Yo Hallo~ Nyahahaha kali ini kita berjumpa dengan artikel yang sudah saya janjikan, yaitu merombak ulang Guide Part I Gearmaster dengan edisi Revamp. Namun karena masih ada versi DN yang belum implementasi Revamp, maka guide part I yang lama tidak saya hapus. Revamp kali ini membuat differensiasi yang jelas antara Gearmaster ( GM ) dan Shooting Star ( SS ). Namun karena berbagai saran dan masukan atas guide SS saya ketika cap 60, kali ini guide part I saya tulis ulang dengan singkat dan jelas. Untuk strategi bermainnya, akan saya tulis ulang Part II dan Part IV dengan menggunakan edisi Revamp. Untuk pic gears saya, menghindari double posting seperti di guide SS part I dan bagian penutup alias Epilog, maka saya akan memuat gears saya di bagian Epilog nanti setelah guide GM di Black Dragon Nest selesai.
List Guide GM Level 70 PvE di blog sampai saat ini :
Level 70 PvE - GM in Guardian Nest
Level 70 PvE - GM in AON
Level 70 PvE - Black Dragon Killer
Level 70 PvE - GM : Tips dan Trik
Level 70 PvE - GM : Ice Stacking, Elemental Converter, dan Posisi Tower
Level 70 PvE - GM : Epilog
Level 70 PvE - GM in Guardian Nest
Level 70 PvE - GM in AON
Level 70 PvE - Black Dragon Killer
Level 70 PvE - GM : Tips dan Trik
Level 70 PvE - GM : Ice Stacking, Elemental Converter, dan Posisi Tower
Level 70 PvE - GM : Epilog
THE REVAMP
Saya akan memberikan list singkat apa saja yang berubah dalam paket Revamp Engineer. Saya tidak akan menjelaskan detail tentang class lain karena ini adalah artikel Gearmaster. Saya hanya akan menuliskan Revamp yang berpengaruh bagi Gearmaster saja, untuk class lain anda bisa googling sendiri. Begitu pula di kolom komentar, yang out of topic saya tidak akan menanggapi.
- Meliputi pula balancing Priest, Inquisitor, dan Crusader.
- Implementasi Critical Damage.
- Merubah semua plate cooldown 12% dan di bawahnya menjadi 20%.
- Empat skill baru di tree Engineer yaitu Reload / Chemical Grenade / Cannon Blaster / dan Mechanic Mode.
- Damage Gatling Tower naik sekitar 250%.
- Damage Cannon Tower naik sekitar 250%.
- Damage Ice Pump Tower naik sekitar 250%.
- Damage Electric Chainsaw Tower naik sekitar 550%.
- Damage Mecha Shock naik 250%.
- Damage Mecha Bomber naik 300%.
- Fake Bomb dan Rocket Jump bergabung menjadi 1 skill, menggunakan nama Rocket Jump. Cara mengaktifkan mekanisme sama.
- Damage BigMechaBomber naik sekitar 400%.
- Durasi Chainsaw menjadi 15 detik, cooldown 17 detik, dan delay per tembakan 1.5 detik.
- Durasi Ice Tower menjadi 15 detik, tembakan pertama detik ke 3 dan tembakan kedua detik ke 10. Tidak ada tembakan ketiga dan cooldown tetap 28 detik.
- Memberi efek ekstra di 2 skill basic tiap class apabila level 6 atau lebih. Untuk Academic yaitu Force Out dan Air Shot.
- Passive 65 GM yaitu Gear Second berubah, dari buff attack 10% selama 10 detik sekarang hanya memberi buff critical 20% selama 10 detik dengan cooldown 30 detik. Hanya aktif ketika MM di cast.
- Ultimate Sky Line, damagenya naik 200% ( pffftt )
ROLE PARTY
Setelah Revamp, role party GM berubah menjadi Main Damager. Dalam keadaan yang sama ( tingkat gears sama ) GM menghasilkan output damage yang lebih besar daripada Raven dalam rentang waktu tertentu. Namun untungnya, Raven dan GM berbagi tugas yang berbeda dalam party. Apabila Raven bertugas debuff def dan buff up damage, maka GM bertugas debuff elemen / reduce damage / buff remover. Jadi potensi keduanya berada dalam 1 party terbuka lebar, namun tidak menutup kemungkinan pula GM sebagai solo main damager. Apa tugas GM dalam party?
- Main Damager. Apabila ada yang pernah melihat langsung damage GM setelah revamp, maka anda tidak akan pernah mendebatkan hal ini.
- Buff Remover. Stage General Umbala, Punisher Meluka, dan Chiliarch Titanion di Black Dragon Nest membutuhkan buff remover. Skill berserk yang mereka cast berulang di x2 hingga mati membuat damage mereka naik 300%. Mecha Siren adalah satu dari dua skill yang bisa remove berserk tersebut. Skill lainnya adalah Devitalizing Howl.
- Damage Reducer. Mecha Bomber dan Transitional Damage ( TD ) menopang sistem damage reduce dalam party.
- Debuffer Elemental. Chemical Grenade memberi debuff -15% all elemen resist dan -30% critical resist.
- Support Ice Stacking. Dari Ice Tower, MM Ice Tower, dan Chemical Grenade.
- Support Mobilitas Party. Wax membantu party bergerak lebih cepat.
Dari pengalaman saya bermain DN sejak September 2011, bergonta-ganti class tiap cap level, Gearmaster adalah class tersulit yang saya handle agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dibandingkan dengan class main damager lainnya, apa keunggulan dari Gearmaster?
- Dapat menjadi back-up party ketika butuh buff remover.
- Keamanan party lebih terjamin.
- Damage ke boss monster terjadi secara konstan, artinya entah sedang cast skill yang berbahaya sekalipun dan dimana member party lebih memilih menghindar, maka GM terus melakukan damage melalui summon-summonnya. Hal yang tidak akan pernah anda temukan di class main damager manapun.
