[ GUIDE Part I ] ZCuneAoi's Shooting Star Level 60 ( Update 7 Maret 2014 )








Yahallo! Kali ini saya kembali dengan edisi revisi kelima untuk episode 60 sinetron Shooting Star. Disini saya akan share bagaimana bermain " Shooting Star " ala Heroic Lily alias ZCuneAoi. Ini adalah edisi "extended" dari guide yang lama. Saya menambahkan banyak point penting dan video tentang cara bermain Shooting Star. Untuk mengetahui posisi mana updatenya, bisa melihat daftar menu di dekat gambar lambang Shooting Star di bawah.

Tidak hanya manga naruto saja yang punya flashback di pertempuran, di artikel saya ada pula ehehe. Awal mula saya build SS di cap 60 basicnya dari 2 guide SS. Guide milik LollyStar di DN MMosite dan guide milik Saudade di forum Cherrycredits. Setelah mempelajari dan  menerapkan di lapangan, lalu saya membuild SS saya. Total hingga guide ini ditulis, sudah memakan korban 5 reset scroll. Dan semoga anda tidak mengalami nasib seperti saya, dan untuk itulah ada guide ini untuk membantu anda memberi pilihan baru mengenai bagaiman bermain dan build SS.

By the way, nickname SS ini berasal dari tokoh anime " Nijiyoumei Academi ". Versi animenya sendiri masih belum release. Tapi short imagenya menjadi trending topic di serial " Hikonin Sentai Akibaranger " sentai ( bukan hentai loh ) itu semacam power rangers versi Jepang, namun yang ini lebih mature dan kocak. 

Oke flashback lagi, untuk sekedar menulis artikel ini dibutuhkan waktu mingguan. Jadi sebenarnya kita harus apresiasi bagi para penulis guide/ artikel/ blog tentang Dragon Nest ( tapi bukan yang copy paste loh! ), terlepas dari benar atau tidaknya namun niat menulis itu sebenarnya untuk meringankan penderitaan sesama. Misalnya, " Eh ajarin GDN donk! " atau "eh ajari main SS dong!", kita bisa mereferensikan blog ini untuk belajar dan menghemat waktu anda untuk menjelaskan panjang lebar.

Saya berani katakan. Guide Shooting Star ini mungkin yang pertama di dunia yang membahas tentang Shooting Star secara mendetail dan komprehensif dari A sampai Z. Silakan share namun jangan lupa untuk cantumkan link dan sumber asli dari blog ini untuk menghargai saya yang sudah susah payah menulisnya. Kritik, saran, hujatan dipersilahkan untuk ditulis di kolom komentar atau lewat FB vintagevant@gmail.com ( kalau saya tidak balas chat FB berarti sedang sibuk di DN atau kegiatan lain ).  Untuk guide SS dalam bahasa inggris, sedang ongoing. So, silakan menikmati guide ini!






Content :

1. Pengenalan dan Background Story

2. Gearmaster Better Than Us?

3. Role dalam Party

4. Skill Build

5. Skill Analisis

6. In Depth and How to as Shooting Star

7. Gears and Accessories

8. Plate

9. Playing resummon Alpedo in a large party

10.  What should you know about Mecha Duck 17

11. Update point-point penting di DDN bagi shooting star

12. Tricky with Gatling Tower 

13. My Current Gears ( Update with Dragon's Jade )

14. Video

15.Quote

16. Credits and Meme



Pengenalan dan Background Story

Disini, kelas academic / tinker adalah class yang datang dari masa depan. Merupakan cucu dari Kevin dan Rose, dimana di masa depan Kevin adalah seorang engineer handal yang menguasai ilmu mesin dan teknologi modern. Muncul ketika cap level 40, sesuai cerita utamanya dan kehadiran Apocalipse Nest.  Apocalipse sendiri merupakan pesawat, lebih tepatnya mesin waktu yang diciptakan Kevin untuk menyelamatkan Lagendia. Di masa depan, muncul Red Dragon yang menghancurkan Saint Haven dan Lagendia. Kevin membuat sebuah misi penyelamatan Lagendia, yaitu pergi ke masa lalu menggunakan Apocalipse dan memperingatkan 6 pahlawan akan datangnya Naga Penghancur. Malang, pesawatnya error dan jatuh di dekat Saint Haven. Kevin sendiri mengalami perubahan aneh, yaitu menjadi semacam spirit. Namun misi gagal, Kevin tidak sampai ke masa dimana terdapat 6 pahlawan. Namun ke masa 50 tahun sesudahnya. Apocalipse sendiri tidak terkontrol dan menyerap energi monster sekitarnya sehingga menjadi Nest Apocalipse itu sendiri. Dengan energi yang tersisa, Kevin bersama petualang ( anda ) menghentikan Apocalipse dan menyelematkan Lagendia dengan mengorbankan Spiritnya.

Lalu seorang ilmuwan jenius bernama Jasmine, yang notabene adalah cucu dari Kevin dan Rose melanjutkan misi untuk menyelamatkan Lagendia. Yaitu menggunakan prototipe mesin waktu yang dirancang kakeknya, mengirim adiknya ( Academic ) ke masa lalu dimana aliansi istana dan 6 pahlawan bersatu melawan Black Dragon Karas dan memenangi pertempurannya. Simpelnya, Academic akan bertemu 6 pahlawan ( Velskud, Gerraint, Argenta, Nerwin, Caracule, Barnac, dan Terramai ) serta memperingatkan mereka akan ancaman datangnya Naga yang akan menghancurkan Lagendia di masa depan.

Well, malang tidak dapat ditebak dan mesin waktu mengalami error ketika perjalanan. Mesin waktu jatuh di dekat Mana Ridge, seperti rancangan kakeknya pula maka si Academic ini jatuh di masa 50 tahun setelah 6 pahlawan bertempur melawan Black Dragon. Seperti Kevin yang menjadi spirit, Academic yang sebenarnya seorang wanita muda berubah menjadi gadis kecil. Tak patah semangat, sang Academic berusaha menyelamatkan dunia sebisanya. 


 

 

Gearmaster better than us?

Jawaban saya tergantung situasi. Sebelum kamu menjawab itu, kamu harus tahu seperti apa playstyle dari Shooting Star itu sendiri.
  1. Anda dituntut bermain aggresif.
  2. Anda dituntut mampu mengkontrol alfredo dan mengawasinya dengan baik selama pertempuran.
  3. Tower dan bebek adalah prioritas kedua, prioritas utama adalah serangan cannon dan penempatan plus fungsi alfredo.
Apabila anda cocok dengan playstyle di atas, maka anda tidak salah memilih SS. Lalu kita lanjut ke perbedaan dasar dari Gearmaster dan Shooting Star. Perlu diingat disini saya hanya menuliskan point-point dimana SS lebih baik, ada point dimana GM lebih baik namun saya tidak akan membahas lebih rinci karena ini adalah guide untuk SS.
  1. Dimana ada nest dengan mekanik menghancurkan pillar/ patung dalam waktu xx detik, disini SS akan selalu lebih baik daripada GM.
  2. SS lebih baik menghadapi target yang mobile alias bergerak dari posisi A ke B dalam waktu singkat. Anda akan menemukannya ketika berhadapan dengan Typhoon Kim dan Hulk Prof. K.
  3. SS lebih efektif dalam memanfaatkan cooldown booster seperti BT/FF ( bisa membuka artikel saya mengenai timing skill dalam BT/FF ).
  4. Passive skill baru pada level 65, memberikan bonus 10% phisical damage dan HP alfredo akan naik dua kali lipat. Sangat menguntungkan bagi Trans Damage dan tidak perlu syarat apapun untuk memperoleh bonus damage 10%.



Shooting Star solo pillar stage Sandworm DDN. Power of  Splash!

