[ GUIDE ] Black Dragon Nest Stage 4 : Black Ring Punisher Meluka ( Indonesia - English )

    Yahallo! Ahahaha kembali lagi setelah vakum satu minggu. Kali ini kita membahas mengenai Stage 4 Black Dragon Nest, yaitu Black Ring Punisher Meluka. Agar lebih familiar, kita sebut saja bossnya dengan nama Punisher. Disini akan ada hal yang saya ingin coba, yaitu menggambarkan skill boss dengan gambar dan bukan dengan tulisan panjang lebar. Sehingga harapan saya teman-teman semuanya mudah mengingatnya. Untuk mekanik, saya tetap tulis seperti biasanya. Guide kali ini memakai dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Dikarenakan banyak sekali PM di FB yang request guide versi bahasa Inggris, terutama dari player SEA non Indo di Springwood. Karena saya tidak pernah memperoleh pendidikan bahasa Inggris secara formal, saya memohon maaf apabila ada salah dalam penulisannya.

You can skip my "dear diary" and straight into Mechanic parts.

    Memang kadang banyak yang PM via Facebook untuk menanyakan update terbaru di blog kapan release. Seperti biasa saya hanya manusia biasa, butuh istirahat. Bagi orang yang masih komentar sinis tentang blog ini, ahahaha saya juga tidak peduli. Blog ini gratis tanpa iklan, alias non-profit. Murni untuk membantu sesama player DN, saya tidak membedakan apakah anda player Indo / SEA / China / ataupun North America. Selama apa yang saya tulis ini bisa membantu, maka akan menjadi satu hal yang berharga bagi saya. Karena waktu yang saya habiskan untuk menulis / upload / dll dapat membantu teman-teman semua. 

     Belakangan ini ada tulisan miring mengenai blog ini, ada yang bilang saya hanya copy paste guide luar. Saya tegaskan bahwa guide disini original, dan saya tulis sendiri. Bukan seperti web DN lainnya yang hanya copy - paste - translate hasil karya orang luar negeri. Kalau anda tidak percaya ada orang Indonesia yang bisa melakukan hal seperti ini, itu urusan anda. Toh saya sudah buktikan bahwa orang Indonesia bisa. Yes We Can! Cukup chit-chatnya, mari menuju topik artikel ini!


BLACK RING PUNISHER MELUKA


MEKANIK STAGE

Bar x5 - x3 ( Map 1 )

  1. Bar 5 sampai masuk berganti bar x4 ke x3 Punisher akan berstatus Invis alias tidak bisa di hit oleh serangan apapun. Hanya ada 2 serangan yang bisa hit Punisher ketika status Invis, yaitu serangan Cannon di stage dan Special Heraldry Laser Black Hole ABN ( Damage kecil sekali namun bisa hit ). Till the bar change to x3 or the Punisher got the third time hitted by laser, the Punisher will be in Invis state. Punisher can be hitted by 2 type of attack, Laser by the Cannon and Special heraldry Laser Black Hole from ABN.
  2. Akan ada cannon ( meriam ) di lapangan, terletak di posisi jam 9 map. Lalu akan muncul Wisp di arah jam 1-2 / 4-5 / 7-8 / 10-11 map. Setelah Wisp spawn, akan muncul peringatan hitung mundur 10 detik. Apabila 4 Wisp hancur sebelum hitung mundur selesai maka Cannon akan menembakkan laser . Laser tersebut tembus Invis Punisher dan akan memberi damage 33% HP punisher. Apabila ada satu atau lebih Wisp masih hidup setelah hitung mundur, maka seluruh member party akan -80% HP plus buff anti heal 40 detik ( tanpa bisa di cure ). You will see a cannon on the field ( 9 o clock ). After that, the Wisps will spawn on 1-2 / 4-5 / 7-8 / 10-11. There will be 10 seconds countdown, if you can destroy all the Wisps, then the Cannon will shoot the Laser in 3 seconds. If the Punisher hitted by the cannon attack 3 times, Punisher will loss 1 bar of its HP. But if you fail and on the stage at least have one Wisp alive, your party will be -80% HP explosion plus 40 seconds buff anti heal ( can't be cured ).
  3. Setelah Cannon ditembakkan / gagal bunuh Wisp, lima belas detik kemudian mekanik no 2 akan berulang lagi. After the cannon shoot the laser out / failed to kill all Wisps, fifteen seconds later the number mechanic will repeated over and over again, till you hits the Punisher by cannon's laser three times.
  4. Ketika masuk bar x3, sebuah portal di arah jam 3 map akan terbuka. Seluruh member party langsung menuju portal dan bersiap ke tahap selanjutnya. Sepuluh detik setelah portal terbuka akan terjadi ledakan di map 1 dan akan wipe out semua member yang berada di map 1. When reach x3 or hitted by three times laser, another portal will open on 3 o clock map. Command all the members to go there to proceed the next phase. Ten seconds after the portal open, there will be a big explosion on map 1 that can caused party wipe.

