Eight Man Party : Mekanik Damage Booster


Yahallow, berjumpa lagi dengan artikel omong kosong saya yang lain. Kali ini kita akan membahas mekanik party raid, sangat menarik yaitu damage booster. Disini anda bisa belajar mengapa provoking slam / luring +1 wajib/ tidak dan kenapa damage anda yang seharusnya "low" tiba-tiba menjadi "selangit" di party. Disini juga akan menambah pengetahuan anda mengenai hitung-hitungan damage. Mana yang special dan mana yang tidak. 

Saya tahu, banyak artikel saya yang pro dan kontra bagi player DN INA. Saya cuma ingin mengcounter, biarkan waktu yang menjawab ( kek sinetron aja ). Awal saya membuat blog ini adalah karena saya malas untuk menjelaskan hal yang sama berulang-ulang. Seperti mengajari SDN / GDN / Mekanik DN / Dll. Untuk online ringan seperti chatting ataupun cek TH saya biasa menggunakan laptop, namun untuk agak serius seperti nest / memorial / raid saya pergi ke warnet. Disini saya sering bertemu player DN Indo untuk share dan bertanya-tanya. Agar tak terulang maka saya bukukan dalam bentuk blog. Saya tidak menyangka bahwa banyak yang membaca dari luar komunitas player warnet sini. So, terima kasih supportnya.


" Time is Money " thats a stupid quote. The right one is " Time is not money, because money cant buy your time back . But crying in a ferrari is better than on your sofa".

Okeh, kita lanjut lagi ke topik. Lets get started!



Sistem Boost Damage 
  1. Terdapat dua jenis boost damage, yaitu spesial dan umum ( general ).
  2. Boosting damage yang umum, total persenan dari semua skill akan ditambahkan.
  3. Boosting damage umum memiliki cap alias maksimal 100%.
  4. Boosting damage yang spesial kalkulasinya diluar berjenis umum.
  5. Boosting damage spesial tidak memiliki cap.


Skill Dengan Boost Damage Special 
  1. Ice Stacking. Satu layer / lapis es memberikan bonus 50%. Maksimal 100% bonus dari Ice Stacking.
  2. Aesthetic Dance Part II / Dark Elf Dance. Level 4 skill ini memberikan bonus 87,5% damage.
  3. Puppet Screamer. Yang membuat spesial, adalah skill ini bukan boost damage murni. Namun "transfer" damage ke target. Mekanik hampir sama seperti Alfredo Damage Trans, namun hal itu dalam damage reduce. Puppet adalah versi kebalikan dari damage trans.


Skill Boosting Damage Dengan Kategori Umum
  1. Provoking Slam / Luring / Haemorrage ( phisik + magic )
  2. Bulls Eye ( Phisik + Magic )
  3. Disease - Ex ( Phisik + Magic )
  4. Armor Break ( Phisik )
  5. Force Mirror ( Magic )
  6. Love Virus ( Magic )
  7. Binding Shot - Ex ( Phisik )
  8. ... menunggu update ( mungkin assassin )




Contoh Kasus
 

Party Raid DDN dengan line up  Guardian | Saint | Shooting Star | Force User | Elestra | Artillery | Gladiator | Windwalker.  Bagaimana bonus damage yang diterima apabila mereka serentak menyerang?
  1. Skill boost damage special? Ada satu, yaitu Ice Stacking +100% damage.
  2. Skill boost damage umum? Ada Armor Break | Mirror +1 | Bulls Eye +1 | Luring +1.
  3. Bonus damage umum untuk Phisik adalah Armor Break + Bulls Eye + Luring = 35% + 30% + 50% dengan total 115%.  Untuk magic Mirror  + Bulls Eye + Luring = 115%. Karena total boost untuk skill boost kelas umum adalah 100%, maka ketika anda berada di line up seperti di atas anda bisa melepas acc bulls eye +1 dan luring +1.
  4. Total damage boost ketika maksimal adalah damage anda + 100% ( special ) lalu setelah di boost special damage maka + 100% ( umum ).
  5. Contoh ketika saya menggunakan Engineer, damage pingpong saya menjadi 1,2jt. Aslinya adalah 300K.




