Yahallo! Kali ini kita membahas mengenai Memorial Black Dragon, party publik suka menyingkatnya dengan BDM. Perlu diketahui bahwa key alias kunci masuk BDM I dan BDM II berasal dari kotak akhir ( mister bunny ) Dungeon Abyss / Chaos level 61 ke atas. Silver Bunny memberikan kemungkinan untuk mendapatkan key tersebut, sedang Golden Bunny memberikan 100% peluang untuk mendapatkan key. Kunci menuju BDM III didapatkan dari box akhir BDM I dan BDM II. Semua jenis BDM memiliki limit 1 kali, dan BDM III tidak share limit dengan limit BDN Normal. Sisa artikel untuk konten cap 70 hanya tersisa Skill Tree Expansion, mungkin dalam 2-3 hari ini akan saya release.
THINGS YOU SHOULD KNOW...
Minimal member adalah 1 dan maksimal member adalah 4 di dalam satu party.
Damage para monster sama dengan damage asli BDN, namun dengan HP yang lebih sedikit. Mungkin sekitar 40% - 50% aslinya.
Sejak November 2014, Publisher DN SEA memutuskan untuk tidak memberlakukan limit ressu di semua nest termasuk BDM. Ressu menggunakan blue / red heart. Namun kebijakan ini tidak berlaku di BDN Normal dan Hardcore Mode dimana anda mati berarti anda out of the game. Kebijakan ini terbukti baik dan menghilangkan diskriminasi di nest DDN HC / AON / BDM bagi pemula. Asalkan ada ressu banyak, maka tidak ada masalah.
Ketika BDM berakhir, di screen tiap player akan ada pemilihan kotak dari empat kotak yang tersedia. Salah satunya adalah kotak emas. Di BDM I dan II kotak emas tersebut berkemungkinan untuk mendapatkan satu ...Essence of Life ( dafuq! ) / Black Dragon Scales ( Bahan Armor Uniq ) / Key BDM III / Key BDN Normal. Untuk BDM III, isi kotak emas sama dengan BDM I dan II namun berkemungkinan juga mendapatkan Black Dragon Fury ( Bahan senjata Uniq ).
Ketika BDM I dan II berakhir, akan ada box dan tiap player akan mendapatkan 1 BD Scales. Tidak perlu khawatir karena tiap Scales memiliki nama pemiliknya sehingga tidak ada roll untuk memperebutkannya.
Akhir dari BDM III , akan ada dua box. Satu box berisi scales, satu untuk tiap player dengan nama masing-masing. Lalu satu box lagi berisi satu Fury untuk tiap player dengan nama player tertulis di Fury tersebut.
Sekedar info, Scales digunakan untuk membuat BDN Uniq. Yaitu Kepala ( 16 ), Upper ( 27 ), Lower ( 23 ), Tangan ( 7 ), dan Sepatu ( 7 ). Fury digunakan untuk membuat BDN Uniq yaitu Main Weapon ( 33 ) dan Secondary ( 22 ).
Disini saya hanya akan memberikan beberapa info-info penting mengenai BDM, selebihnya sama seperti guide BDN. Are you ready?
Mekanik dan pergerakan Ogre sama persis dengan BDN Normal.
Ketika Berlin mati, untuk transfer darah membutuhkan 400K HP.
Setelah Ogre mati dan menghancurkan segel di gerbang Saint Haven, HP dan MP akan penuh kembali.
Mekanik dan Skill Fire Mino sama persis dengan BDN. Kecuali mekanik Bubble. Empat orang di party akan mensummon Bubble di arah jam 12 / 3 / 6 / 9. Semakin berkurang jumlah orangnya, maka bubble dari jam 9 / 6 / 3 akan hilang.
Tidak ada line up wajib disini, bahkan solo memorial pun bisa. Namun sangat direkomendasikan membawa class yang bisa remove berserk. Misalnya Merce dan Engineer. Destroyer atau Gearmaster sangat saya rekomendasikan. Berserk mode Fire Mino di x2 membuat semuanya terlihat one hit KO.
Contoh video memorial I no death. Jangan ditiru kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Bersama party berisi 4 orang jauh lebih baik.
Ketika solo atau di list party hanya ada anda, maka bubble hanya ada di jam 12 peta. Ini berlaku juga ketika ada yang dc ketika mekanik bubble dimulai. Hitung jumlah membernya dan atur ulang posisi player di bubble!