Bar x3 - dead ( Map 2 )

  1. Ketika berganti bar x3 ke x2 maka Punisher akan cast binding. Dapat lepas dengan menekan ADAD secara cepat. Ketika binding terjadi, akan ada hitung mundur 10 detik dan disertai terbukanya portal di tengah map. Ketika player melewati portal, maka player akan teleport ke stage 4 awal dimana ada cannon ( map 1 ). When the HP's bar change, Punisher will cast binding to all members. You can free yourself by press ADAD rapidly. The 10 seconds countdown begin, and on the middle of stage will spawn a portal to go to map 1.
  2. Setelah hitung mundur selesai, Punisher akan menghilang dan spawn Punisher Shadow di map 1 dan map 2. Shadow memiliki skill dan damage yang sama dengan Punisher asli. Ketika salah satu Shadow mati, maka akan muncul hitung mundur 5 detik, itu adalah waktu bagi anda untuk kill Shadow yang tersisa. Ketika sukses, portal di map 1 akan terbuka dan teleportkan player ke map 2 kembali. Ketika proses ini gagal alias ada Shadow masih hidup, maka seluruh member party akan wipe out atau KO. Sepuluh detik setelah Shadow spawn, ada atau tidak ada salah satu shadow yang mati tetap terjadi hitung mundur 5 detik. After the countdown finished, Punisher will be disappear. After that, spawns 2 Punisher Shadow. One in map 1, one in map 2. When one Shadow die, there will be 5 seconds countdown. If you can kill the other Shadow within time limit, the portal on map 1 will be open and teleporting the members on map 1 to map 2. If fail, the party will wipe out. Ten seconds after the shadows spawn, wheter you kill one of them or both of them stay alive there will be 5 seconds countdown to kill all the shadow. Fail to complete it means wipe out.
  3. Ketika x2 ke last bar, mekanik no 1 akan berulang kembali. Change to the last bar, the mechanic repeated.

 " Amat Victoria Curam - Kemenangan dimiliki oleh siapa yang paling siap "

STRATEGI PARTY

Sebelum Masuk Stage / pre Battle :

  1. Bagi member party untuk jaga spot Wisp. Yang bisa solo Wisp ada 2 class pasti, yaitu Raven dan Adept. Sisa Wisp, bisa dijaga 2 orang atau lebih. Misal Bowmaster / Acrobat dibantu LF meditasi, SM dibantu Ice Stacking / Dancer, dll. Assign members to take Wisp's spot. There are 2 classess that can solo Wisp, Raven and Adept. You can assign 2 people that can sinergize well to handle Wisp. Example : Archer with LF's meditation help, SM with Eles or Dancer, etc.
  2. Bagi member party menjadi 2 team untuk mekanik map 2, yaitu Shadow. Usahakan pembagian party 1 dan party 2 berimbang. Misal party 1 yang nanti akan masuk portal menuju map 1, terdiri dari Adept / SM / Acro / Saint . Party 2 yang akan tetap stay di map 2 terdiri dari Raven / Destro / LF / Elestra. Komposisi party tadi hanya permisalan, anda bisa mix-kan sesuai line up yang ada. Split the party into 2 sub-party. Party 1 will go to map 1, party 2 will stay on map 2. Make sure the balance of the DPS each party near-equal.
  3. Agar tidak terjadi over DPS ketika membunuh Shadow, sepakati hal berikut. Misalnya Party 1 hit Shadow sampai 20% HP lalu stop, ketika 20% HP Shadow map 1 maka Party 2 mulai hit dan kill Shadow Map 2. Ketika Party 1 melihat shadow di party 2 sudah hampir mati maka Party 1 mulai kill Shadow map 1. Tunjuk satu orang di tiap party sebagai pemimpin sementara. Try to make an agreement to anticipate over DPS. Example, pt 1 hit the shadow till 20% HP then stop. After that, pt 2 will try to straight kill shadow on map 2. When shadow on map 2 near death, party 1 start to kill shadow on map 1. Assign 1 people in each sub-party to lead the party.
  4. Agar tidak bingung dengan map, kita buat simple saja. Ignore minimap anda, jadikan cannon jam 6. Kalau cannon jam 6, maka portal ke map 2 arah jam 12. Dan spot Wisp pasti di 1-2 / 4-5 / 7-8 / 10-11. Try to make the map simplier. Example, cannon always 6 and portal will be on 12 o clock. Don't use real map, because can make your members confuse. Wisp still spawn on the same spots.