- Summoner, artinya mayoritas damage yang dihasilkan berasal dari summon bebek / tower. Sedang summonernya berada di jarak jauh dan relatif aman.
KONSEP DAN STATS UTAMA
KONSEP SAYA TENTANG GEARMASTER :
- Basic stat adalah AGI, dengan menumpuk AGI maka attack anda akan naik. Bonus pula, critical anda akan naik.
- Dua summon vital anda yaitu Mecha Duck dan Alpedo HP nya berasal dari persenan VIT anda. Mecha Duck memiliki HP 70% dari total VIT summonernya. Sedang Alpedo memiliki HP 600% total VIT summonernya.
- Academic adalah class yang tidak memiliki skill ekstra tumble, bersama dengan Cleric dan Warrior. Namun Warrior memiliki relieve dan Cleric memiliki defense yang tinggi. Maka skill-skill yang memberi ekstra movement ataupun bonus iFrame merupakan skill yang sangat berharga.
- Karena summon mengcopy semua stat summonernya ( kecuali HP ), maka critical max / plate Tent / plate Iron Wall adalah essensial dan penting bagi GM.
- Untuk build solo, GM yang memakai elemental converter Ice memiliki damage yang tinggi. Namun untuk party, build Dark atau Light memiliki keuntungan yang lebih besar daripada Ice GM. Bagaimana cara mendapatkan converter? Bisa dibuka disini . Namun, saya tidak suka terikat dengan jenis party tertentu dan memilih fleksibel. Oleh karena itu GM saya tetap saya build berelemen netral namun wajib memiliki attack yang tinggi untuk menjaga kualitas damage.
- Dahulu dalam build SS saya menyertakan build low budget, namun kali ini saya tidak menyertakan build low budget. Karena GM adalah class main damager, artinya damage yang dihasilkan menentukan mental para support dan healer di party, maka saya hanya menyertakan build standard dan high budget sebagai pertanggungjawaban kepada para party yang akan memakai servis anda semua kelak.
- Membutuhkan ketelitian dan organisasis summon yang baik. Umumnya, bermain GM secara benar dapat melatih koordinasi otak kanan dan kiri secara baik. Ketika dulu saya sering tulis bahwa GM adalah class yang friendly terhadap newbie, saya sekarang ralat tulisan itu dan class ini bukan untuk newbie.
- Stat utama Gearmaster adalah AGI dan VIT.
SKILL BUILD
Anda bisa memindahkan BigMechaBomber ke level 1 apabila ingin mengambil Cannon Tower level 11 |
Anda bisa skip skill Gear Second apabila butuh ekstra skill point. Gear Second setelah revamp hanya menambah critical, sedang critical GM pastilah 89%. Namun sekali lagi ini optional, karena skill point yang dibutuhkan untuk mengambil skill ini hanya 1. |
SHORT EXPLANATIONS ABOUT THE SKILLS
Kali ini saya akan membuatnya sependek mungkin. Beberapa keterangan skill yang tidak dicantumkan disini berarti memiliki efek sama dengan artikel lama SS. Bisa anda dapatkan disini
FORCE OUT |
Force Out ( FO ) level 6 memberikan ekstra knockback bagi GM. FO bisa dijadikan kombo untuk memperlebar gap GM dengan AoE yang dihindari. Misal tumble lalu miringkan badan dan FO. Efek ekstra FO ketika level 6 atau lebih tidak memberikan iFrame. FO juga dipakai untuk memberi ekstra chance bagi Wax untuk memaksa monster knockdown. Berikut saya berikan contoh aksi menggunakan Force Out lvl 6, saya gunakan untuk menghindari AoE damage.
PINGPONGBOMB DAN RELOAD |
Sekarang anda memiliki skill yang no cooldown seperti MM Cannon, anda tidak memerlukan skill di atas. Anda ambil level 1 untuk syarat membuka Chemical Grenade. Reload digunakan untuk mendapatkan Ammo. Dan Ammo digunakan untuk cast Mine Thrower / Biochemical / Splash. Oh ya, anda adalah GM maka anda tidak membutuhkan skill ini!
CHEMICAL GRENADE |
Efek Biochemical Missile sekarang berpindah ke Chemical Grenade. All level Chemical Grenade memiliki cooldown 20 detik. Level 1 memberi debuff selama 9 detik, dan naik 1 detik per level. Debuff berupa -15% all elemen resist dan -30% critical resist. Skill ini adalah skill yang wajib max bagi semua Engineer. Level max di cap 70 adalah 10 dengan durasi debuff 18 detik!
MECHANIC MODE |
Untuk simplenya, MM mirip dengan mekanisme Elemental Aura milik Paladin. Anda bisa aktifkan dan non-aktifkan sesuka anda dengan menekan skillnya berulang. Ketika MM aktif, di bar buff akan ada tanda MM aktif. MM ketika aktif akan memberi bonus attack dan mengurangi damage yang diterima. Di cap 70, MM memiliki level max 13 dengan bonus attack 30% dan reduce damage 22%. Dalam MM, ketika anda klik skill tower maka serangan tower tersebut akan keluar dari Senjata anda. Cooldown tower dalam normal mode dan MM tidak dishare, artinya ketika anda baru cast Chainsaw dalam normal mode lalu beralih ke MM maka MM Chainsaw tidak cooldown. Ketika anda off MM, Chainsaw sedang menjalani cooldown. Plate reduce cooldown, tidak berpengaruh terhadap cooldown tower dalam MM. Namun skill yang boost cooldown seperti Cocktail / Spirit Boost / Beyond Time berpengaruh dalam cooldown normal maupun MM. Dalam normal mode, semua tower yang di cast akan menjadi ground immobile unit. Ketika di cast, player akan mendapatkan iFrame sekitar 0.5 detik. Anda bisa ignore masalah iFrame ini di PvE karena efeknya minor. Namun mungkin bagi PvP player sangat penting. Mengenai efek iFrame dan penerapan di PvE, akan dibahas di Part V Guide - Buku IV secara detail. Berikut saya lampirkan contoh penggunaan iFrame MM untuk dodge stomp di AON.
