Eight Man Party : Force Mirror


     Yahallo! Nyahahaha kali ini kita kembali ke topik populer, yaitu Eight Man Party. Asal mula kata Eight Man Party, merujuk pada pola permainan party dalam Raid Nest, dan tentunya berisi maksimal member 8 orang. Artikel - artikel Raid di blog ini bukan hasil dari copy paste artikel luar, apalagi translate dari bahasa asing ke Bahasa Indonesia. Orang Indonesia bisa membuat guide yang bagus, bahkan banyak yang view konten Bahasa Indonesia blog ini dari negara luar, dari Eropa hingga Amerika Serikat. Cukup basa-basinya, mari kita kembali ke topik utama kita kali ini yaitu Force Mirror di raid party.


Artikel ini adalah artikel kerjasama team di Raid Party. Anda bisa skip artikel ini apabila anda player PvP. Semua info disini berasal dari pengalaman saya sendiri sebagai player Force User di level 40 SDN, 50 GDN, dan 60 DDN. Dan semua artikel Raid adalah original berdasarkan pengalaman memimpin party di Sea Dragon Nest, Green Dragon Nest, Desert Dragon Nest, dan Black Dragon Nest. Lets get started!





FORCE MIRROR





Force Mirror, biasa kita singkat dengan Mirror adalah skill dari Force User. Baik Smasher maupun Majesty, skill ini merupakan skill wajib max dan plus acc. Mirror memiliki durasi summon 12 detik dengan cooldown 25 detik. Memberikan debuff amplify magic damage selama 11 detik. Mirror yang tersummon akan terus me-rebuff dengan wave debuffnya. Dua Mirror hanya akan memperbarui durasi, atau apabila ada Mirror yang levelnya lebih tinggi maka akan overtake debuff Mirror yang lain.


Range debuff sekitar 6 meter dari Mirror. Durasi 11 detik.




Mirror tidak bisa ditembus, player harus mencari jalan memutar untuk maju ke depan.


    Ketika di party Raid, ada etika summon Mirror yang harus kita ketahui. Class dengan skill serangan melee akan mengalami kesulitan apabila Mirror tersummon dekat dengan target. Misalnya Warrior / Acrobat / Dancer / Adept / Crusader / dan lain-lain. Hal ini terjadi dikarenakan Mirror adalah unit yang tidak bisa ditembus. Bagaimana seharusnya seorang FU memposisikan Mirror tersebut? Mari kita bahas contoh-contoh berikut.


MAP UKURAN KECIL


Berbentuk lingkaran dengan posisi monster statis. Stage Ignis DDN.



Membuat duplikat gambar map, lalu memutuskan posisi paling aman di Ignis. Mirror disummon di area hijau dengan jarak debuff yang cukup. Mirror tidak akan mengganggu jalannya pertempuran.



Map kecil dengan target sangat mobile, stage Punisher BDN


Hasil analisa stage Punisher...



Map kecil dengan bentuk khusus ( setengah ellips ), bagaimana kita menganalisinya?



Dengarkan arahan leader party anda, lalu ambil kesimpulan dimana anda harus meletakkan Mirror. Anda masuk stage tanpa satupun ide dimana anda akan menaruh Mirror adalah salah satu kesulitan utama para FU yang berakhir kegagalan.



MAP UKURAN BESAR

 

Salah satu contoh, Desert Dragon Nest phase Naga. Bagaimana kita menganalisisnya?



 Gambar posisi Desert Dragon. Kita anggap naga menghadap bawah, area putih adalah area dekat cakar dimana party melakukan pertarungannya. Area hijau adalah area yang tidak digunakan, anda bisa summon mirror disana.



Black Dragon... bagaimana posisi mirrornya?






Gambar posisi Black Dragon. Simple, satu-satunya area dimana tidak akan ada seorangpun berdiri adalah depan naga diantara kedua cakarnya. Posisi Mirror yang paling aman. Bagaimana dengan area perut ke belakang ( merah )? Ketika Naga cast Rain ataupun Eye, adanya mirror yang ditaruh sembarangan akan menyulitkan player untuk kabur / bermanuver.



Map dengan bentuk persegi panjang, stage Ogre BDN.





Map Ogre BDN. Simple, anda summon Mirror di pinggir jembatan. Karena arah serangan party akan lurus ke arah Ogre. Summon Mirror diluar area hijau berkemungkinan mengganggu manuver beberapa class party.


