomp, semakin besar damage yang diterima. Terkena proses hantaman kepala ke tanah dapat menyebabkan anda terkena damage 180K ~ 250K.
- Stomp-Ex. Ketika masuk x2, Worm menggambil ancang-ancang cepat ke belakang lalu lompat tiba-tiba. Damage 250K ~ 390K.
- Charge. Masuk x3, worm mengambil ancang-ancang gerakan memutar di depan target. Lalu bergerak maju dengan cepat plus gigitan. Damage 250K ~ 380K.
- Rolling attack. Memasuki bar terakhir, worm masuk ke tanah lalu muncul dari salah satu ujung map. Berguling - guling ( bahasa macam apa ini ~_~ ) ke depan dengan kecepatan tinggi. Damage 290K ~ 410K.
Info yang mungkin berguna
- Ada 2 skill yang bisa ditembakkan ke kepala Worm ketika dalam posisi berdiri tegap. Yaitu Fireball dan Pingpongbomb. Bahkan kelas Bowmaster/ Hunter sekalipun tidak bisa membidik posisi ini.
- Tempat aman dari stomp adalah gundukan tanah di sekeliling map. Dan jangan berdiri di dekat pintu masuk Worm atau stage karena bisa sangat berbahaya.
- Heal Relic / Cure hendaknya memakai timing yang baik. Misalnya jeda waktu ketika selesai stomp, Worm akan diam di tanahh sejenak.
- Timing yang efektif untuk mengurangi bar super armor kepala Worm tanpa pillar adalah ketika kepalanya menyentuh tanah setelah stomp.
- Skill yang efektif untuk no.4 adalah Splash, Mine Thrower - Ex, Triple Slash, Finish Attack, Summon Comet, Aerial Chainshot - Ex.
- Tidak perlu repot-repot Trans Damage. Karena alpedo akan instant mati ketika Worm menyerang/ skill.
- Pillar memiliki critical resist yang tinggi. Untuk DDN, momen terbaik bagi Saya sebagai Shooting Star untuk pillar Sandpit adalah Biochemical Missile + Splash. Apabila tidak keluar critical resist maka pillar akan down di bawah 50% hanya dengan splash. Apabila kurang, tambahkan pingpong + granat-granat. Sebelum masuk bar trakhir, Splash digunakan hanya dan hanya jika menghit pillar Sandpit ( begitu pula biochemical ).
- Hati-hati apabila menjaga pillar sandpit bersama job yang men-debuff damage. Damage bisa "bablas" alias terlewat menghancurkan pillar. Misal bersama SM, Hunter, Elemental Lord.
Strategi
Pillar Biasa
- Tidak ada strategy "must to" dalam bagian ini. Banyak party melakukan strategy berbeda-beda.
- Strategy umumnya, ada team "densus 88" yang bertugas menghit kepala Worm ketika Tanker hold posisi worm. Member lain tetap berada di tempat aman sampai pillar disummon. Team densus 88 favorit saya adalah Gladiator dan Shooting Star. Gladi memiliki blok dari parry, sedang Shooting Star pasti memiliki HP terbesar kedua di party sesudah Tanker. Tujuan team ini untuk mengurangi bar kepala cacing hingga 5% - 10%.
- Ketika pillar tersummon. Party leader menentukan urutan pillar yang akan dituju. Tanker lure worm ke pillar kedua. Sementara party menghajar pillar 1 tanpa worm didekatnya. Tujuan strategi ini adalah untuk memperpendek waktu 60 detik. Summon MR di pillar 1, karena party fokus untuk hit saja. Jaga-jaga apabila worm stomp tanpa terlihat party.
- Party menuju pillar 2 dan menghancurkan pillar dimana kepala cacing berada di area itu. Bar kepala hilang 50%!
- Party menuju pillar ketiga, kurangi HP pillar hingga 25%. Menunggu Tanker membawa worm ke pillar 3. Ketika kepala worm masuk area hijau pillar 3, hit pillar hingga hancur. Worm hilang bar kepala 45%. Langsung down ke tanah dan ekor bisa di hit. Kenapa? Karena team densus 88 sudah mengurangi bar kepalanya 5% - 10% di awal.
- Apabila party gagal melakukan 4 dan 5, ulangi saja prosesnya dengan sedikit improvisasi.
- Apabila melewati bar hp sandpit, wax tanah agar member kembali ke pos sandpit dan bersiap-siap.
- Kick party member anda yang suka buta arah di DDN. Karena akan selalu, dan selalu menyulitkan party. Cara membaca arah cukup mudah dengan membesarkan minimap dan belajar arah mata angin dari map.
- Selain taktik di atas, ada pula taktik " pasrah ". Artinya worm dibiarkan berjalan-jalan dan party menghit pillar terdekat dengan kepalanya. Dan sisanya dihancurkan secepatnya. Taktik ini agak lambat namun efektif untuk party yang tidak berkomunikasi dengan baik.
Sandpit
- Tempatkan satu orang bertype pillar destroyer untuk menjaga 1 pillar. Gunakan taktik3 - 3 - 2 apabila anda memiliki 3 orang bertype pillar destroyer. Apabila hanya 1 orang yang memiliki damage di atas rata-rata. Bisa menggunakan taktik 1 - 3 - 4. Satu orang yang "wah" menjaga pillar sendirian, 3 orang dengan damage rata-rata. Dan 4 orang dengan damage rata-rata plus team hore.
- Tujuan dari sandpit adalah membuat HP pillar di bawah 50% dan jangan sampai menghancurkan pillarnya.
- Apabila ada 1 - 2 orang mati, distribusikan player secepatnya. Class bertype pillar destroyer bisa ditugaskan untuk menjaga sendirian pillar.