MM ELECTRIC CHAINSAW TOWER
Berbeda dengan Chainsaw Tower ( CST ) normal, MM CST memiliki animasi 1.5 detik untuk cast. Jarak tembakan sama sekitar 7 meter dengan normal mode. Bonus 20% apabila target dalam jarak melee masih berlaku. Cooldown per tembakan 6 detik. Dalam BT mode menjadi 1.1 detik, namun tidak efisien karena cast animasi masih 2 detik. Paling efisien ketika BT mode adalah mensummon 3 CST dalam normal mode dan melakukan debuff Ice Tower menggunakan MM.
MM CANNON TOWER
Ada dua tower yang memiliki cooldown 0 dalam MM, yaitu Gatling dan Cannon. Mengapa memilih Cannon? MM Gatling Tower untuk 1 full hit membutuhkan animasi 2 detik, damage piercing, dan jarak tembakan melee ( sekitar 3 meter ). Bandingkan dengan MM Cannon dengan animasi 1.3 detik per hit, damage splash, dan jarak tembak maksimal sekitar 10 meter. Sebenarnya, full animasi MM Cannon adalahh 2.5 detik namun bisa di cut menggunakan trik mobile cast. Artinya kita cast MM Cannon ketika menekan tombol gerak. Animasi MM Cannon dari 2.5 detik terpotong menjadi 1.3 detik dan gerakan kita terhenti sejenak karena cast MM Cannon. Alasan mengapa memilih level 6 akan dijelaskan di bagian In Depth.
MM ICE PUMP TOWER
Ketika normal mode, Ice Tower menembak dua kali di detik 3 dan 10. Durasi Ice Tower sebelum Revamp 20 detik sekarang menjadi 15 detik. AoE Ice Tower menarget sasarannya sekitar 7 meter. Namun MM Ice Tower memiliki radius 4 meter dan menarget semua monster di sekitar. Berbeda dengan normal mode yang menarget hanya 3 target. Per tembakan normal mode terdiri dari 6 hit bongkahan es yang memiliki efek splash, namun MM Ice Tower per tembakan terdiri dari 3 hit. Animasi MM Ice Tower merupakan animasi paling cute dari semua animasi milik class di DN. Yang terjadi, si GM menginjak lantai di depannya untuk mengaktifkan "trap" Ice Tower di sekitarnya. Level efektif Ice Pump Tower adalah 8, karena di level 8 memiliki durasi buff tertinggi yaitu 10 detik. Mengambil lebih dari 8 adalah wasting SP, mengambil kurang dari 8 adalah jenis pembodohan terbaru. Anda adalah damager bertype konstan, dan sumbangsih damage boost up terbesar adalah Ice Stacking ( 100% up ). Ice Tower membantu debuff ice def, sehingga durasi ice stacking lebih lama. Anda bisa baca trik debuffnya disini
IN DEPTH
MENGAPA TIDAK MENGAMBIL STUN GRENADE?
Anda memiliki skill no cooldown yaitu MM Cannon, anda tidak akan memiliki waktu untuk cast stun grenade. Alasan yang sama kenapa pingpong hanya lvl 1 dan saya tidak menaruhnya di shortcut skill saya.
MENGAPA CANNON TOWER LEVEL 6, BUKANKAH ITU ADALAH SKILL YANG BISA DI SPAM KETIKA MM?
Kelemahan MM Cannon ada 2, pertama yaitu lintasan tembak yang melengkung mengikuti gravitasi. Untuk masalah yang pertama ini, solusinya bisa anda dapatkan dengan menempatkan bidikan agak ke atas untuk target yang memiliki jarak jauh. Masalah kedua adalah grafik animasi ketika peluru MM Cannon menghantam target, efek ledakannya hampir menutupi seluruh tubuh Boss di BDN. Sehingga player akan kesulitan mendapatkan penglihatan yang bersih terhadap gerakan monster.
Mari kita kembali ke matematika dasar untuk menghitung untung rugi. Untuk mengambil skill-skill standard PvE GM, yaitu Chemical Grenade 10 | Trans Damage 5 | Ice Tower 8 | Mechabomber 12 | MechaShock 11 | Mechanic Mode 13 membutuhkan skill point yang tidak sedikit. Lalu mengapa menaruh Cannon Tower di level 6 worth? Cannon Tower level 6 memiliki board damage sekitar 700%, level 11 sekitar 800%, dan level 16 sekitar 900%. Sekarang ketika di solo dungeon Abyss / Chaos 70, MM Cannon level 6 per hitnya sekitar 850K critical. Dengan critical damage 205%, maka sebenarnya damage asli MM Cannon level 6 sekitar 420K. Disini 420K merupakan perwakilan 700% ( level 6 ). Menggunakan teori perbandingan, maka 800% ( level 11 ) adalah sekitar 480K. Sedang untuk 900% ( level 16 ) sekitar 540K. Selisih SP antara level 6 dan 16 adalah 10 Skill Point dengan selisih damagenya sekitar 120K. Sekarang pertanyaannya, apakah anda mau membayar peningkatan 12K damage per 1 SP? Kalau saya tentu tidak, level 6 sudah lebih dari cukup. Kenyataan di BDN, saya tidak punya timing yang cukup untuk spam MM Cannon. Kebanyakan waktu adalah untuk spam ground tower dan prosedur standard GM di raid party.
Mari kita bandingkan dengan BigMechaBomber level 1 dan 6. Level 1 sekitar 1900%, sedang level 6 sekitar 2500%. Damage BigMechaBomb ketika saya solo abyss / chaos 70 sekitar 5.5 Juta ( level 6 ) critical. Dengan menghilangkan criticalnya, didapat damage non crit sebesar 2.68 Juta. Menggunakan teori perbandingan maka didapat BigMecha level 1 sebesar 2.03 Juta. Selisih 5 SP memberi selisih damage sebesar 565K damage alias 115K damage per 1 SP yang anda investasikan.