Banyak contoh lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu karena mungkin akan memakan banyak sekali ruang. Saya yakin para player FU diluar sana akan cepat paham dan dapat mempraktekkannya dengan baik di lapangan. Happy Dragon Nest ^^














Comments

  1. Bang Daniel,di cap 70 server Indo gw mainin Adept pake jade inter crit di kedua senjata saya,pas msk party org gw sering di judge knpa gk make jade fire aja dan akhirnya gw di kick padahal partynya bukan party fire.Saya mau tanya apa Adept saya tetep make jade crit atau musti ganti ke jade fire ?

    ReplyDelete
  2. Kalo menurut saya Job yg Main Statnya bukan Agi memang agak dilema di bagian Critical Rate nya.
    terutama Adept yg skill damage utamanya ; Lagma Wall & Wave, dan Ulti saja. jika tidak Crit damage yg terjadi serasa kurang optimal (geli), dan itulah yang terjadi ketika anda tidak men-stack Crit.
    Menurut saya dengan budget minim :
    >Gunakan Ring fatal (jika anda tidak memerlukan skill acc) pasang jade Fire di kedua Ring
    >Ear dan Necklace pilih yg memberi agi besar dan berikan jade Wind pada keduanya
    >Pada senjata : Main pakai Fire, sementara Second pakai Crit / Fatal (optional)
    >Heraldry : pastikan anda memakai Plate Epic Wind dan Fatal
    >Talisman : pasang setidaknya Inter Fatal lv 70 di 200%
    dengan komposisi diatas Adept saudara saya memiliki Crit Rate 70%(dikota), dan jalan lancar jaya duet bersama GM saya. Seandainya anda tidak memakai jade Fatal di second pun anda masi mendapat sekitar 54% (dikota). jika di dungeon atau nest Crit Ratenya bisa naik lagi via Koktail (nama skillnya agak ambigu :v)
    Percuma juga jika Damage besar tapi tidak Crit. Ingat di DN, Crit = damage + 100%, atau 2x lipat damage yg terjadi. jadi apakah dengan anda menambah 1 lagi jade Fire bisa membantu anda mendapat damage itu? saya rasa tidak.
    The rest is up to you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Damage di atas kertas sangat besar akan sia-sia apabila critical rendah. Ini memang dilema memiliki char damager tapi budget terbatas ( mid-low ). Dan masalah umumnya terletak di critical rate yang rendah. Karena seringnya efek clear buff di BDN, kebanyakan player menargetkan criticalnya mandiri 80%.

      Sekali lagi, leader party yang tidak tahu tujuan anda memakai fatal tidak bisa disalahkan. Mungkin saja dia mencari Adept dengan mid-high budget. Ini salah satu alasan pula mengapa Heraldry Uniq dan Epic dengan bonus stat critical menjadi laris manis. Konsumen utamanya yaitu Swordsman / Screamer / Adept / Crusader / dll.

      Delete
  3. maaf OOT.
    mau tanya, saya denger Shooting Star sudah tidak bisa menggukanakan skill yg berhubungan dengan Reload (Splash, Mine Thrower, dan Chemical Missile) jika Mechanic Mode sedang on. apakah itu benar?

    ReplyDelete
  4. Benar, terakhir update Desember MM sudah tidak bisa cast Pingpong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma pingpong aja atau termasuk smua skillnya (Splash, MT, CM) nya mas daniel? karena pingpong kan tidak memakai bullet dari reload...

      Untuk Gear Master, kenapa Mecha Shock harus lv11 mas Daniel? saya rasa di lapangan dia tidak memberikan damage yg cukup.
      saya punya Ide sebagai Gear Master untuk men-drop Mecha Shock jadi lv1 dan MM jadi 10. sehingga bisa ambil skill Mine Thrower hingga lv11. gmn mnurut mas daniel?

      Delete
    2. Mas daniel?

      Delete
    3. Total update mengenai engineer, ketika MM tidak bisa :
      1. Pingpong Ex
      2. Mine Thrower
      3. Splash
      4. Biochemical

      Mecha Shock level 11 500% attack per bebek dan ada 3 bebek sehingga total 1500% per 8 detik. Dengan efek double buff, katakanlah ada di light party dengan bonus light up 60% ++ maka bebek bisa melejit damagenya menjadi lebih dari 4800% per 8 detik. Skill yang terlihat tidak mengesankan di party kecil, namun luar biasa di party besar.

      Next update MM sudah tidak bisa Mine Thrower. Pertimbangkan matang-matang.

      Delete
    4. oke Trima Kasih mas Daniel
      yah tapi saya sudah terlanjur Reset dan ambil Mine Thrower hingga +11 dan Mecha Shock 1

      yaudah deh nikmatin aja dlu ntar klo Updatenya uda muncul di DN INA saya reset lgi.
      enak juga sih pake GM yang bisa Mine Thrower, di +11 aja sudah lumayan sakit

      Delete

Post a Comment