Role dalam Party

Tugas Shooting Star ( sesudah ini akan saya singkat dengan SS ) adalah sebagai support dan sub-main damager dalam party. Untuk posisi main damager dalam party modern, jatuh pada kelas Bowmaster / Hunter dan Elemental Lord. Alasannya :
  1. SS tidak memiliki super range seperti kelas Bowmaster dan permanen super armor seperti Elemental Lord.
  2. Semua animasi skill tidak dapat dicancel. Bahkan yang sederhana sekalipun seperti bubble-bubble dan summon alfredo pun tidak bisa dicancel.
  3. Tidak memiliki permanen self-damage booster. Dimana Bowmaster memiliki Bulls Eye dan Excel, sedang Elemental Lord memiliki Hellfire dan Ice Stacking.
  4. Tidak memiliki extra dodge seperti power blink sorce ataupun urgency trick archer.
  5. Rasio board damage dibandingkan dengan dua kelas main Hitter di atas kalah jauh.
So, setelah menyadari bahwa dua kelas di atas hampir selalu ada dalam slot party. Seyogyanya kita mem-build character ini sesuai dengan kelebihan dan tugas dalam party. Tugas dalam party dan nilai plusnya yaitu :
  1. Trans damage alfredo memberikan reduce damage spesial lebih dari 50% ke party dalam waktu yang panjang ( 30 detik ++ ).
  2. Biochemical missile mengurangi semua elemen resist termasuk ice resist, dan mengurangi critical resist.
  3. Ice tower mengurangi ice resist target, hampir permanen apabila target immobile.
  4. Wax memboosting movement speed party.
  5. Mechabomber mengurangi damage musuh.
  6. Splash dapat menghancurkan pillar ataupun patung dalam mekanik Desert Dragon Nest ( DDN ) dengan cepat dan high damage. 





Build Skills ( Final SkillTree )

Skill ini murni untuk PvE dan DDN. Sudah saya uji sendiri dan lulus kelayakan (ceileh).

 








Skill Analisis

 

Academic's Skills

 

Wax

 









Tujuan skill ini adalah untuk memboosting movement speed party bila diperlukan, dan memboosting damage Flame Road / Hot Rod. Namun, saya pribadi menambahkan pula untuk memboosting pergerakan alfredo dan bebek agar lebih cepat sampai ke target. Anda bisa mengambil skill ini pada max level ataupun meninggalkannya pada level 1.


Stun Grenade









Skill ini memiliki damage sekitar 70% dari damage initial ( awal ) pingpongbomb-ex. Skill ini merupakan filler alias pengisi kekosongan skill akibat skill lain yang cooldown. Bukan merupakan skill damage utama, namun damage skill ini bisa dikatakan terbaik dan efektif daripada skill lain pada pohon skill academic.

 

Napalm Grenade












 

Skill ini pada max level sebenarnya memiliiki damage yang lebih baik daripada stun grenade. Namun untuk membuatnya pada max level memerlukan skill point yang sangat banyak. So, dalam build saya tidak menggunakan grenade ini. Kita bisa tinggalkan seperti apa adanya.



Dodge





 





Max level! Saya pikir tidak perlu penjelasan lebih lanjut.


Quick Shoot










 


Alasannya sama seperti napalm grenade. Namun saat menggunakan skill ini posisi kita dalam keadaan immobile, sangat tidak menguntungkan. Tinggalkan pada level 1.



Air Shot







 


Fungsi utama skill ini dalam PvE yaitu untuk mendorong "tong" atau barrel di stage Worm DDN. Level 1 sudah mewakili aspirasi anda.



Air bom






 



Fungsi skill ini sebenarnya untuk mengubah arah jatuh sehabis aerial evasion di PvP. Karena kita membahas di PvE, skip skill ini.



Mega Hammer







 


Boss tidak bisa mengalami status "stun". Dan satu-satunya alasan anda untuk mendekat ke target hanyalah untuk splash. Skip skip skip.



Circle Bomb







 


Tidak perlu dijelaskan, ambil level 1.



Force Out







 


Melee range, magic damage. Boss tidak bisa knockback, jadi skip skip skip.



Bubble Bubble







 


Damage low di PvE, dan boss tidak bisa di-bind oleh skill ini. Dapat melindungi teman? Jangan membuat kita semua tertawa. Skip skip skip. But, kl memang ada skill lebih anda bisa ambil juga untuk fun-fun.



Summon Alfredo







 


Max! Ada beberapa engineer yang hanya mengambil skill ini level 2 atau 1 dengan alasan apabila alfredo mati bisa disummon lagi. Perlu saya tekankan, untuk menyadari alfredo mati dan mensummon lagi butuh beberapa detik. Dan beberapa detik ketika trans damage menyala adalah reduce damage yang sangat berarti bagi team. Jangan mengurangi level summon alfredo anda, nyawa team anda tidak bisa dibandingkan dengan beberapa kesenangan anda di pvp.



Alfredo Recall







 


Take it!



Aerial Evasion







 


Max level ! Sebagai class yang tidak punya extra dodge, cooldown skill anti-stagger ataupun aerial sangat penting agar diperpendek sebisanya.



HP mastery







 


Max level, siapapun pasti suka max hp tinggi =D.



MP mastery







 

Level 1 untuk membuka MP regen. Max MP anda akan sangat low karena char anda bukan ber-basic intelligent.



MP regen







 


Max, untuk menyediakan regen MP yang mencukupi dalam pertempuran.



Auto Dispenser







 


Skill gratisan, hajar bleh!






Engineer's Skills

 

Pingpongbomb

 

 

 





Skill basic dari semua Shooting Star, max level !



Mine Thrower  or Brain Projectiles

 

 

 

 

Kalian bisa ambil skill ini level 1 ketika cap 50, namun saya sarankan untuk ambil level 8 pada cap 50. Banyak yang meremehkan damage dari skill ini. Damage dari skill ini tergantung dari ukuran target. Tentu apabil target seukuran manusia damage skill ini sangat kecil. Namun apabil target ukuran boss stage 2, 3, dan 4 GDN maka skill ini memiliki impact yang luar biasa. Untuk level 60, ambil pada level 11. Karena perbedaan antara level max dan 11 sangat kecil. Lakukan untuk penghematan skill point. Jangan sekali-kali mengambil skill ini level 1 pada cap 60, ini adalah salah satu skill andalan anda untuk kill boss dan pillar destroyer di DDN.


Biochemical Missile








Miskonsep, Biochemical missile bukanlah skill untuk damage. Melainkan skill untuk support party. Meskipun damagenya tinggi pada max level, namun cooldownnya sangat panjang untuk sebuah skill. Ambil skill ini pada level 1 untuk debuff dan kuatkan dengan plate debuff duration 20% untuk support.


Rocket Jump








Skill ini dipakai untuk extra dodge ataupun untuk movement speed. Karena fungsi skill ini untuk non-damage dan menaikkan level tidak berdampak pada cooldown. Level 1 sudah cukup.


Alfredo Stomp ( Update )








Setelah eksperimen panjang. Level 6 Stomp worth untuk diambil. Aggro dari stomp level 6 tidak akan berpengaruh kepada provoke paladin. Kecuali paladinnya belum bisa mengatur timing.


Alfredo Berserk








Skill ini saya ambil level 1 saja, karena level 1 dengan durasi 10 detik sudah cukup untuk menggunakannya sebagai "beam-wannabe". Resummon alfredo dan durasi berserk sama, yaitu 10 detik. Skill ini jugga membuat super armor bar alfredo tidak bisa turun selama durasi, alias alfredo susah untuk knockdown. Nanti akan dijelaskan detail di bagian kontrol alfredo.


Damage Transitional








Skill trademark Engineer, max level! Skill ini "memindahkan" damage yang diterima ke alfredo. Detail mengenai ini bisa dibaca di artikel saya sebelumnya.


Alfredo Hurricane / Whirlwind








Skill ini sebenarnya bagus, namun perlu waktu untuk full damage. Dan menempati prioritas tertinggi dari semua passive alfredo. Namun, karena kita menginginkan Alfredo Beam sebagai prioritas tertinggi dalam taktik 10 detik resummon maka kita tidak mengambil skill ini.




Fake Bomb








Skill ini menghentikan jalur dodge anda seketika ketika diaktifkan. Sedangkan tujuan utama kita dodge adalah menghindari serangan musuh ataupun untuk bergerak cepat. So, saya pikir skill ini tidak perlu diambil.


Gravity Grenade








Untuk PvE, ada pro dan kontra skill ini. Ambil level 1 untuk fungsi, yaitu mengumpulkan monster di satu titik. Namun ada yang tidak mengambil skill ini dengan alasan efisiensi skill point. Dua-duanya benar, tergantung dimana anda mengambil pandangan ini. Bagi saya, level 1 cukup sebagai fungsi dan filler alias pengisi jeda skill ketika skill-skill utama cooldown.


Gatling Tower








Damage tower ini di level yang sama dengan cannon tower adalah sama. Kelebihan tower jenis ini adalah piercing ( tembus target ), fast cooldown, dan visible ( bisa baca artikel saya tentang invisible summon ). Kekurangan tower ini adalah jarak tembakan yang pendek, dan untuk mengoptimalkan damagenya membutuhkan banyak skill point. Disini titik lemah SS berada, skill point tidak cukup banyak untuk dialokasikan ke satu tower. Dalam kasus saya, saya mengambil tower ini level 1. Fungsinya sebagai visible tower alias target aggro, karena dalam build saya skill point kita sangat-sangat mepet.