Battle :

  1. Ketika masuk map 1, check Aggro dahulu. Punisher mengejar siapa harus jelas. Ketika yang dikejar adalah class dengan solo Wisp, perintahkan member party yang selesai kill Wisp di spot lain untuk membantu spot si solo Wisp tersebut.Check the Aggro 1st to make sure who got the Aggro. If Punisher aim a class that solo Wisp, command the others to cover the spot after kills the Wisp on their own spots.
  2. Ketika 4 Wisp sudah mati namun Punisher menjauh dari garis tembak meriam, pancing ke arah garis tembak. Apabila terdesak, gunakan Special Heraldry Skill Laser Black Hole untuk memancing Punisher ke arah anda. Membawa 3-4 member dengan heraldry tersebut cukup efisien untuk memancing Punisher. Koordinasikan dengan baik timingnya, 1x tembakan Laser Black Hole untuk sekali lure. When 4 wisps die, but the Punisher went too far from the Laser's line, try to lure the Punisher to the Line. If needed, use Special Heraldry Laser Black Hole to lure.
  3. Bar x2 Punisher bisa cast tornado, anda bisa perintahkan member party lakukan burst hit setelah tornado di cast. Artinya selama tornado belum di cast, party melakukan serangan jarak jauh dan selalu waspada. When reach x2, punisher can cast tornado. You can command the party to do burst damage after tornado. Or try to reminds party to be care of tornado while hits the Punisher.
  4. Setiap Punisher clear buff, utamakan party untuk berkumpul sejenak dan perintahkan Priest untuk prioritaskan rebuff Protection Shell. After the Punisher clear the buff, try to reorganize and ask Priest to prioritizing rebuff Protection Shell.
  5. Banjiri map dengan relic / summon ketika masuk bar terakhir, untuk block tracing explosion Punisher. Try to summons many unit, the summons can block tracing explosion in last bar.


VIDEO AND PICS

Versi Memorial


Versi 8 man party


Yahallo!

Dalam skenario party saya, karena saya leadernya, maka saya mudahkan saja. Cannon selalu jam 6. Saya menjaga spot jam 7-8. In my pt, I use cannon as 6 o clock. My spot is on 7 o clock.

Quiet easy with Mechanic Mode

Semua wisp dihancurkan. All Wisps destroyed!

Cannon memberi garis tembakan dahulu sebelum menembakkan laser. The Cannon always start with the line 1st, then shoot the Laser out.

Punisher terkena Laser. Punisher got the laser.

Setiap selesai terkena laser, punisher selalu cast tornado. After got hit by the laser, Punisher always cast Tornado.

Tornado!

Muncul rantai dari tangan kanan Punisher. Chains come out from Punisher's right side.

Rantai akan menarik satu random target ke depan Punisher, lalu Punisher akan hit 4 serangan combo. The Cain will drag one random target to infront of Punisher, then Punisher always start to do 4 strikes combo. Damage by chains about 350K, and the combo about 250K per strike.

Mekanik Wisp berulang lagi, siap di posisi. The Wisps's mechanic repeated, get ready!

Masih sama. Still same procedure

Raven yang jaga spot 11 sedang diincar Punisher, karena spot saya sudah selesai kill Wisp maka saya berinisiatif ke arah jam 11 bantu Raven.  The Raven who got 11 o clock Wisp's spot aimed by Punisher, after kill the Wisp on my spot I try to help Raven's spot.

Bantu hit dengan Mechanic Cannon Tower. I try to help with Mechanic Cannon Tower.

Misi sukses, laser kedua kena sasaran. Mission accomplished, Punisher got the 2nd Laser.

Seperti biasa, siap-siap tornado sehabis mekanik Wisp. Like usual, get ready for tornado after Wisp's Mechanic.