BAGAIMANA STRATEGI KETIKA MENDAPAT COOLDOWN BOOSTER?
Ketika mendapat BT dari FU, maka ritual saya N ( Normal ) CST > Alpedo TD > N CST > Mechaduck > N CST > Mechabomber + Chemi Grenade > MM CST. Namun memang Spirit Boost memberi impact signifikan bagi GM karena Action Speed Boostnya memotong animasi agar lebih efisien.
BAGAIMANA STRATEGI GEARMASTER DI NEST ATAUPUN RAID?
Anda bisa buka guide job, lalu di opsi Gearmaster ada list Nest dari Guardian hingga Black Dragon.
GEARS | HERALDRY | TALISMAN | ELEMENTAL CONVERTER
GEARS
INTERMEDIATE
Memakai 5 Full Moon Armor +8 dan Saviour Main dan Second +10 ( Minimal ). Armor memakai Jade Inter Life dan Wind. Weapon Destruc dan Wind, sedang Ring memakai Destruc. Earring dan Necklace memakai Life. Skill jade armor bebas, karena anda diwajibkan memiliki skill penghindaran yang baik ketika memakai class ini. Untuk weapon, bisa memasang Raider di main weapon untuk minus armor. Acc bisa memakai uniq 70 non set dari DF70. Artikel bisa dibaca disini . Disarankan memakai kostum 1 set ( AGI ) dengan senjata, rarity magic. Acc memakai opsi VIT / AGI.
BEST PERFORMANCE
Memakai 5 Full Moon Armor +9up, senjata 2x DDN Legend +12up. Lima FM Armor nanti diganti oleh BDN Uniq set, senjata tetap DDN L sampai ganti cap level. Acc memakai FM set dengan mengutamakan stat AGI di earring dan necklace. Ring mengambil opsi VIT terbesar ( recommended ). Posisi jade dan jenisnya mirip dengan budget Intermediate namun wajib memakai High Jade. Diwajibkan memakai kostum rare. Title boost FD atau attack yang signifikan.
MY DAMAGE CAN'T BE MATCHED!
Memakai DDN L +12up Weapon dan 5 armor Crescent. Acc Crescent Set. Bisa pula mendekati cap 70 akhir mengganti set dengan BDN Uniq +10 atau lebih, dengan disokong plate full 3rd FD.
HERALDRY
HERALDRY ENHANCEMENT
Wind | Destruc | Tent | Iron Wall | Life Vita | Health | Ultimate | Bebas asal 3rd. Kalau ada yang masih bermain GM tanpa plate Ultimate maka orang itu kembali ke jaman kebodohan versi 2.0. Third option plate yang saya sarankan adalah AGI dan VIT, anda bisa komposisikan 50 : 50 atau terserah selera anda. Untuk best performance dan overpower gold, disarankan untuk 3rd FD.
HERALDRY SKILL
Trans Damage cooldown | Dodge cooldown/ Ice Tower cooldown | Mechabomber cooldown | Chainsaw Tower cooldown. Apabila ada 3 plate sisa dari cash, saya sarankan memakai Cannon Tower Cooldown | Wax / Mecha Siren Cooldown | Mecha Duck cooldown.
SPECIAL SKILL HERALDRY
Memakai special skill Laser Black Hole dari ABN. Gravity Ball tidak berguna di Black Dragon Nest. Laser Black Hole bisa anda gunakan untuk hit Punisher dalam keadaan invis dan lure ke arah cannon. Juga dapat anda gunakan untuk hold dan mengumpulkan Black Dragon Army di phase 1 Black Dragon Feder.
TALISMAN
200%
Ultimate ( wajib ) dan Destruction.
175%
Wind dan Iron Wall
125%
Health dan Life Vitality
100%
Bear dan bebas.
Talisman dengan rarity rare sangat disarankan disini, namun karena langkanya pasokan pasar maka memakai rarity magic masih bisa dimaklumi.
ELEMENTAL CONVERTER
GM DENGAN CONVERTER LIGHT
Saya sangat recommended GM dengan Converter Light untuk party. Seperti yang anda tahu di BDN membawa 2 jenis healer yaitu LF dan Priest. Total Light attack yang bisa mereka boost adalah sekitar 38%. Bandingkan dengan Dark yang hanya bisa di boost 32% oleh LF sendiri. Ketika memakai converter Light, jade destruc ganti dengan Light. GM sendiri bisa mengurangi Light Defense sebesar 30%, dari Mecha Shock dan Chemical Grenade.
GM DENGAN CONVERTER WATER
GM dengan converter Water sangat efisien di Solo Dungeon / Dragon Fellowship / Nest 4 orang. Namun ketika terjadi komplikasi member seperti AON ( 6 orang ) dan Black Dragon Raid ( 8 orang ) maka build Light lebih recommended.
GM TANPA CONVERTER ELEMEN
Salah satu rekomendasi saya pula, GM type ini lebih fleksibel dalam mencari party dan memiliki tingkat adaptasi serangan tertinggi karena tidak didikte oleh rutinitas debuff elemen. Resiko GM type ini, gears anda harus sangat baik karena anda hanya bermodal attack dan FD.
" Kalau dilihat sekilas mungkin kami adalah class dengan damage terlemah dari semua class di deretan Main Damager seperti paman Raven / Ripper dan bibi Saleana / Artillery / Sniper, bahkan saudari kami sendiri Adept. Namun apabila anda memperhatikan betul damage yang kami hasilkan dalam satu stage, anda akan terkejut melihat total angka dari damage yang dihasilkan saya, robot alfredoku, tower-towerku, dan para robot bebek yang mengagumkan "
" Siapakah damager paling efisien ketika di phase Naga? You can call them... The Gearmaster! "
" Keep the spirit my fellow Gearmaster! " - ZCuneAoi
Another nice guide.