Cannon Tower

 






Tower ini pada lvel 1 dan level 11 perbedaannya sekitar 40% damage. Namun untuk alasan efisiensi, saya mengalokasikan skillpoint untuk skill yang berguna untuk support party daripada skill yang memberikan damage ekstra. Saya ambil level 1.


Ice Pump Tower








Disini, kita memfungsikan tower ini bukan sebagai damage tower. Bisa kita lihat, damage dari tower ini kalah dari cannon/ gatling tower. Namun, fungsi tower ini adalah untuk mensupport ice stacking dari kelas elestra/cryo. Jadi kita mencari level dimana durasi -ice resist tertinggi. Disini setiap kenaikan level menambahkan durasi 1 detik, sehingga max level adalah wajib bagi setiap engineer. Level 6 untuk kenaikan damage efektifnya. Tidak perlu plate cooldown karena akan ada Spirit boost dari Acrobat.


Mecha Duck

 






Disini, mengambil mecha duck lebih dari level 1 adalah sia-sia. Menaikkan level tidak menutupi hal sensitif dari bebek ini, yaitu zero super armor dan hp tetap 70% summonernya. Saya mengambil level 1 sebagai syarat saja.


Mecha Shock

 






Ada yang mengambil level 1 untuk sekedar "membuka" jalan untuk mengambil mechabomber level max. Namun disini saya mengambil level 6, karena dari semua skill bebek hanya skill ini yang memiliki nilai DPS terbaik. Kelebihan skill ini adalah no-mp, fast cooldown, hemat skill point. Level 6 untuk kenaikan damage tertingginya saja.



Mecha Siren

 

 

 

 

Skill ini sebenarnya memiliki damage yang tinggi pada max level. Namun, karena tidak memiliki ex dan SS menggunakannya untuk menghilangkan "buff" target maka disini saya mengambil level 1 saja.


Mechabomber ( Update )

 






Skill ini sebenarnya memiliki "niat" yang baik, yaitu mereduce damage target. Namun kekurangan dari skill ini adalah untuk benar-benar mengaktifkannya, membutuhkan waktu setidaknya 5 detik untuk meledak. Sehingga untuk mengaktifkannya dimana kita sangat membutuhkannya membutuhkan timing yang sangat akurat dan keberuntungan agar bebek tidak terkena damage yang dapat membuatnya terhempas karena super armor zero. Sekali lagi, ketika terhempas maka skill mechabomber batal alias gagal. Max untuk reduce damage. Skill ini efektif di Flying Ship, Scorpion, Flower Ignis, dan Manticore. Tentu saja skill ini di phase naga memainkan peran penting.


Flash Grenade

 






Ada yang mengambil skill ini level 1, dan ada pula yang tidak mengambilnya. Tujuannya simpel, skill ini membuat kita berdiri tegak kembali ketika dalam keadaan "oleng". Dari pribadi saya, mengambil skill ini level 1 pada cap 60 adalah wajib karena anda tidak akan selalu mendapat 100% superarmor dalam dragon raid. Sedang untuk cap 50 bisa ya dan tidak. Karena model party KoS yang memberikan anda 100% super armor selama hit target.


Demolition

 

 

 




Sebenarnya, damage skill ini secara keseluruhan lebih besar daripada Sky Line. Namun kita diharuskan immobile selama 8 detik untuk melakukannya. Dan disini adalah posisi yang sangat tidak menguntungkan sebagai seorang SS. Saya tinggalkan skill ini level 1 untuk membuka skill-tree dari SS itu sendiri.



Sky Line atau Horizon

 

 

 




Sebenarnya ketika cap level 60, damage skill ini hampir setara dengan pingpongbomb-ex full hit. Namun SS PvE harus mengambil skill ini untuk efektifitas skill. Meskipun secara keseluruhan kalah damage dengan demolition, waktu castnya yang hanya 2 detik masih lebih baik daripada 8 detik dari demolition.






Shooting Star's Skills

 

Splash

 

 

 




Skill trademark dari shooting star. Damage skill ini sebenarnya setara dengan 6x serangan Chainsaw tower dengan gears yang sama. Sedang untuk melakukan 6x serangan, chainsaw tower membutuhkan 11 detik dengan target yang sama. Casting time skill ini di bawah 1 detik alias instant. Salah satu keunggulan lainnya, skill ini sangat efektif untuk menghancurkan pillar/ patung/ ataupun "kill stealing" finish attack monster. Detail skill ini akan dijelaskan di bawah nanti.



Alfredo Beam / Overdrive ( Update )

 

 

 




Skill yang lucu sekaligus unik. Skill ini praktis membuat alfredo anda menjadi robot mematikan. Damage dari skill ini setara 110% damage initial pingpongbomb-ex anda dan apabila dalam keadaan berserk, damagenya naik sekitar 150% - 160% dari initial damage pingpongbomb-ex. Nilai plusnya lagi, cooldown skill ini akan kereset apabila kita me-resummon alfredo. Detail skill ini akan dijelaskan di bawah. Level 1 dan 4 alpedo beam tidak memberikan perbedaan signifikan pada damagenya. Level 1 cukup untuk PvE.



Pingpongbomb-ex

 

 

 

Bila ditanya skill "nuke" terbaik engineer setelah pingpongbomb? Jawabannya hanya pingpongbomb-ex. Low cooldown, medium-long range, casting animasi hampir instant. Detail skill ini akan dijelaskan di bawah.


Alfredo Stomp-ex

 

 

 




Skill ini sebenarnya condong ke pvp, untuk PvE hampir tidak berdampak banyak. Alasan, timing, dan penggunaannya akan dijelaskan di bagian tersendiri guide ini.



Mine Thrower - ex

 

 

 

Skill ini adalah " pembeda " posisi anda dengan GM. Skill ini hampir mirip dengan arrow shower milik kelas bowmaster/hunter. Namun, casting singkat ( 2 detik ) dan dengan cooldown yang lebih cepat ( 25 detik ). Jangan pernah meremehkan skill ini dalam PvE! Salah satu skill damage terbaik anda ketika melawan boss atau naga.



In Depth about the skills and how to play as Shooting Star

 

Wax

boosting movement party

 
Boosting kaum "siput" di sebelah agar larinya kencang =D

Dalam PvE, fungsi skill ini adalah mem-boosting movement speed. Penggunaan skill ini harus cermat dan efisien.


Summon Alfredo ( Update gambar )

 

Ketika me-resummon, anda harus memperhatikan banyak aspek dalam pertempuran. Disini anda bermain sebagai Shooting Star, dan bukan sebagai GM! Kontrol terhadap alfredo dan timing-timing skillnya merupakan hal penting yang harus anda ketahui. Ketika awal mula bermain shooting star, anda akan kesulitan untuk selalu mengkontrol alfredo dan mengkoordinasi gerakan anda. Namun saya percaya, apabila anda niat maka anda bisa mengkontrol alfredo dengan baik dan memberikan dampak signifikan bagi party. Perlu diingat, SS harus memiliki kontrol alfredo yang baik, anda bukan GM yang bisa "put and go" dengan tower-towernya. Berikut point-point penting yang harus anda perhatikan dalam me-resummon alfredo :
  1. Ketika dalam status trans damage "ON" dan party anda sedang dalam pertempuran penting, jangan sekali-kali me-resummon alfredo anda kecuali HP alfredo anda di bawah 25%. Karena ketika anda me-resummon, tidak ada yang bisa menjamin bahwa summon anda tidak akan ter-interupsi alias gagal. Ketika skill gagal, maka party harus menunggu 10 detik tanpa trans damage untuk me-resummon alfredo. Disini salah satu point penting dimana HP alfredo harus dibuat setinggi-tingginya.
  2. Re-summon alfredo bisa dispam ( spam = dikeluarkan sesering mungking ) untuk mereset beberapa skill passife penting. Namun harus diingat kondisinya. Apabila party 4 orang, tidak membawa paladin, dan butuh tanker maka alfredo stomp aktif. Disini anda jangan sekali-kali meresummon alfredo hanya untuk mencari reset cooldown beam kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Keselamatan party harus diutamakan.
  3. Dalam party 8 orang, fungsi alfredo adalah sebagai "wadah" trans damage ( TD ). Sehingga ketika trans damage aktif, anda tidak boleh meresummonnya kecuali hpnya kritis. Resummon boleh dilakukan apabila buff TD habis dan TD dalam keadaan cooldown.
  4. Anda bisa menghiraukan 3 point di atas apabila anda tahu benar dengan apa yang anda lakukan.