Party Raid DDN dengan line up Guardian | Saint | Shooting Star | Windwalker | Elestra | Spirit Dancer | Artillery | Gladiator .Mari kita hitung bonus damagenya.
  1. Skill boost damage special ada 2, yaitu Dark Elf Dance 87,5%  dan Ice stacking 100%.
  2. Skill boost damage umum ? Armor Break | Bulls Eye | Luring.
  3. Bonus damage untuk phisik adalah Armor Break + Bulls Eye + Luring = 35% + 30% + 50% = 115%. Namun karena terbentur aturan boost damage cap 100%.
  4. Bonus damage untuk magic adalah Bulls Eye + Luring = 30% + 50% = 80%.
  5. Lihat point no.4, maka Gladiator dan Artillery dalam party wajib memakai +1 Luring dan Bulls Eye, karena apabila tidak memakai maka akan mengurangi potensi damage dari kelas Priest | Artillery | Elestra sebesar 10% tiap job. Sehingga boost damage magic umum turun menjadi 70%.
  6. Total damage boost untuk skill phisik adalah +100% ( ice stacking ) lalu + 87,5% ( Dance ) dan terakhir + 100% ( Umum ). Misal apabila saya pingpong dengan damage 300K, akan menjadi 2,25 juta.
  7. Total damage boost untuk skill magic adalah +100% ( ice stacking ) lalu ditambah  87,5% ( Dance ) lalu terakhir + 80% ( umum ). Apabila artil arrow barrage damage 1 jt, akan menjadi 6,75 juta.
  8. Apabila Gladi dan Artil melepas acc +1 Bulls Eye dan Luring maka damage boost umum untuk magic attack akan berkurang 10%. Sehingga menjadi  Ice Stacking lalu ditambah Dance, setelah itu hanya + 70% ( umum ). Damage Arrow Barrage yang semula 1jt, apabila +1 Bulls Eye dan Luring dilepas akan menjadi 6,375 juta.




Party Raid DDN dengan line up Crusader | Inquisitor | Gearmaster | Barbarian | Lunar Knight | Smasher | Elestra | Windwalker. Bagaimana bonus damagenya?
  1. Skill boost damage special? Ice stacking 100%.
  2. Skill boost damage umum? Armor break | Luring | Mirror.
  3. Bonus damage untuk phisik adalah Armor Break + Luring = 35% + 50% = 85%.
  4. Bonus damage untuk magic adalah Mirror + Luring = 35% + 50% = 85%.
  5. Dengan 2 contoh sebelumnya, anda seharusnya sudah bisa menghitung sendiri berapa boost damagenya.


"Untuk Raid Leader, setelah membaca artikel ini anda dapat mempertimbangkan slot party untuk job apa saja dan menghitung sendiri bonus damage yang didapatkan. Sukses party berawal dari line up yang benar dan terencana. "



Saran saya, untuk kelas Gladi dan Artil memang memakai +1 di skill Bulls Eye dan Luring. Mengapa? Karena anda tidak bisa selalu berada di party dengan susunan line up yang sama. Dan tidak ada yang menjamin bahwa semua member party akan tetap hidup sampai akhir Raid. Dari artikel ini pula, dapat anda simpulkan mengapa kelas Merce tidak begitu efektif dalam line up 8 orang pada party DDN. Di China dan Korea juga terdapat migrasi besar-besaran merce ke Gladi. Well, saya tidak tahu apabila anak DN INA nekad untuk membawa job-job seperti itu. Artikel ini seharusnya sudah release sejak mid year tahun lalu, karena info ini sudah berada di SEA dan China sejak tahun lalu. Well namun saya tetap tulis saja, meskipun telat. Semoga memberi manfaat bagi para pembaca. Happy Dragon Nest^^.





Comments

  1. mas daniel, saya ada pertanyaan ini,
    1. kata player DN indo lain, era T4 g perlu ice resist dl. langsung dibekukan macam ice cold field ex, glacial freeze, sehingga banyak cryomancer DN indo yg tidak ambil skill api( full es). apa itu benar?
    2. perbedaan 1 layer dan 2 layer stacking itu di momon gimana? aku bbrapa kali run pkn tkn, random party cryo lgsung bekukan. ada gumpalan2 es ditubuhnya. nah ketika aku party sama piro timku melakukan ritual resist, baru dibekukan. dan hasilnya?? kok sama2 gumpalan2 es ditubuh ya. apa tidak ada suatu ciri/tanda 1 layer / 2 layer ? terima kasih sebelumnya mas daniel ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey saya jawab satu persatu. T4 untuk pvp - ice resist max adalah -30% dan pve -100%. Kebanyakan player tidak ambil pusing -ice resist karena battle sebenarnya tidak ada kalkulasi -ice resist. Mengapa? Raid Nest era T4 pada kalian adalah Green Dragon dimana per stage adalah KoS alias full SB dan FF sehingga tidak ambil pusing dengan durasi beku. Namun di DDN dimana ice resist sudah 50% dari sananya, perlu dipertimbangkan ulang teknik -ice resist.