Coba melawan arus, ahahaha. Try to reject the stream using my mini-copter tumble ahahaha.

Punisher mengacungkan dua jari tangan kanan dan kirinya ke langit, tanda akan stomp. Setiap Punisher terkena laser yang kedua, setelah cast tornado Punisher hampir pasti akan cast Stomp. Punisher rise it hands to the sky, sign for Stomp. Noticed that every Punisher get the 2nd Laser, Punisher always cast Stomp after tornado.

Punisher melompat untuk stomp!  Punisher jump to do stomp!

Lompat untuk menghindari damage Stomp. Damage stomp sekitar 900K - 1Juta dan bisa critical. Jump to dodge the Stomp! Stomp's damage about 1 million.

Mekanik wisp seperti biasa. Wisp's mechanic like usual.

Saya sedang diincar Punisher. Saya coba pancing ke tengah arah tembakan laser. The Punisher aimed me, I try to lure Punisher to the Cannon's line.

Laser sukses!  Mission completed!

Portal ke map 2 terbuka, segera ke portal! Portal to go to 2nd map open, time to go then!

Nyahahahaha

Map 2

Punisher cast triple slash. Punisher cast triple slash!

2nd Slash

Slash terakhir, cover sekitar 150 derajat depan Punisher dengan range sekitar 5-6 meter. Damage per slash sekitar 300K dan slash ketiga sekitar 600K.  Last slash, about 150 degrees infront of Punisher with 5-6 metres range. Each slash have damage about 300K, and last Slash will be about 600K damage.

Purple beam, cari daerah yang tidak terkena cahaya ungu di lantai! Purple beam, try to go to area that dont have purple colour on the ground.

Menghindar beam pertama! Safe from 1st beam!

Strategi sama, beam kedua berhasil dihindari. Same strategy, evading 2nd beam.

Last beam... Damage per beam sekitar 650K. Each beam have damage about 650K.

Ancang-ancang untuk melompat, jump strike! Punisher get ready to do jump strike!

Punisher Jump!

Bergerak menjauh spot terakhir untuk menghindari jump strike. Try to move to other spots to evade the Jump Strike. The damage is about 550K

Mengacungkan kedua jari ke langit, tanda stomp. Rise it fingers to the sky, sign of Stomp!

Jump to evade!

Ancang-ancang hendak jump strike, tapi dengan aura hitam. Tanda ini adalah 4x jump strike. Same sign with jump strike but with black aura, this is 4 times jump strike in a row. Each strike do 400K-500K damage.

First

2nd

3rd

4th. Untuk menghindari skill ini cukup mudah, cukup berdiri tepat di bawah Punisher ketika melompat. To dodge this skill quite easy, just stand below Punisher's jump.

Tanda Punisher hendak memotong ke depan. Sign the Punisher will do cutting move using Sword

Okay Nice. That damage with TD's buff, without it about 400k

Mekanik. ADAD mania!

Saya bertugas di map 1 dengan SM, saatnya ke map 1. My duty is on map 1 with SM, so its time to move out!

Shadow, HP bar yang paling atas di kanan atas layar adalah milik Shadow di map ini. Yang tengah adalah Shadow map 2. Dan yang paling bawah adalah HP si Punisher. The highest HP's bar on my top-left is Shadow on this map. The middle one is map 2. And on the bottom is the Punisher's HP.

Skill sama dengan Punisher asli. Shadow have same skill with the real Punisher.

Shadow di map 2 sudah mencapai 25% HP, saatnya hit Punisher map 1. The Shadow on map 2 already reach 25% HP, time to kill this Shadow!

Done!

Portal terbuka! The portal open!

Welcome to map 2

Slash terakhir dari triple slash bisa di dodge dengan iFrame. The last slash of triple slash can be dodge by using iFrame.

Roar, knockback dan clear buff. Sebenarnya skill ini bisa di cast sejak bar x3. Roar, gives knockback and clear buff. This skill actually can be casted since x3.

Tanda Punisher Berserk. Sign of berserk, up damage till 300%

Tanda berserk berada di kepala Punisher. Bisa diremove devi howl atau mecha siren. Berserk's sign can be seen by looking Punisher's forehead, can be removed by devitalizing howl or mecha siren.

Bebek Aoi cast mecha siren, remove berserk Punisher. The Mecha Siren removed the buff! Berserk removed!