Harus anda perhatikan, bahwa alfredo mengcopy :
  1. 600% vit anda sebagai HPnya.
  2. Nilai def dan magic def anda sebagai defnya juga.
  3. Attack, critical, FD anda.
  4. Basic movement speed.


Perlu anda ketahui, buff yang diterima alfredo :
  1. BT atau FF tidak berefek pada alfredo.
  2. Spirit Boost ( SB ), cooldown reduce tidak memiliki efek. Namun efek movement dan action speednya masuk ke alfredo. Begitu juga dengan wax, movement speed wax efektif meningkatkan movement alfredo.
  3. Buff yang meningkatkan attack dan critical misalnya striking / battle howl/ Dark Elf Dance berefek pada alfredo. Karena alfredo akan mengalami resummon dan anda tidak bisa selalu merengek minta buff critical ke party, critical cap ( max persentase ) adalah wajib bagi semua engineer. Karena alfredo, bebek, dan tower akan mengcopy persentase critical anda.
  4. Buff super armor dari guardian, merce, dan screamer berefek pada alfredo.
  5. TD yang berasal dari engineer lain akan memiliki efek terhadap alfredo kita.

Ada aturan tak tertulis, sepertinya anda juga tahu tanpa membaca guide ini. Setiap shooting star wajib mengaktifkan opsi memperlihatkan bar HP kawan ataupun alfredo di option game. Alasannya :
  1. Dalam keadaan chaos alias panik, anda tahu mana yang summon dan mana yang teman party. Summon hanya terdapat bar HP, khusus alfredo kadang hanya bar HP kadang bar HP+bar kuning superarmor di bawahnya. Party member, terdapat bar HP plus bar mana di bawahnya. Tujuannya? Untuk mengetahui pergerakan teman party dan posisi summon-summon anda dengan cepat. Trik ini juga efektif ketika anda masuk ke DDN di stage Manticore Zuul, ketika bar terakhir Zuul akan mengaburkan pandangan anda dengan badai pasir. Setelah itu akan mengcast photon missile -ex, disini anda bisa melihat dengan mudah mana yang "manusia" dan mana yang hanya summon/relic.
  2. Ketika ada bar hp teman anda yang low di kepala, anda bisa mengetahui apakah teman anda mendapat buff trans damage atau tidak melihat buff di atas bar kepala teman anda. Sehingga dalam pertempuran anda bisa mengevaluasi apakah penempatan TD anda sudah benar atau ada teman yang tidak tercover.
  3. Anda bisa mengabaikan 2 point di atas apabila anda adalah pro player ( saya sendiri tidak tahu apa itu pro player ) ataupun expert engineer's user.

Oke deh, mungkin sudah bosan mengulas tentang summon alfredo. Ini terakhir aja yah ( sueerrrr ). Tentang bar kuning di bawah hp alfredo :
  1. Bar kuning menunjukkan status super armor dari alfredo.
  2. Ketika bar kuning ada, tidak peduli penuh ataupun sedikit maka super armor alfredo setara 25% dari max super armor. Artinya, alfredo tidak akan terhempas dan knockdown dengan mudah oleh serangan biasa musuh. Namun, apabila serangan musuh kelas super armor break semacam stomp maka alfredo bisa knockdown alias KO. Sekali lagi, KO dalam keadaan bar kuning masih ada akan membuat alfredo berdiri lebih cepat.
  3. Bar kuning ( super armor ) akan berkurang setiap alfredo menerima serangan super armor break. Ketika mencapai nol, alfredo akan memakan waktu sangat lama untuk berdiri. Jangan sekali-kali menggunakan TD ketika super armor alfredo atau bar kuning zero alias kosong. Karena ketika cast TD dan alfredo knockdown, maka akan sangat-sangat-sangat lama untuk berdiri kembali. Apabila me-resummon alfredo maka perintah TD akan hilang. Solusi? Ketika hendak cast TD dan anda melihat bar kuning alfredo kosong, segera resummon dan cast TD. Resummon akan membuat bar kuning alfredo penuh lagi.
  4. Bar kuning alfredo akan mengisi alias regen lagi ke titik penuh apabila dalam 5 - 7 detik alfredo tidak mendapat serangan super armor break.
  5. Serangan dengan super armor break, adalah serangan yang dapat membuat anda dalam keadaan minimal "oleng" dari keadaan normal. Cukup banyak serangan monster yang bisa mengeluarkan skill ini. Jadi anda harus waspada dan cukup jeli melihat pergerakan alfredo anda.

alfredo terkena buff HL/LS





Bar super armor alfredo NOL, setelah knockdown, untuk berdiri butuh waktu yang sangat lama.





Alfredo terkena poison wave hulk, terhempas akibat super armor breaknya. Bar kuning super armornya habis.





Dalam gambar, kita bisa membedakan mana yang summon, dan mana yang manusia dari bar HP dan bar Mana.


Terlihat jelas mana yang summon anda dan manusia?

Terlihat jelas mana summon dan manusia?


Alfredo Recall

Satu-satunya alasan masuk akal kenapa skill ini memiliki cooldown 3 detik adalah untuk mengkontrol alfredo anda. Anda wajib me-recall alfredo apabila :
  1. Alfredo tidak menarget musuh yang seharusnya dia target. Pindah ke dekat posisi musuh yang seharusnya, lalu recall!
  2. Ketika TD on dan boss akan melakukan serangan brutal, selamatkan diri anda dan apabila ada timing yang "pas" segera recall. Membiarkan alfredo anda di dekat monster yang sedang melakukan high damage skill akan membuat hp alfredo anda down dengan cepat sehingga perlu me-resummon lagi setelah selesai.
  3. Apabila membawa MT, recall alfredo ke posisi samping atau belakang boss.
  4. Apabila ada mekanik stage yang memberi tanda seperti black eye SDN/GDN, recall alfredo anda untuk memastikan tidak ada tanda di tubuhnya.
  5. Anda bisa tahu SS bagus atau tidak dari cara dia memperlakukan alfredonya. Sering melakukan recall ataupun summon alfredo.

Saya melakukan recall dahulu, lalu menggunakan TD.



Pingpongbomb - ex

Skill ini sebenarnya gampang, namun rumit apabila dijelaskan. Well karena ini adalah guide, ada baiknya saya jelaskan rinci. Disini kita pakai basic SS level 60 dengan level 16 Pingpongbomb.
  1. Pingpongbomb ( PPB ) level 16 plus Ex dapat memantul sebanyak 10 kali.
  2. Proses memantulnya, ketika PPB hit target A maka PPB masih memiliki 10x pantulan sisa. Lalu PPB mencari target random disekitar A, yaitu B. Ketika PPB hit B, A tidak bergerak di posisinya ketika terkena PPB. Maka PPB akan terhenti di B. Apabila A bergerak dari posisi awal, maka PPB akan melompat lagi ke A. Jadi, PPB akan menganggap A,B,C,dst target baru setelah terkena hit apabila mereka berubah posisi sejak terkena PPB.
  3. Bagaimana menghitung bonus damage PPB-ex? Contoh kali ini adalah target tunggal, misalnya Kraken stage 3 GDN. Ketika PPB-ex hit target, ada initial ( damage awal ) damage dan biasanya bisa berupa angka critical atau tidak critical. Katakanlah damage PPB-ex awalnya 200K. Pada level 16, bonus damage ketika pantulan berhenti adalah 16% per pantulan sisa. Sedang Ex menambah 5% lagi bonusnya, menjadi total 21% bonus pantulan tersisa. Apabila musuh hanya 1, maka pantulan tersisa adalah 10. Bonus yang diterima adalah 21%x10 pantulan = 210% initial damage. Karena initial damage 200K, maka bonusnya sebesar 420K berbentuk angka putih. Apabila hp monster hanya tersisa 300K, karena damage initialnya 200K maka bonus damage dari PPB hanya menutup sisa kurangnya saja yaitu 100K.
  4. Bagaimana apabila kasusnya seperti nomor 2, berapa damage yang diterima A apabila initial damagenya 200K, kasusnya A --> B --> A? Disini kasusnya kita hanya perlu melihat tali ( loop ) pantulannya. A --> B = 1, dan B --> A = 1. Maka PPB-ex sudah memantul sebanyak 2x dan pantulan sisa 10 - 2 = 8 kali. Bonus damage pantulan terhenti = 21% x 8 = 168% initial damage. Initial damage adalah damage yang diterima target terakhir yaitu A sebesar 200K. Maka bonusnya adalah 200K x 168% = 336K. Maka total damage yang diterima A = 200K ( awal ) + 200K ( pantulan trakhir ) + 336K ( bonus ) = 736K.
  5. Bagaimana perbedaan PPB non-ex dan PPB - ex? Disini kita contohkan targetnya adalah 1. PPB biasa level 16 memiliki 8x pantulan dan bonus 16% per-pantulan sisa. Kita anggap damage initial PPB sebesar 100%. Bonusnya 16%x8 pantul = 128%. Maka total damagenya 100%+128% = 228%. Sekarang kita kembali ke PPB-ex. PPBex damage initialnya 20% lebih banyak dr normal, jadi kita tulis 120% damage. Bonus pantulannya 21%x10 = 210% dari initial damage ( ingat, initialnya 120%! bukan 100% ). Maka 210% dari initial 120% adalah 252%. Maka total damagenya adalah 120% + 252% = 372%. Bandingkan dengan PPB biasa milik GM sebesar 228%! Selisih damagenya yaitu 372% - 228% = 144%!! Bayangkan apabila skill ini di spam atau dalam FF/BT mode?