ReplyDeleteApakah anda berencana membuat guide Revamp untuk class Shooting Star juga?
Tidak akan ada guide Shooting Star baik di cap 70 ataupun setelah Revamp di blog ini.
DeleteMeme yang anda post sangat bertolak belakang dengan apa yang anda katakan tentang fungsi Raven dan GM di sebuah raid party.
ReplyDeleteHanya meme, jangan diambil serius. Just for fun!
DeleteOm, sewaktu saya melihat beberapa video bdn hc/norm di forum luar negeri, kebanyakan tetap stick ke party list yang lama sebelum GM Revamp. Apa sebenarnya potensi GM itu tidak terlalu besar ya meskipun setelah revamp?
ReplyDeleteMemang setelah membaca guide anda saya merasa GM layak mendapatkan slot di raid party, tapi kenyataan yang saya lihat di lapangan tidak begitu :(
Semuanya kembali ke party leader, apabila anda tidak setuju dan kenyataan lapangan berbeda itu hak masing-masing.
Deleteente yakin? (pfftt)
ReplyDeleteEmang sih... kalau gm damagenya jauh naik karena revamp....
ReplyDeletedan revamp engi pengaruh banget bagi ss dan gm...
dan jika kita bicara ss/gm
maka perbedaannya adalah pada impletasi damagenya.(jika misalkan gm dri cst, maka ss dari spam splashxskill bullet)
sedikit nanya nih...
Knapa jade iron wall ditaruh di 175? Sedang yang hp ditaruh di125?
Typikal boss stage BDN per stage memiliki stomp dengan damage hampir 1 hit KO dan bisa critical. Iron Wall membantu meningkatkan Defense phisical 2% - 3% apabila175%. Namun apabila taruh HP di 175% dengan HP 1,1 juta belum tentu meningkatkan HP 2%, bahkan 1% pun tidak.
DeleteWew... brarti kcil banget yak... ==...
Deletetapi kalau misalkan skill pasif yang nambah hp, diambil max ngaruh banyak ga?
Mw nanya lagi deh... menurut mas daniel, kalau dalam raid party stelah revamp engi, ribetan make SS atau GM?
Deletemakasih... :D
Lebih rumit memakai GM. SS lebih mudah konsep bermainnya, sedang GM tidak. Memang, sebelum Revamp SS lebih rumit cara mainnya daripada GM. Namun Revamp memiliki efek berbeda, GM sekarang jauh lebih kompleks dan rumit. Kalau dahulu saya mengatakan GM adalah class recommended untuk newbie, sekarang saya merekomendasi SS untuk newbie.
DeleteHmmm... gitu...
Deleteemang sih ada kelebihan kekurangan sendiri ss ataupun gm...
klebihan ss(menurut saya)
burst damagenya bisa over after revamp
skill passive yang ok
kekurangan: pemakaian bensin(mp) boros... kayak anak kecil dikasih uang thr
Reload bikin dilema(klo klik kanan malah boros mp krena spanner...)
Timing harus bener2x pas untuk damage maximal dan buff party.... telat sedetik bsa krang damage atau party terancam(saat damage max itu... pas musuh kna debuff+biochem ex+reload ex+mechamode +spam splash/ulti ss klik kanan) dan pas lgi mw full damage dan kepikiran reload suka lupa buff/summon...(too many step to remember.... sering banget lupa lepas mm... wkwkkwkw)
Gm klebihannya: damagenya konstan... damage bsa masuk dan imbang...
Soal mechamode, ga perlu repot lepas pasang(ga kayak ss)
lebih mudah buff party
kekurangan: placement tower harus ditiming agar maximal(ss jga begitu... meski cma ice tower)
Yang lain ntah...
intinya: engineer not for newbie. Mw mudah? Make job lain sana
milih SS, tapi pakai MM??? :p kenapa ga jadi GM saja...
Deletemilih SS, tapi pakai MM??? :p
DeleteUpdate engi revamp klo d sea berapa bulan setelah cap 70? Trus klo saya cuma main DG dan Nest biasa sebaiknya build ice ato netral? Yg hemat gold build yg mna?
ReplyDelete6 Bulan. Dua-duanya boros gold. Saran saya, netral.
DeleteNetral? Pfffft
Deleteane lebih ke ice element,,,
Deletedari info yg ane dpt,, debuf dr ice tower dan ice tower(mode MM) bisa stuck alias di tambahkan...
jadi ice resist bisa mencapai 75% (ice tower+ice(MM Mode)+cemical grenade)
bagaimana dengan rancangan ini untuk class GM
ReplyDelete1: http://puu.sh/bB4au/d1d20246a1.JPG
2: http://puu.sh/bB4b5/a9cb528511.JPG
rancangan manakah yang tetap efektif disaat 4/6/8 man nest nanti? atau harus ada yang dirombak ulang secara keseluruhan?
Gambar bisa di link via FB saya atau whatsapp. Apabila tidak bisa request friend, bisa minta tolong ke teman yang sudah add friend atau bantuan dari beberapa grup FB DN Indo yang ada friendlist dengan saya. Tidak bisa klik huruf karena ada anti copy di HTML blog.
Deletesudah dikirim lewat message fb saja tapi masuk ke other folder nampaknya
Deleteuntuk whatsapp lain kali akan saya kirim :)
dalam hal DMG chain saw gw stuju tu jika dibandingkan dengan salh satu skill raven yaitu rain drop.
ReplyDeletejika gearnya sama, dmg [chain saw max(MM Mode) full hit = sekali burung(build dark)]..
tapi klo masalah efisien keseluruhan GM msh jauh di bawah raven... :)
DPS GM setelah Revamp tidak bisa ditandingi class apapun, bahkan Raven sekalipun. Namun keunggulan Raven yaitu damagenya bisa di boost oleh dark attack booster / ele resist reducer sedang GM masih tradisional ( kecuali Mecha Shock ).