Ganti bar, mekanik Shadow. Change into last bar, Shadow's mechanic again.

Map 1 I'm coming!

Prosedur sama. Same procedure

Welcome home! Punisher menghantamkan pedangnya ke tanah disertai aura hitam. Tanda tracing explosion. Skill ini hanya di cast ketika last bar. Punisher stab it sword into the ground with black aura, sign of tracing explosion. This skill casted in last bar.

Tracing explosion mengejar seluruh member party. Namun bisa di block oleh summon. Tracing explosion have homing effect, one dark explosion will chase each member party. Summons can block it.

Ketika bola hitam menyentuh saya, akan terjadi ledakan non-damage. Seketika tanah di sekitarnya akan menjadi gelap.  Ada pula taktik satu orang tank aura hitam, dan yang lain berdiri di belakang. Tugaskan satu orang sebagai pusat berkumpul. Semua tracing tornado menabrak orang tersebut, dan sebelum terjadi ledakan si tank langsung tumble menjauh. When the tracing explosion touch the player, will do no-damage and caused the land covered with dark aura. There is another strategy that assign 1 ppl to stand between party and Punisher.  The other members, gathers on 1 spot near a member party that have task to be to "gather point". When all tracing explosion crush the "tank", before the explosion happen the tank tumble away to dodge.

Sekarang saya coba sengaja terkena aura hitam tanahnya,  ternyata memberi damage 500K plus buff anti heal 40 detik. Anda lihat aura hitam di sekeliling Punisher, itu tracing explosion yang menghantam summon milik saya. Sehingga AoE hanya di sekitar Punisher. Sebenarnya sepele, namun apabila tracing explosion lolos dan hit 8 orang di map maka hanya menyisakan sedikit. Triknya simple, ketika Punisher menancapkan pedangnya untuk cast Tracing Explo maka semua member party mendekat ke punisher. Ketika tracing menghantam, maka hanya terbentuk AoE di dekat punisher saja, bukan di seluruh map. If you got hit by the black aura, you will get 500K damage plus anti-heal for 40 seconds. The black aura near punisher it was the tracing explo that blocked by my summons. Actually for 4 members party its not a big deal if dark AoE scattered around the map. But if 8 ppl, thats a big problem. The trick is, when the Punisher start to stab it sword to the ground with dark aura, all members go near the punisher. Wait till the explosion created black aura, then leave the aura to safe area. This tricks can minimalize the problem when 8 ppl alive.

Berdiri tegak dengan aura hitam, tanda tornado! Black aura with no sign, tornado!

Ampun om, kepencet chemical grenade... Oh crap! I press chemical grenade's button!

Keep calm and run!

Okay have a nice day!






" Hope can help you all in Dragon Nest... and as always Happy Dragon Nest ^^ "








Comments

  1. Kak saya punya pertanyaan seperti biasa :v
    - Lebih baik bawa MoonLord atau Gladiator di Raid BDN, dan plus minus MoonLord dari Gladiator (selain FA)? Seperti di video kakak, kan membawa MoonLord...
    Sekian Terimakasih ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keduanya sama saja di BDN. Kalau ada Gladi, kita pun akan membawa Gladi. Tidak ada masalah.

      Delete
  2. Bang daniel
    saya prnh tumble(acrobatic jade) pada stomp orge di stage 1...namun saya tetap kena damage nya
    Apakah smua stomp di stage bdn ignore bdn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup simple untuk GM melihat apakah stomp tersebut tidak bisa di dodge dengan tumble atau tidak. Tumble memberikan status iFrame selama sepersekian detik.

      Tower anda seperti chainsaw, memiliki status iFrame selama tersummon. Namun kalau stomp tersebut langsung menghancurkan chainsaw / tower anda, berarti damage stompnya tembus iFrame.

      Stomp Ogre / Mino / Punisher / Golem menghancurkan tower engineer dalam seketika alias tembus iFrame. So, anda harus menghindarinya dengan melompat. Tumble tidak akan memberikan penghindaran terhadap stomp tersebut.

      Delete
    2. ralat bang* ignore iframe hehe
      last question.. kan wktu tersummon tower chainsaw,nah kan memiliki status iframe...apakah artinya tower trsbut kebal terhadap serangan apapun yg tidak tmbus iframe?
      dan ulti paladin,divine avatar...pengunaan nya memiliki status iframe smpi durasi habis?
      okey trima kasih atas info nya bang :>

      Delete

Post a Comment