Pingpongbomb ditembak dari jarak jauh




Die!




Damage kuning ( critical ) adalah initial damage, sedang damage putih adalah bonus damage pingpongbombnya.




Selalu manfaatkan keunggulan jarak tembak pingpongbomb


Mine Thrower - ex

Jangan sekali-kali meremehkan damage skill ini.


Kita lihat, belum ada combo hit. Mine thrower ditembakkan!Ukuran monster medium-large.



37 hit dengan rata-rata hit 42K. Total damage sekitar 1,4 juta.



Biochemical Missile

Sebenarnya, skill ini sederhana namun banyak orang belum tahu fungsi utamanya. Kalau kita jeli, engineer tidak memiliki skill yang berdamage "wah" ketika menginjak level 32 dan ultimate dibanding kelas lain. Kekurangan utama dari biochemical missile adalah cooldownya yang sangat-sangat lama yaitu 40 detik. Skill ini tidak bisa dijadikan skill damage utama, namun skill "opening" yang sangat bagus untuk memulai pertempuran.
  1. Selalu gunakan biochemical missile sebagai skill awal alias pembuka. Reduce critical resist dan elemen resist sangat-sangat membantu party.
  2. Apabila solo, anda bisa keluarkan tower/bebek/alfredo dahulu sebelum biochemical. Namun apabila party 4 orang ataupun 8 orang, jangan sekali kali melakukan tindakan bodoh dengan menaruh tower/bebek/recall alfredo terlebih dahulu. Cast biochemical missile terlebih dahulu, lalu summon apa yang perlu anda summon. Alasannya? damage party tidak berasal dari anda saja, namun dari job lain pula. Jangan membuat teman anda merugi karena crit resist atau element attack kurang gara-gara anda masih sibuk summon tower anda. Hidup sudah susah jangan dibikin susah ( wkwkwk ).
  3. Karena yang dibutuhkan party adalah debuff dari biochemical, ada baiknya anda memakai plate biochemical dengan buff durasi.




Rocket Jump

Skill ini sepele namun penting. Penggunaan skill ini sebenarnya ada 2. Pertama, untuk mempercepat gerakan kita ( misalnya maju ke depan terburu-buru ). Kedua, untuk menghindari serangan musuh. Berikut akan saya contohkan salah satunya :

Prof.K menyemburkan poison ball, hindari dengan dodge!




Dodge dilakukan, namun nampaknya poison ball akan mengenai saya.




Klik kanan dan rocket jump! Damage dihindari!




Alfredo Stomp

Skill ini sebenarnya tidak mengoverride alias mengambil alih provoke paladin. Namun, kita tidak bisa mengambil perjudian ini. Aktifkan skill ini apabila tidak ada paladin dalam party. Skill ini bisa juga digunakan dalam trik untuk memisahkan  target A dan B di tempat yang berbeda. Aktifkan skill ini apabila musuh tidak memiliki efek terhadap provoke, misalnya Worshipper Kajif di DDN untuk extra damage.



Transitional Damage

Sudah banyak artikel ataupun thread yang membahas tentang how to dan timing dari TD itu sendiri. Saya tulis lagi point-point pentingnya :


  1. Meng-cast TD ketika anda tahu betul posisi alfredo dimana ataupun sedang apa ( seperti pacaran saja ~_~ ).
  2. Apabila point 1 tidak terpenuhi, recall alfredo dan pastikan kondisinya.
  3. Apabila HP alfredo di bawah 30% ataupun super armor nol ketika direcall, resummon terlebih dahulu.
  4. Pastikan TD kena ke sebagian besar, dan lebih baik lagi seluruh party member.
Salah satu contoh, TD di cast ketika boss spawn.

 

Splash

disini saya coba gambarkan lintasan dari splash. Lingkaran kuning merupakan titik ledakannya.

 

Skill ini sangat simple, banyak orang yang sudah paham betul. Disini saya akan rangkum hal-hal pentingnya saja.
  1. Splash terbagi dalam 2 macam damage. Pertama adalah damage tertembus oleh peluru. Kedua adalah damage setelah peluru meledak.
  2. Ketika ditembakkan, SS akan menembakkan 5 buah peluru dengan lintasan yang berbeda-beda dan mengcover kira-kira 45 derajat dari arah tembakan. Target akan menerima damage ketika peluru menembus tubuh.
  3. Peluru Splash akan meledak kira-kira 5-6 meter setelah ditembakkan. Setiap peluru yang meledak akan memberikan bonus damage 20% dari damage peluru yang menembus tubuh.
  4. Jarak yang efektif untuk target berukuran manusia atau lebih kecil adalah dekat. Sedang untuk ukuran naga, bisa memaksimalkan jaraknya yaitu sekitar 5 meter.


Alfredo Beam

Well, saya pikir disini adalah sisi menarik dari SS. Adapun hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai Beam ini yaitu :
  1. Beam terdiri dari total 4 hit dalam 2 detik ( sekitar 0,5 detik per hitnya ).
  2. Alfredo beam dalam skill alfredo, menempati posisi ketiga dalam prioritas. Prioritas utama adalah Alfredo Whirlwind/Hurricane, kedua adalah alfredo berserk, dan ketika adalah Beam. Oleh karena itu kita menghilangkan prioritas pertamanya agar alfredo beam lebih cepat di cast oleh Alfredo.
  3. Ketika alfredo casting beam, skill tidak dapat digagalkan baik oleh serangan monster ataupun recall. Yang bisa menggagalkan hanyalah TD dan summon alfredo.
  4. Meresummon alfredo berarti anda mereset cooldown skill passifnya menjadi nol lagi. Dan ini termasuk pada beam juga.


Alfredo Beam!




Non-aktifkan alfredo.




Lalu resummon!




Alfredo melakukan berserk, prioritas ke 2 dalam skillnya.




Alfredo kembali melakukan beam!


 
Alfredo melakukan beam!




Summon ulang lagi =D

 

Memperlambat Jatuh di Udara

Sebagai kelas academic, anda memiliki keuntungan dalam hal ini. Ketika anda melakukan klik kiri ketika lompat, akan memperlambat jatuh dari academic itu sendiri. Hal ini sangat menguntungkan ketika kita hendak menghindari stomp musuh. Contoh sebagai berikut :





worm melakukan lompatan udara untuk stomp!





Ketika lintasan lompat saya mencapai maksimum, saya klik kiri untuk menembak.





Dor!





Jatuh saya lebih lambat daripada job lainnya di layar =D





Gears dan Accessories

Ngomong-ngomong soal gears, disini saya tidak akan menyertakan gears saya dan akan memberikan beberapa alternatif gears. Karena saya tidak ingin membuat para pembaca untuk menarget gold dan gears seperti yang saya inginkan. Guide seharusnya membantu player, dan memberikan pilihan-pilihan yang objektif tentang charnya. Kali ini saya akan membagi menjadi 3  type : Low Budget, Medium, dan Luxury.