DeleteUntuk masalah DPS masih bisa dibandingkan, namun untuk efisiensi fungsi di party tidak bisa. Karena fungsi kedua class di party berbeda. Anda akan menemukan artikel serupa seperti pernyataan saya di atas di beberapa forum besar lainnya.
Kedua class merupakan type main damager yang berbeda, GM bersifat konstan damager dan Raven burst damager. Karena itu jika membandingkan dari segi Damage Per Second, tidak ada yang bisa melebihi GM, bahkan SS sedikitpun. Namun untuk urusan burst damage, Raven masih yang terbaik.
gw lupa nanya lagi masalah after revamp ini
ReplyDeletebagaimana dengan pouch skill dari engineer? apakah ada heraldry terbaru semenjak revamp ini rilis? agak percuma juga untuk mengeluarkan 800-1400 fragment untuk mendapatkan heral skill yang tak dipakai -_-
Sementara masih heraldry yang lama di SEA, bahkan heraldry debuff biochemical masih ada
DeleteGM bkn burst damage jadi susah untuk KOS, kecuali mau berlama2 di raid nest ya gapapa, tp klo mau cepet ya ttp raven
ReplyDeleteBagaimana anda menjelaskan run BDN stage 1 yang kurang dari 3 menit dengan membawa GM sebagai main damager?
DeleteParty saya tidak memakai Raven sebagai damagernya, namun Gearmaster. Namun menyelesaikan stage lebih cepat daripada party non-FD lainnya yang membawa Raven di BDN. Burst damage atau tidak, tidak menentukan cepat atau lambatnya menyelesaikan stage. Yang menentukan adalah kualitas damager / strategi / dan kekompakan party. Artil / Sniper bisa menjadi main damager yang baik pula menggantikan Raven, asal didukung line up / dan strategi yang baik.
DeleteTergantung kualitas damager sama kompak timnya atau ga...
Deletekalau timnya kompak sih cpet
@Hafizh : pendapat anda adalah Quote of the day =)
DeleteRaven memang telah menjadi damager utama sebelum Revamp, bukan berarti selamanya top damager atau damager burst ada di puncak piramida damager. Sekarang muncul Gearmaster. Setelah ini ada balancing Artil, akan muncul artil yang mungkin menggeser top damager party.
ReplyDeleteParty tidak selalu wajib membawa Raven. Bisa membawa main damager apapun, seperti kombinasi Saleana / Ripper / Adept. Cobalah fleksibel. Mungkin untuk party dengan strategi standard BDN yaitu burst membawa Raven dan Adept menguntungkan. Namun tidak dengan party saya. Hanya berisikan damager non-burst, namun kita bisa memanage untuk menyamai waktu clear per stage team lain dengan strategi burst.
Apabila anda memiliki pengalaman yang cukup baik sebagai party leader ataupun jam terbang di Raid, anda akan memahami ini. Raven memang segalanya bagi player yang baru, bukan berarti kekuatannya tidak ada yang menandingi.
Kmarin liat revamp altil,semua skill cdnya diturunin semua yah? Enak bner cd panah incernya cpet... wkwkw
DeleteYa, ada kemungkinan pula Artil akan menjadi ratu damager ( lagi ) menggeser GM sekarang. Ya namun fair saja, tidak ada class yang selalu di puncak. Semua ada masanya. Untungnya, fungsi GM dan Artil di party berbeda meskipun kedua class tersebut damagenya berada di jajaran atas.
DeleteCdnya dibawah 10 detik.... kan asem... wkwkkww
Deleteskill mechanic mode pada enginer kalau digunakan akan membuat skill tower jd serangan aktif, demage serangan aktif itu apakah d pengaruhi oleh lvl. Tower yg kita ambil atau tidak?
ReplyDeleteMisal, saat menggunakan mechanic mode, skill tower turret lvl. 1 apakah sama demagenya dgn skill turret lvl. 6?
Trims sebelumnya, guide skill buildnya sangat bermanfaat :)
Damage/ efek serangan MM mengikuti level tower, namun tentunya dengan bonus attack dari MM membuat damagenya agak berbeda
Deletemaaf bang dan saya agak bingung soal MM Cannon 0 cd. kok GM saya (DN INA) pas MM Cannon tetep ada cooldown.nya ?
ReplyDeletetrus saya liat MM CST bang dan cuma 5 detik cd, saya belasan detik.
makasih
mengenai MM CST itu pertanyaan y bang. #Newbie
Deleteyg cd ternyata waktu pvp. maaf bang
DeleteMM cannon non cd
DeleteBang, HP nya Alfredo itu tergantung sama VIT ato HPnya summoner sih? makasih :)
ReplyDelete600% VIT summonernya, lalu kalikan 30 ( karena 1 VIT = 30 HP ).
DeleteMas Daniel..w ad job GM masih lv 61.. tpi klo main kok MP saya selalu mau habis bahkan tak jarang habis.. itu bagaimana y solusinya? klo bisa tanpa bantuan LF.. karna saya gk mau tergantung sama LF
DeleteResiko main engi...
DeleteYa klo ane saranin sih make 1 jade high mana(atau talismannya aja)
kak mau tanya nih,bnar ya GM maen element? soalnya kmaren saya lihat di you tube GM ningkatinlight attack.
ReplyDeleteGM basicnya netral kecuali beberapa skill tertentu. Yang damagenya berubah menjadi elemen tertentu seperti dark / light / ice memakai elemental converter. Bisa anda baca di artikel konten 70, bagian Saint Heaven Defence.
DeleteGan, ane baru change job dari Adept ke GM, bener" botak ilmu tentang GM, ane mau tanya nih.
ReplyDeleteKenapa Ice Spray Tower di build agan lv 8 doang, apa ada efek yang sudah max?