      Skill api, untuk mengambil 2 skill terbaik EL dalam damage yaitu Fireball dan Hot Rod. Lalu mengambil keuntungan dari Hellfire, sehingga critical Cryo anda cukup 17,200 untuk cap. Sedang apabila full ice harus 32,700. Hal ini penting agar 3rd plate anda bisa diisi FD / Vit / Def.

      Trik di DDN, kita mengirim 1 skill beku misal glacial spike / ice sphere / ICF lalu kita combine dengan -ice resist untuk membuat durasi lebih lama. Misal Glacial Spike lalu Frozen Spike lvl 1 dan icy shard lvl 6, masalah durasi tinggalkan ke ice tower engineer.

      Inti jawaban no 1 adalah : GDN memang seperti itu, langsung sambar skill beku. Namun DDN tidak. Fire - Cryomancer untuk support damage party dan efisiensi plate untuk survivabiility. No 2 saya jawab di bawah lagi

      Delete
    2. Jawaban no 2, tidak ada bentuk seperti apa itu ice 2 layer. Bentuknya hampir sama dengan ice 2 layer. Oleh karena itu, FU di party tetap menembakkan glacial spike untuk memastikan bahwa glacial spike pasti beku 1 layer. Namun ciri yang jelas, ketika ada suara es pecah namun di tubuh target masih ada layer ice tertinggal maka beku barusan adalah 2 layer.

      Delete
    3. brrti ice resist intinya menambah durasi beku ya mas daniel?

      Delete
    4. Benar. 0 berarti durasi beku sama seperti yang tertulis. +50% artinya durasi beku kepotong separuh. -50% artinya durasi beku naik separuh.

      Delete
  2. disease ex itu skill apa ya bang ??? kalo di dn ina apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. skill dibawahnya injector milik physician. Versi - Ex nya menambah all damage 20% selama 5 detik dengan cooldown 8 detik ( cocktail )

      Delete
    2. desease = skill lempar botol alchemist

      Delete
    3. terima kasih bantuannya, untuk mister bek

      Delete
  3. saya barusan baca blog orang SEA,katanya kalo cryo itu ngambil fire shield cukup 1 aja,katanya kalo ambil max pun di DDN gaada bedanya,gimana pendapat mu bang daniel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fire Shield level 1 dan max hanya berbeda di dmage reducenya saja. Dan inti player di DDN itu dodge! Karena anda tidak bisa tank damage. Fire Shield 1 apabila anda jago dodge, level max apabila tidak. Perbedaan 9% reduce damage bisa jadi hidup dan mati anda di lapangan

      Delete
  4. kenapa itung itungannya pake WW mas ga pake tempest yang ada binding shoot ex nya? apakah terbentur masalah yang maksimal 100% itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, sudah 100%. Namun apabila ada 1 debuffer mati, misal hunter / SM ( semoga tidak ) - maka tempest sangat berguna

      Delete
  5. Bang Daniel, mau nanya..
    Kenapa untuk Char Cryo / Elestra pilihan shield yang dimaksimalkan adalah Fire Shield ??
    Kenapa koq gak Ice Shield ?? Padahal seperti yang saya tahu, Cryo ? Elestra base elemental nya khan Ice ??
    Apakah ada perbedaan reduce damage nya antara Fire Shield dan Ice Shield ??
    Mohon pencerahannya Bang Daniel
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Fire shield : Efek burn
    Ice Shield : Efek beku

    Namun di DDN boss monster tidak bisa beku oleh ice shield, dan bisa burn oleh fire shield. Burn dari fire shield bisa membantu anda mengaktifkan hellfire.

    ReplyDelete
  7. bulls eye itu walking target ya di DN indo???

    ReplyDelete

Post a Comment