Low Budget Player

Apabila budget anda minim, anda bisa membuat kombinasi gears seperti berikut :
  1. Satu set epic level 60, dangerous desire dari atas ke bawah. Minim +8 ( low budget kok +8 wkwkkw, resiko char damager ya seperti itu ).
  2. Poten armor AGI VIT HP, senjata AtckPwr STR AGI.
  3. Suffix beret - kaki wind, untuk tangan bebas. Namun saya sarankan HP.
  4. Accessories skill, utamakan Pingpongbomb / Splash / TD +1. Cari yang attack power tertinggi.
  5. Poten accessories mirip armor ( neck - earring ), mirip senjata ( ring ). 
  6. Ganti senjata epic set dari ladder untuk bonus FD ketika muncul.
  7. Ganti Tunic unique dari ladder ketika muncul. Penggunaan 4 set Dangerous desire tetap memberikan FD.
  8. Suffix untuk cannon adalah destruc, dan loop iron wall ( wajib ).
  9. Stat utama kostum adalah AGI.

 

Medium 

Disini kita akan bermain dengan sedikit uang untuk memboosting SS kita. Hal-hal yang harus diperhatikan :
  1.  Boosting HP alfredo dari senjata GDN L plus sepatu GDN L untuk mengejar VIT dan AGI.
  2. Beret - tangan memakai Dangerous Desire +10 suffix Wind kecuali tangan bebas.
  3. Accessories memakai dangerous desire. Max agi untuk necklace dan earring dengan poten AGI VIT HP. Dan max vit untuk ring, dengan poten Atck STR AGI. 
  4. Stat utama kostum adalah AGI.

 

Luxury

Kali ini saya mengasumsikan anda memiliki uang berlimpah. Pilihan terbaik yaitu :
  1. Beret - Round Shoes Great ancestor set +10. Poten AGI VIT HP. Suffix Wind kecuali tangan bebas.
  2. Cannon dan Loop GDN L +13 untuk maksimal vit.
  3. Memakai accessories Great Ancestor, max attack power. Poten sama dengan kelas medium.
  4. Apabila plate anda full FD, anda bisa melepas Great ancestor set di accessories dan armor. Untuk armor bisa digantikan Unique 60 dari Desert Dragon. Untuk accessories bisa digantikan skill accessories.
  5. Kostum rare.

Plate

8 - Slot Heraldri

  1. Wind, jelas yaaa buat apa.
  2. Destruction, sudah jelas.
  3. Life Vitality, menambah HP.
  4. Health, menambah vit.
  5. Ultimate, menambah FD.
  6. Tent, menambah magic def. Otomatis menambah magic def alfredo juga.
  7. Iron Wall / Shining, menambah def. Di cap level 60, boss DDN mengerikan di serangan phisik. Utamakan plate ini.
  8. Plate apa saja yang menambah FD/ Attack/ AGI/ VIT.
Note : Disini saya tidak memakai plate fatal, karena kenyataannya basic stat dari engineer sendiri adalah agi. Namun apabila critical anda di bawah 85% maka ada baiknya memasang plate fatal. Untuk 3rd option plate, bisa memakai FD > AGI > VIT > Attack pwr.

4 - Slot Skill + 3 Slot extra dari cash shop

  1. Pingpongbomb ( damage ).
  2. Splash ( Damage )
  3. Mine Thrower ( Damage )
  4. Sky Line ( Damage )
  5. Damage Trans ( Cooldown )
  6. Biochemical Missile ( debuff duration )
  7. Dodge ( Cooldown ) Mechabomb/ Wax ( Cooldown ) atau Plate 3rd VIT/AGI
Note : Build skill heraldri ini untuk mensupport party dan memberikan ekstra perlindungan bagi sang engineer itu sendiri. Saya sangat merekomendasikan build heraldri skill seperti di atas. Untuk nomor 7, bisa anda ganti dengan plate lain apabila dodge anda dirasa mencukupi.








Playing Resummon Alpedo

Okey kali ini saya tambahkan update mengenai timing-timing resummon alpedo ketika big battle. Point-point pentingnya :


  1. Jangan bermain resummon ketika buff TD masih ON kecuali hp alpedo anda sudah low.
  2. Ketika buff TD off dan sedang cooldown, main resummon alpedo untuk "bermain BEAM ".
  3. Ketika party tidak memiliki tanker, resummon alpedo 5 detik setelah stomp untuk bermain beam. Namun apabila status boss "urgent" alias party sangat-sangat butuh TD, abaikan point 3. Karena buff provoke stomp hanya untuk 5 detik, apabila merce pintar maka merce akan cast taunting howl setelah 5 detik stomp untuk mengalihkan aggro sementara ( bisa baca tentang artikel cheating point x stomp x provoke blabla ).
  4. Ketika alpedo ter-disable ataupun terkena skill semi stagger/ flinch misalnya : time stop, electrocute, dll segera resummon alpedo.





Adaptatif di Desert Dragon Nest

Berikut point-point penting setelah 3 bulan di Desert Dragon Nest memakai Shooting Star. Memakai plate Def ( 43% ) dan Mdef (48% ), stomp dan skill berbahaya dari boss DDN sebagai berikut :
  1. Red Wave death knight Ahmad  230K ~ 340K. Trans Damage tidak bisa mengurangi damage skill ini. Hanya skill yang murni reduce damage bisa mengurangi damage ini, sedang TD adalah "mengalihkan damage ".
  2. Stomp worm 110K ~ 240K. Apapun yang terjadi di stage worm tidak akan bisa di Trans Damage karena worm memiliki kemampuan spesial 1 hit KO summon ketika kena hit skill apapun pukulan biasa. Alpedo langsung instant mati, begitu pula relic priest ( MR juga ) dan bebek.
  3. Stomp - Ex worm 230K ~ 370K.
  4. Stomp Scorpion 130K ~ 210K ( tanpa TD ), stage scorpion efektif dengan penggunaan TD.
  5. Stomp Scorpion Infuriated state 270K ~ 390K ( tanpa TD ).
  6. Whirlwind plus poison floor Scorpion 50K per hit plus poison 33K inital dan 19K per hit selama 15 detik ( tanpa TD ), apabila infuriated stage belum tahu, mungkin sudah tiwas ane.
  7. Stomp normal Manticore Zuul 150K ~ 170K ( tanpa TD ). Di stage ini, penggunaan TD secara cerdas sangat dibutuhkan.
  8. Stomp after Photon Missile Manti Zuul 150K ~ 170K ( tanpa TD ).
  9. Charging Manticore Zuul total damage 380K ( tanpa TD ).
  10. Photon Missile Manticore Zuul 20K per hit ( Dengan TD ), setelah terkena photon def anda akan berkurang 40% selama 50 detik dan tidak bisa di cure.
  11. Stomp Desert Dragon Jakard 170K ~ 330K ( tanpa TD ).
Dengan ini saya nyatakan bahwa HP shooting star di DDN wajib 350 ~ 400K kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Saya sangat menyarankan mengambil flash grenade untuk anti stagger atau anti push. Kali ini saya juga akan memberi comment atas beberapa skill :
  1. Trans Damage dengan cooldown plate sangat penting di nest ini.
  2. Segala skill bebek bisa saya katakan "agak" tidak berguna. Bebek cepat mati ( stomp mati, inner outer mati, dll ).
  3. Disini anda akan menemukan alasan anda harus bersyukur memiliki Splash dan Mine Thrower - EX.
  4. Rocket Jump adalah skill imba bagi saya ( sudah menyelamatkan nyawa saya lebih banyak daripada iklan aburizal bakrie tayang di TV ONE ).
  5. Saya juga menyarankan plate Dodge cooldown untuk trik menghindari stomp dan after wavenya dari Manticore Zuul. Akan saya jelaskan detail di guide DDN nanti.
  6. Disini anda juga akan sering spam wax, saya sarankan max level dan +1 di kostum senjata.
  7. Mechabomber efektif di stage Flying Ship, Scorpion Abubah, Manticore Zuul, dan Dragon Jakard.