Thanks.
Ice spray tower dibikin + 8 itu karena effek debuff ice resist... tiap + up, effrk debuff durasinya akan nambah...
Deleteberguna untuk bantu ngeboost damage ice stacker(adept/elestra/seleana(meski seleana sendiri basicnya api...) ataupun kalau make ice gear master(di guidr ice gm, malah disaranin +10)
GM emang bgus buat yg suka hunt, wkwkwk....
ReplyDeleteDPS nya ngeri ngalahin smua job, saya suka-saya suka...
masih ada yg menganjal ttg video force out bang....kalo utk menghindar serangan musuh lbh baik lgsung pke tumble+rocket jump? ....tpi di video fo nya pke tumble+fo...kalo emank bwat knockback momon kecil sih bisa....tpi di video tu cman utk menghindar dan rocket jump tidak cooldown
ReplyDeleteRocket jump bisa dipakai 2 cara, klik kanan tumble dan aktifkan langsung.
DeleteFO berguna untuk instant backwards ke belakang, dimana ketika berjalan mundur kita jauh lebih lambat. Bisa pula anda pakai untuk menghemat rocket jump. Dimana anda bisa hemat rocket jump, disitu lebih baik anda gunakan FO.
Jadi simple nya MM tuh kyak Berserk Boss yg meningkatkan attack Berserker-nya ,,iya kan?
ReplyDeletepermisi ka Daniel , saya mau bertanya :)
ReplyDeletekenapa ka Daniel ambil skill di samping ulti , dan itu gunanya apa ? apa damage nya signifikan ? tapi hanya Lv.1
lalu kenapa skill Ice Spray Tower hanya +8 , mengapa tidak +9 ?
dan saran ka Daniel untuk penggunaan Skill ACC nya GM apa saja yah ?
thanks for reply :)
Durasi debuff Ice Tower level 8, 9, dan 10 sama yaitu 10 detik. Level 8 untuk hemat Sp. Toh kita tidak akan mengincar damage.
DeleteFlash Grenade untuk anti stagger di Raid. Menolong anda terkena chain combo monster.
Memang recommended FM ring acc 1 set untuk build Ice atau netral. Untuk build Light / Dark memakai Attack Pwr + Dark / Light di +1. Chainsaw +1 dan Wax +1, earring dan necklace bebas. Biasanya earring dan neck untuk Dark memakai tough. Apabila mengambil Cannon Tower max, pakai +1 di earring.
thanks for reply :)
Deleteone more
Deletedi atas di terapkan skill yg ka Daniel berikan , menurut saya ketika skill Cannon Tower di level 15 dan di tambah Skill Earring +1 , damage yg diberikan sangat signifikan untuk DPS . mengapa kak Daniel hanya memberikan +6 pada skill tersebut (di lihat dari semua faktor , tidak hanya BDN saja) ? dan pada saat kak Daniel melakukan MM , skill apa yg kak Daniel andalkan DPS jika skill Cannon Tower hanya +6 ? sedangkan MM CST 5s , Ice Spray Tower 10s , Gatling Tower tidak DPS .
saya bermain Dragon Nest Indo ka , mohon pencerahannya karena saya baru pertama kali membuat Gear Master :) thanks before , i'm sorry for my question , it's too much :D
Perbedaan damage level 6 dan level 15 adalah sekitar 28% damage dengan konsumsi SP 9 + 1 Acc
DeleteMM Cannon fungsinya hanya filler, bukan untuk di Spam. Bahkan untuk KoS Mode, MM CST dan MM BigMecha lvl 6 masih lebih baik. GM memiliki beragam tugas, dan MM Cannon merupakan prioritas terakhir.
MM Cannon dalam Nest digunakan untuk Burst Mode ketika 100% anda yakin pergerakan boss aman dan bisa anda atasi, karena efek animasinya menghalangi lebih dari 80% pandangan anda. Yang harus anda utamakan ketika tugas tower dan summon bebek selesai :
1. Posisi Alpedo
2. Recall atau tidak
3. Wax atau tidak
4. Mechabomber bagaimana
5. Adakah timing MM Cannon, minimal 3 detik karena 1 detik untuk MM dan 1 detik untuk MM Cnn
6. Dan lain-lain.
Lebih baik habiskan SP ke skill otomatis yang menerima efek double buff dengan elemen light, dengan level 11 plus Ex menghasilkan 650% per bebek, total 3 bebek 1950% per 8 detik dan otomatis. Efek double buffnya bisa membuat damagenya tembus 4000%++ per hit dan otomatis. Skill tersebut bernama MechaShock.
sorry before and thanks a lot for reply my question Mr.Daniel :D
Deletekeep update and a big (y) for you !
wanna reset skill now hahaha
tanya dong kalo plate iron wall itu di dragon nest apaan ya ^^
ReplyDeleteShining
Deleteka Daniel , kalau saya tidak mengambil Passive 65 (critical chance +20%) gaa berpengaruh besar kan ? soalnya saya butuh SP walaupun hanya 1 ka , dan apa yg membedakan kalau saya mengambil Passive 65 atau tidak mengambil nya ? atau itu hanya 'optional' dari kita masing-masing saja ?
ReplyDeletekalau menurut saya, justru memang tidak perlu ambil passive 65 untuk Gear Master. karena sebagai Job/Class dengan main stat Agi, Crit Rate bukanlah masalah untuk kita. dan kita pas dapet mencapai Crit Rate max dengan mudah meskipun tanpa skill passive tersebut
DeletePassive 65 Optional, anda ambil atau tidak... tidak akan pengaruh banyak di PvE. Satu-satunya tempat dimana anda akan memperoleh keuntungan dari Passive 65 tersebut hanya hero battlefield, itupun dengan cooldown 30 detik.
DeleteGearmaster adalah pemilik DPS terbesar di Dragon Nest saat ini, baik di Korea - SEA.