Ketika hanya ada 2 orang di party, termasuk yang dc.
Sangat recommended membawa class yang bisa remove berserk.
Mekanik Shadow Punisher, waktu maksimal kill keduanya adalah 30 detik. Dengan batas waktu 5 detik setelah Shadow pertama mati. Anda bisa menugaskan damager tier atas seperti Gearmaster ataupun Raven untuk solo shadow dan sisanya mengeroyok Shadow lainnya. Bisa pula memakai formasi standard 2 orang di A dan 2 orang di B. Tergantung selera party leader.
Mekanik Wisp dan Cannon, biasanya yang menjadi Aggro adalah Elestra atau Swordsman. Provoke Paladin tembus invis Punisher dan Laser Black Hole tembus invis Punisher juga. Tugaskan pekerjaan kasar ini ke Paladin apabila ada, kalau tidak ada bisa menugaskan Destro / GM untuk melakukannya. Atau apabila anda cukup percaya diri dengan skill menghindar Elestra dan Swordsman anda, biarkan mereka menikmati saat-saat bahagia bersama Punisher tersebut.
Setelah Punisher mati, HP dan MP akan otomatis penuh kembali.
Jeda antara bola hitam Golem ke bola hitam selanjutnya adalah 90 detik. Di BDN 60 detik.
Ini salah satu video memorial jaman jebot, stage Punisher Meluka.
Golem Nyahahahaha
Oke jujur saja, di phase ini kegunaan map tidak efektif. Map berbentuk tidak beraturan dan Posisi Cannon / Wisp berada di posisi aneh untuk menyebutkan arah jam.
Kalau komplain gambarnya jelek okelah saya terima @_@. Paling mudah adalah mengandaikan Cannon adalah arah jam 6, maka semuanya menjadi mudah. Wisp akan tersebar di jam 1 / 5 / 7 / 11. Portal berada di arah jam 12. Tempatkan damager kelas berat di posisi bersilangan, sehingga mereka bisa membantu Wisp terdekat ketika class low damage mengisi spot tersebut. Misal di party ada GM, Raven, Light Fury, Elestra. Tempatkan GM di 1, LF di 5, Raven di 7, dan Elestra di 11. GM bisa bantu Eles dengan cepat, dan Raven bisa bantu LF dengan cepat. Class yang mendapat aggro bisa meninggalkan postnya dan meminta bantuan class damager untuk hit posisi wisp miliknya.
Hijau adalah titik start. Rute Barikade es ini paling aman namun tidak efisien dalam free hit setelah barikade. Waktu banyak dihabiskan untuk berjalan , ketika sampai di titik akhir... si Golem sudah hampir selesai Ice Beamnya. Gunakan strategi ini apabila damage party anda low.
Sama seperti gambar sebelumnya, ini strategi jalur barikade ketika damage party low.
Strategi barikade untuk damage party medium
Strategi barikade untuk damage party medium
Damage party anda tinggi? Banyak anak juragan minyak di party anda? Pakai jalur ini. Bisa memberikan anda waktu free hit lebih banyak daripada jalur lainnya.
Sama seperti di atas, untuk damage party yang tinggi saja.
Pembagian team untuk di cakar kanan dan kiri bisa dibatalkan, karena maksimal member hanya 4 orang dan tidak terlalu berbahaya untuk Rain di Naga.
Tugaskan healer untuk lure bishop ke arah jam 12. Atau anda bisa tugaskan orang lain. Apabila memiliki Artillery, anda bisa tugaskan dia untuk lure bishop. Karena kebanyakan serangan Artillery tembus target dan uncontrollable.
Tugaskan damager party atau yang paling handal dalam one on one dengan Punisher untuk membuat HP punisher sekarat. Pancing Punisher ke arah jam 6.
Dua orang tersisa, tugaskan untuk mengisi jam 3 dan 9 untuk patroli kill Ice Mage.
Paladin Spawn, segera kill Punisher dan kill Paladin setelah Punisher tewas. Berlindung di aura Paladin agar selamat dari ledakan Bishop.
bertanya tentang memo 2 : pas di wisp kan ada 4 nah apakah saya boleh langsung hit dari tengah pake Halfmoonslas EX ?
ReplyDeletebisa, asal posisinya tepat
Delete