About Mecha Duck 17

Disini saya berterima kasih ada komentar mengenai super armor mechabomber, saya lupa membahas detail mengenai mecha duck. Bukan sengaja sih, tapi karena memang semakin tinggi level cap kita, mecha duck akan semakin kita tinggalkan. Dan dari pengalaman DDN pula, mechaduck agak useless dari point saya. Namun hei, tidak ada salahnya apabila kita membahas detail. So, check this out!
  1. Bebek memiliki HP setara 70% HP anda, agak berbeda dengan alfredo yang 600% vit anda.
  2. Bebek memiliki bar super armor, berupa bar kuning di bawah bar HP. Sayangnya, hanya summonernya yang bisa melihat ini.
  3. Semua skill mecha duck tidak menambahkan super armor. Dan super armor dari mecha duck apabila habis, tidak akan regen alias anda harus mensummon ulang. Disini point dari artikel saya mengenai mecha duck - ex yang tidak mengatasi problem super armor bebek.
  4. Apabila ada skill yang masuk dengan mulus misalnya mechabomber dan mecha shock, kemungkinan ada 2. Pertama, serangan musuh bukan type super armor break sehingga bebek tidak oleng ataupun cancel meskipun bar super armor bebek sudah nol. Dan kedua, ketika di cast bebek memiliki super armor meskipun kecil sehingga masuk dengan mulus.
  5. Kelemahan tree bebek, yaitu penggunaan AI dan tidak ada recall position. Sehingga lemah melawan musuh dengan summon anak buah, misalnya stage Flying Ship dan Flower Ignis.




Tricky With Gatling Tower

Sekitar 4 bulan lalu saya mengeluarkan artikel mengenai invisible summon. Memang sepele bagi yang sudah paham, namun saya mengeluarkan itu dengan maksud tertentu. Kali ini saya akan bahas basic dari distribusi damage Shooting Star. Ini bisa juga anda artikan, kalau seandainya anda adalah monsternya maka dari pandangan anda akan terlihat seperti ini :
  1. Loli itu sendiri. Semua damage yang keluar dari cannon Loli akan dianggap berasal dari Loli.
  2. Semua jenis tower. Semua jenis damage tower akan dianggap berasal dari visible tower yang terbesar damagenya. Kelas shooting star memiliki satu visible tower, yaitu gatling tower. Sedang untuk GM memiliki 2 visible tower, yaitu Chainsaw dan gatling.
  3. Alpedo
  4. Bebek. Disini bebek akan menempati prioritas terendah dalam aggro.
Disini saya akan membeberkan alasan kenapa anda harus pasang ice tower + cannon + gatling ketika di party non-paladin. Ketika party tanpa paladin, aggro akan lari ke damage terbesar. Disini kelas engineer memainkan triknya, sebenarnya damage kelas ini besar namun distribusi damagenya terbagi menjadi 4 macam di atas ( loli, tower, alpedo, bebek ) sehingga loli tidak akan diincar oleh monster. Karena damage loli terbagi menjadi 4, maka monster melihat ada 4 orang melakukan damage dan menganggap faktor loli damagenya tidak sebesar Hunter / SM / EL / Acro di party.

Masih bingung? Misal party membawa SM, EL, Acro, dan SS dan hit Typhoon Kim. Berikut distribusi damagenya :
  1. SM hit Typhoon damage totalnya 2 juta.
  2. EL hit Typhoon damage totalnya 1,8 juta.
  3. Acro hit Typhoon damage totalnya 1,7 juta.
  4. SS hit Typhoon damage totalnya 2,1 juta ( Loli 1,2 juta, tower 500K, Alpedo 300K, bebek 100K )
Secara logika, kasus di atas aggro akan ke SS. Namun yang terjadi? Aggro akan ke SM! Tahu kenapa? Karena di mata monster, yang terjadi adalah :
  1. SM 2 juta
  2. EL 1,8 juta
  3. Acro 1,7 juta
  4. SS 1,2 juta
  5. tower 500K
  6. Alpedo 300K
  7. bebek 100K
Apabila aggro ke anda, maka sebenarnya damage 3 teman anda di party kualitas KW II alias lebih rendah daripada damage dari senjata anda. Lalu bagaiman triknya apabila monster mengarah kepada anda dan alpedo stomp cooldown? Triknya ada di Gatling tower!

Biasakan untuk selalu summon gatling tower meskipun level satu. Apabila aggro / perhatian monster kepada anda dan alpedo stomp cooldown, anda cukup ajak jalan2 berputar di sekitaran tower tanpa hit. Tak lama kemudian monster akan diam sebentar dan seperti kebingungan. Apa yang terjadi dengan monster? Ketika aggro ke anda, dan anda stop hit namun para tower terus hit si monster. Ketika akumulasi damage semua tower melebihi damage senjata anda, si monster akan berpaling ke tower. Namun apabila ketika monster mencari tower, tower ice dan cannon tidak akan terlihat oleh mata monster karena bersifat invisible. Apabila anda sudah summon gatling tower, monster akan menemukan kambing hitam damage tower yaitu si gatling tower ( gatling tower visible ). Maka monster akan berusaha hit gatling tower, namun si monster akan terdiam kebingungan karena gatling tower tidak bisa di hit. Ini yang terjadi di penglihatan anda ketika melihat monster diam bingung di depan anda dan tower-tower.

Kesimpulan? Biasakan summon Ice + cannon + gatling tower. It can save your ass!



My Current Shooting Star ( Update )

Awalnya saya enggan untuk share pic lengkap. Namun saya pikir alangkah baiknya untuk memasangnya, agar para pembaca yang mengikuti build ini tidak merasa "disarankan" namun penulisnya tidak memakai buildnya. Disini saya memperkecil picnya untuk menghemat bandwith anda. Anda bisa klik gambar untuk memperbesar. Saya mengambil pic di kota, sehingga tidak ada intervensi pot damage/ hp/ root ( origin )/ ataupun skill-skill aneh dari player lain yang bisa memboosting status saya. Disini saya tulis apa adanya. Untuk penggunaan jade, 4 armor DD diisi dengan jade inter / high wind and Life. Earring dan Necklace Life. Ring jade Destruc agi.












































 



Video ( Update )

Saya akan tampilkan link video baik yang sudah ditampilkan di blog maupun tidak. Disini saya memberikan juga link video PKN/ TKN Hell agar teman-teman Shooting Star bisa belajar dodge ataupun memahami mekanik stage lebih mendalam. Dan juga link video beberapa stage DDN yang belum dibahas di blog ini. Yeah, blog ini kebetulan adalah surga bagi Shooting Star. So deal with it! 
  1. Cara lure orc stage 1 TKN klik tulisan ini
  2. Cara bertempur melawan Ogre Api TKN Hell klik tulisan ini 
  3. Cara bertempur melawan Typhoon Hell Mode klik tulisan ini
  4. Cara bertempur melawan stage 1 PKN Hell klik tulisan ini
  5. Cara bertempur melawan stage 2 PKN Hell klik tulisan ini
  6. Cara bertempur melawan stage 3 PKN Hell klik tulisan ini
  7. Cara bertempur melawan stage 4 PKN Hell klik tulisan ini 
  8. Cara bertempur melawan prof.K Hell Mode versi 1 klik tulisan ini
  9. Cara bertempur melawan prof.K Hell Mode versi 2 klik tulisan ini
  10. SS di Flying Ship DDN klik tulisan ini
  11. SS di Sandworm DDN klik tulisan ini
  12. SS di Scorpion DDN klik tulisan ini
  13. SS di Worshipper Kajif DDN klik tulisan ini 
  14. SS di Manticore DDN  klik tulisan ini 
  15. SS di Spitflower Ignis DDN klik tulisan ini      

Quote

Berikut akan saya share beberapa quote dari teman, ataupun orang-orang berpengaruh dalam dunia per - Shooting Star-an. Nama saya outkan untuk mencegah penyadapan, eh eh ini bukan Aussie ehehehe.
  • "Lebih enak GM kalau DQ, kalau Raid mending bawa SS".
  • "Saya sering solo nest dan dungeon extrem bukan untuk sombong, tapi ingin tahu seberapa besar kemampuan saya berkembang setelah beberapa lama".
  • "Beam dan Splash adalah skill kill steal terbaik anda!".
  • "Separuh damage SS berasal dari serangan cannonnya, kemudian alfredo, bebek dan tower hanya bonus".
  • "Engineer buildnya sederhana, kedua job lanjutannya mengambil jalur skill alfredo dan tower. Yang membedakannya hanya penggunaan optimal skill tree paling kiri dan kanannya".





Credits and Meme

 

Credits to:

  1. Geist, Guild sepi tanpa recruitmen dengan orang itu-itu saja.
  2. Dragon Nest SEA, Springwood.
  3. Pembaca blog yang budiman.
  4. Teman-teman yang sedang bermain di DN INA
 Untuk penggemar meme di blog saya, saya lampirkan beberapa meme-meme lucu yang dirangkum dari beberapa web tentang meme untuk menghibur anda setelah membaca omong kosong saya di guide ini wkwkwkkwkwkw. Hope you enjoy it~



Comments

  1. untuk sufik itu full wind kah?
    krena SS saya full wing, MP bocor abizzz
    gmn solusinya?
    >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. full wind kalo SS, weapon destruc, sec weapon iron wall. kalau masalah MP bocor biasanya karena + armor yg kurang, jadi MP nya kecil, solusinya +in armornya.