ReplyDeleteSS adalah type burst damage, dengan delay per fullburst 30 detik untuk 10 ammo. Sedang GM 24/7 damage jalan terus. Efek double buff tower membuat GM Overpower di KoS mode. Naga BDN stomp 0 damage summon dan tidak ada skill auto destroy summon. Jelas di BDN class mana yang lebih overpower.
Hanya karena anda melihat damage cepat turun dalam waktu singkat dan angka yang tinggi, bukan berarti class yang anda pegang adalah puncak damager. Tetap kepala dingin, dan pahami cara GM bekerja. Nanti anda akan tahu maksud saya.
Sebagai referensi, di ID saya sekarang, saya memiliki 12 Engineer level 70. 8 Gearmaster dan 4 Shooting Star sebagai referensi. Dan untuk menghasilkan build dan keterangan di atas sudah melalui banyak eksperimen panjang. Bisa saya pertanggungjawabkan apabila build GM disini salah.
ReplyDeleteSaya heran mengapa sampai banyak Shooting Star user comment dan baca Guide Gearmaster. Apakah mereka player bimbang atau bagaimana? Tetap jalani class yang anda yakini anda menikmati dan menyukainya. Masalah damage siapa yang lebih tinggi itu urusan kesekian, karena kita bermain karena menyukainya.
ReplyDeleteUntuk Guide SS di blog ini ketika level 60 memang luar biasa, bahkan sampai dishare di forum DN Amerika dan Eropa. Begitu pula Guide GM di cap 70. Saya harap ada player SS diluar sana yang akan share dan menulis guide tentang SS seperti guide Gearmaster yang ada di blog ini. Happy Dragon Nest ^^
Guide ss emang lanka... maka dari itu banyak yang liat guide ini...(rata2x mencari refrensi juga)
Deletekalau saya sendiri(sbagai player ss) mencari refrensi.... dan saya sring nanya sma sesama ss, skill build mereka dll
hasilnya? Bisa dibilang bermacam2x(mereka punya stylenya sendiri... bahkan saya bingung... hahaha)
saya sendiri sbenarnya mau bikin guide, cuma terhalang waktu(klas 3 sma)...
Klo boleh, bisa titip guide dari saya dong. Hahaha
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletemaaf bang boleh request ga build GM yg hybrid alias bisa bawa nest maupun pvp... thx before
ReplyDeletesalam kenal :D
Di SEA sejak rilis Skill Tree Expansion Scroll sudah tidak ada build Hybrid, kalau tidak salah akhir 2012. Sejak ada item tersebut, penggemar PvE dan PvP bisa memiliki 2 jenis skilltree. Satu untuk PvE dan satu untuk PvP / Ladder. So, saya juga agak bingung kalau ada permintaan seperti ini.
Deletewah lengkap abis ini guidenya, makasih gan. mencoba belajar main gm. biar ga mainstream dgn job itu itu aja.
ReplyDeletebtw mau nanya jg, ring itu ga harus ring skill kah ? kalo misalnya main elemental ga perlu pake ring yg ada light attacknya gitu ya ? cukup boost patk aja ? thx b4 gan
Kiri atas halaman blog ada tulisan all about gearmaster. Click dan pilih artikel elemental gearmaster. Disana dijelaskan acc apa yang recommended lengkap beserta class-class yang boost elemen anda.
Deletebang daniel,kan dari build skill ini tersisa 3 SP (kalo skill 65 ga diambil) itu bisa ditambah untuk menuhin skill mechabomb/big mechabomb atau dibiarkan saja?
ReplyDeleteperlu pencerahan,thanks.
Bebas anda masukkan kemana. Dibiarkan juga tidak masalah
DeleteBang daniel saya selaku newbie dan user GM boleh minta Pin BBM atau FB gk? Pengen nanya lebih jelas
ReplyDeleteArtikel terbaru tentang Lancea, bisa anda dapatkan link FB saya. Untuk BBM dan Whatsapp sudah saya nonaktifkan karena HP saya menjadi "pasien" charger HP karena kewalahan menghadapi banyaknya PM.
Deletebang daniel skill alfredo beserker tu ngaruh g kalau dimax pa cukup 1 ja
ReplyDeletesaya baru main dn ina masih bingung baru punya char gm ma ss 70
Alfredo berserk cukup level 1. Efek dari Alfredo Berserk, reduce damage/mspeed/ damage up bisa anda dapatkan lagi tanpa menunggu cooldown dengan resummon.
Deletelv 70 maksudnya
ReplyDeleteselamat siang mas daniel, mohon maaf karena tulis disini, karena pesan via fb tidak/belum sempat di balas ^.^
ReplyDeletesaya mau tanya beberapa tentang GM mas, karena 90% aku ikutin guild GM disini hehehe
1. skill di academic, mending FO apa BUBBLE buat lengkapin 45sp?
2. 3slot heraldry dari cash shop, minta saran diisi apa mas? saya udh pakai : Chain Saw CD >< BIg Mecha Bomber CD >< TD cd >< Ice Spray CD
3. Wajarkah pakai set armor FM, P.def & M.def GM cuma 28++ ? plate sudah epic lv70
Sekian dulu mas daniel, terima kasih ^.^
nanti akan saya kirim SS GMku buat di koreksi mas daniel hehehe
1. FO
Delete2. Standard 4 slot gratis yaitu TD / MBomber / Ice / Chainsaw cd. Untuk plate 3 yang dibuka dari cash, ada 2 opsi. Plate 3rd full FD atau skill plate. Kalau skill plate, diisi Mechaduck cd / Wax cd / Cannon Tower cd.
3. Penggunaan armor epic memang ditarget untuk Defense fisik 40% ke atas. Selama sudah melebihi target, maka tidak masalah.
Kk daniel mau tnya. Itu knpa kk ambil horizon? Knpa ga ambil Destroy aja. Kan damagenya gede Destroy+ada bonus damagenya kk?
ReplyDelete