Pic Pertempuran
Seperti biasa, saya akan jarang memuat pic dengan skill yang sama dua kali. Saya sarankan anda mendownload videonya agar lebih paham. Semoga gambar-gambar pilihan dari saya bisa membantu teman-teman semua.
|
Seperti biasa, dorong tong TNT |
|
Batu hancur segera pasang wax |
|
Wax |
|
Worm Spawn |
|
Tanda Stomp |
|
Lompat! |
|
Klik kiri untuk memperpanjang |
|
Perfect Timing! |
|
Sesudah stomp, worm akan terdiam dengan kepala di tanah. Hit segera, peluang! |
|
Mine Thrower - Ex |
|
Splash! |
|
Worm summon pillar |
|
Roar! |
|
Hit Pillar |
|
Terkena gerakan awal stomp, ouch sakit! |
|
Aerial untuk segera re-jump karena akan stomp! |
|
Stomp! Segera lompat. |
|
Hit pillar seperti biasa |
|
Worm summon pillar lagi |
|
Posisi pillar per wave tidak selalu sama |
|
Meledak dengan aura hijau di kepalanya. Worm jatuh! |
|
Hit dari ekor |
|
Worm bangkit lagi dengan bar kepala penuh. Bar hp melewati x4,1 artinya akan segera sandpit. Saya segera kembali ke pos sandpit saya, yaitu jam 1. |
|
Sandpit dimulai! |
|
Pillar ditembakkan dan muncul di dekat saya. |
|
Hit biasa untuk memastikan itu bukan bayangan atau bisa di hit. Kenapa? karena sekali splash anda gagal, maka seluruh party taruhannya. |
|
Pillarnya asli, Splash! HP pillar down separuh lebih. |
|
Wujud dari sandpit! |
|
Sandpit digagalkan, worm jatuh di tengah. Karena bar kepala masih penuh, maka worm tetap tidak bisa di hit. |
|
Seperti biasa, saya cicil bar HP nya dengan pingpong |
|
Aura hitam di tubuh, pasti ada sesuatu! |
|
Gerakan melingkar dengan aura hitam, tanda-tanda charge. Siap-siap menghindar! |
|
Whuahhh! |
|
Skip skip proses. Worm kembali jatuh karena bar kepala nol |
|
Selalu, biochemical missile! |
|
Karena Sky Line / Horizon saya cooldown, saya pakai granat untuk mengurangi hp worm. |
|
Ingat, bar hp sudah melewati x3,1 artinya sebentar lagi akan Sandpit. Segera kembali ke pos sandpit ketika worm berdiri kembali atau bar kepala penuh lagi. |
|
Rutinitas sebelum splash, hit biasa dulu. |
|
Splash! |
|
Seperti yang saya bilang, hanya fireball dan pingpong yang bisa hit worm dalam keadaan berdiri. Disini saya tidak menyarankan EL untuk hit kepala worm dengan fireball karena terlalu beresiko. Biarkan Shooting Star yang melakukanya karena casting dan cooldown lebih simple dan efektif. |
|
Wipe! Summon Alpedo! Dalam japan voice, summon alpedo disuarakan seperti ini : "
arufuredo, tensou! " |
|
Badan worm membungkuk ke belakang, tanda stomp - ex |
|
Worm melompat, segera melompat untuk menghindar! |
|
Buum! |
|
Sayonara worm-san~ |
Semoga mendidik dan menghibur anda semuanya, terutama yang char utamanya Shooting Star. Good Luck in your DDN ^^!
thanks untuk guidenya, cukup lengkap ulasannya.
ReplyDeletetapi saya punya beberapa pertanyaan tambahan.
1. apa kita wajib mendekatkan kepala worm dengan area ledakan pilar biasa? jika tidak apa yang terjadi?
2. jika terjadi sandpit apa bar SA worm akan turun jika kita lakukan sesuai rencana? (sisakan 50% hp setiap pilar)
Terima kasih semoga lekas dibalas
1. Wajib, apabila tidak maka itu hanya akan menjadi usaha sia-sia
ReplyDelete2. Sisakan kurang dari 50% tiap pillar, namun jangan sampai dihancurkan.
hmm. jadi minimal kepala worm harus dibenturkan dengan ledakan pilar sebanyak 2x, kalau party ga turunin SA nya terlebih dahulu sekitar 5%~10%berarti harus nunggu 2x worm turunin pilar baru bisa hit ekor ya?
ReplyDeletekalo gitu thanks atas jawabannya. semoga makin maju blog nya ya min.
Tidak begitu
ReplyDeleteBar kepala worm, ketika kena ledakan pillar satu kali akan berkurang 50%. Ledakan kedua akan 45%. Dan ledakan ketiga 5%. Namun biasanya dalam prosesnya, ketika kita enggak sengaja hit pillar, biasanya akan kena kepala worm dan mengurangi barh kepalanya sekitar 5% -10%. Jadi 2 pillar sudah cukup.
Perlu diperhatikan juga batas waktu 60 detik setelah pillar di spawn atau semua member party akan berkurang HPnya + beku.
saat sandpit ke 3 pilar harus dicicil sampe <50% apa hanya 1 pilar saja cukup?
ReplyDeletesemua pillar sandpit harus dibuat diantara 1% - 50% HP nya. Atau dihancurkan ketika dekat sekali dengan mulut worm ketika sandpit. Opsi terakhir itu agak sulit, jadi paling logis adalah reduce hp pillar sandpit di bawah 50%, semua pillar.
Deletekalo misalkan MT lngsung pv ke pilar biasa prtma yg mau diancurin, bgtu trus smpe yg ketiga , ada cra nga supaya dps nga kena hit cacingnya , !
ReplyDeleteTidak bisa, rata-rata DPS kena hit cacing dari skill AoE seperti stomp
Delete