      Delete
    2. Boros MP apabila damage party di bawah rata-rata. Ini sering terjadi pada awal-awal cap 60. Saya full set wind untuk boosting AGI, dengan harapan bisa menyisakan ruang kosong di 3rd plate agar diisi VIT dan membuang plate Fatal. Main destruc, second iron wall. Namun sangat saya sarankan untuk memakai senjata GDN HC karena akan boosting vit anda secara signifikan.

      Delete
  2. Setelah eksperimen panjang. Level 6 Stomp worth untuk diambil. Aggro dari stomp level 6 tidak akan berpengaruh kepada provoke paladin. Kecuali paladinnya belum bisa mengatur timing.

    trus gimana pas turunan paladin ngeluarin provoke, sedetik kemudian alfredonya pake stomp? :v apa gak bakal ganggu provoke nya? :v

    ReplyDelete
  3. ini bisa anda amati di video yang saya upload di flying ship, dan ignis. Flying ship yang 4 orang, MT di piloti org yang belum berpengalaman, provoke level 6 dan stomp lvl 6. Sering miss Aggro. Lalu rekaman di ignis, MT dihandle pilot berpengalaman. Char sama, namun Aggro tidak pernah miss. Kesimpulannya, mengganggu aggro atau tidak tergantung dari pilot paladinnya. Kalau paladinnya berpengalaman, tentu tidak akan mengganggu. Dalam raid party, tentu party akan membawa paladin dengan exp.

    ReplyDelete
  4. Update yang kali ini sangat berguna, terutama video-videonya. Karena berisi TKN / PKN Hell beserta DDN serta cara memancing orc ke tempat jauh dari gardener di TKN. Next update berisi hitung-hitungan mekanik antara build FD atau attack. Dan kombinasi-kombinasi serangan dari skill2 SS. Stay tuned

    ReplyDelete
  5. wah ga ditengok beberapa hari dah update lagi, kali ini banyak bener videonya -_- , downloadnya ntar malam aja :D.Skill mechabomber apakah se worth itu buat dinaikin, bukankah dari cast ampe meledak perlu waktu yg cukup lama, damagenya bisa dibilang gede sih asal 3 bebek berhasil meledak.

    ReplyDelete
  6. untuk party 8 orang worth, untuk party 4 orang dan kurang enggak. Karena posisi anda menggantikan merce untuk damage reduce di party. Dengan mechabomber + damage trans, damage reduce di party bisa mencapai 85%. Salah satu kekurangannya, bebek tidak bisa diandalkan. Namun saya memakai trik, tembakkan mechaduck di tubuh bos.Lalu langsung cast mechabomb ketika bebeknya sudah muncul. Ketika baru spawn, super armor bebek masih penuh. Damage mecha bomb max hanya 70% initial damage pingpongbomb ( per bebek ). Video-videonya sangat membantu untuk menyiapkan diri di TKN/PKN hell mode

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa perlu pake skill ring buat megabomb/mechabomber? soalnya di lvl 11 besar dan durasi debuff bertambah serta more damage sebagai bonus?

      Delete
    2. Tidak perlu, level 10 sudah cukup. Untuk melakukan trik di Poison Prison Scorpion Abubah DDN. Level 11 sebenarnya bagus, namun pengalaman saya di DDN level 10 sudah cukup. Saya prefer DD accessories untuk menambah FD. Karena posisi saya juga berada di role Sub-DPS. Namun apabila build SS anda sudah full FD dari plate, maka skill +1 sangat bagus. Good Question, thump up buat anda.

      Delete
    3. gan, itu kenapa ultinya diambil 2?

      Delete
    4. Ulti sebelah kiri, memiliki overall damage lebih besar namun harus immobile 8,2 detik. Sedang ulti sebelah kanan, damage lebih low namun casting hanya 1,7 detik. Di DDN, celah untuk hit waktunya sangat tipis. Sehingga Ulti Bebek terpaksa diambil bukan untuk damage, melainkan efektifitas dan efisiensi waktu. Setelah guide DDN phase naga keluar dan anda download videonya, nanti anda akan tahu maksud saya. Build PvE memang begitu, kebanyakan skillnya hanya efisiensi dan efektifitas di party dan mengabaikan logika.

      Delete
    5. kk itu klo hurricane nya gak diambil kan gak bisa ngambil ulti kiri? jadi gimana donk?

      Delete
    6. sistem dual ulti, kalau kamu ambil ulti Horizon terlebih dahulu maka kamu bisa ambil ulti satunya tanpa syarat apapun. Saran saya, coba ketika reset kamu naikkan tree bebek dahulu. Pasti bisa kok, semoga membantu

      Delete
  7. kk daniel mau tanya,,kalau critical udah 89% apakah perlu di tambah lagi..soalnya di dn ina 33000 udah 89%?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya 80% sudah cukup. Tujuan build AGI untuk boost critical, sehingga anda bisa lepas plate fatal dan bisa digantikan plate apa saja yang memiliki 3rd FD / AGI / VIT dengan harga murah. Back to the question, apakah critical anda 33K itu memakai plate fatal? Kalau memakai, coba dilepas dan dilihat critnya. Kalau dilepas sudah mencapai 80%, slot plate fatal anda isi dengan plate sampah dengan 3rd yang saya sarankan tadi.

      Delete
    2. ia tu dah pke plat fatal..malahan pake jade fatal jga ms..bgusnya lepas ja yg fatal tu mas?

      Delete
    3. Harusnya dilepas, char basic AGI harusnya tidak perlu memakai Fatal di plate maupun jade. Namun mungkin saya duga status char anda masih dalam pengembangan, mungkin dipasang dahulu tidak apa-apa. Semua job dengan basic AGI harusnya tidak memakai fatal, misalnya Sniper / Acrobat / Engineer. Semoga membantu

      Delete
    4. bner bangetmas bru 60 hari minggu kmren mas..mohon bimbingannya mas..setelah baca artikal mas ne kayaknya agak susah pke ss..tpi pngin ja bisa mas..kalau pingin tanya2 dmna mas?

      Delete
    5. bisa fb vintagevant@gmail.com atau whatsapp 081252635695. Ga pake BloonBerryMassenger. Memang agak susah tapi hei hei, ada guide lengkapnya sampai DDN kan? Path sama Insta ada tapi malas aktivin, ahahahaha...

      Delete
  8. Ni gw punya simulator equip SS gw bagus yg mana ?
    http://04zone.com/dnsea/DNsim.aspx?ID=Gxj9uHrL2SYYFZtgozXdeJJ30c8DrS
    Masalahnya di Patk nya rendah

    ReplyDelete
  9. gan Daniel, ask nih kl naga lg di provoke MT apakah agronya bsa ke ganggu sama mechaduck? sedangkan kl alfredo stomp kan jelas kl stompnya lvl 6 dan PV MT lvl 5 baru bsa ke ganggu. krna provoke alfredonya lbh besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di test sekitar bulan januari, mechashock level 11 Ex dengan efek provoke. Tidak mengganggu provoke paladin. Di test di phase 1 naga, destroying EOL

      Delete
    2. sip deh kl gitu, awalnya saya sempat ragu untuk ngeluarin mechaduck takutnya berakibat fatal ke agro MT nya. thanks gan daniel infonya ^^

      Delete
  10. tnya nih... alasan g pake alfredo huricane apa? thx ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Di PvE, boss monster tidak terkena efek faint hurricane.
      2. Kalau untuk efek faint, gravity grenade jauh lebih efisien di jarak tembak / cd / cast
      3. Hurricane prioritasnya di atas beam, sehingga beam harus "antri". Sedang beam level 1 damagenya lebih besar daripada hurricane level 11.
      4. PvE Raid anda tidak akan bisa mengkontrol serangan alpedo secara sempurna karena tugas utama Alpedo adalah wadah TD dan block skill musuh. Sehingga membuang skill point ke hurricane adalah sia-sia.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. builds ss revamp please sir ^^ , ty

    ReplyDelete
  13. makasih artikelnya kk ^_^
    kapan nih update level 70 nya :D

    ReplyDelete
  14. build skill setelah revamp dong, dan klo boleh tanya plate untuk SS apa aja?

    ReplyDelete

Post a Comment