Eight Man Party : DDN's Advance Strategy ( Update 8 Maret 2014 )


   Yahallo! Kali ini saya mengupdate strategy untuk party dengan gears di atas rata-rata. Semua strategi ini bukan copy paste dan sudah diterapkan pada party yang saya ikuti. Saya tidak ingin rasis, jadi saya coret kalimat tadi. Silakan party dengan gears apapun untuk mencobanya. Saya sertakan detail strategi dari attack booster sampai damage reduce. 


    Saya tulis apa adanya di artikel ini tentang segala taktik yang saya tahu, harapan saya para pembaca dan calon party leader bisa mengambil ilmu dari artikel ini. Kali ini saya update di bagian golem Kajiff dan beberapa part di phase naga. Kalau ada job yang tidak saya sebutkan atau job yang tidak laku, saya tidak mau menghibur anda. Karena saya tulis dengan apa adanya, apabila job tidak disebut maka memang tidak pernah memakai job itu. Saya akan berusaha tulis review tiap job yang ada di line up DDN dengan harapan kalian bisa tanya jawab dan diskusi langsung dengan penulisnya ( meskipun orang luar dan berbahasa Inggris ). Sehingga kalian bisa bermain layaknya expert player ketika pekan-pekan awal DDN. Kritik / pertanyaan / hujatan bisa ditulis di kolom komentar atau apabila private bisa chat FB vintagevant@gmail.com atau whatsapp +6281252635695.

  
    Perlu anda ketahui ketika membentuk party, adalah strategi dasar line up. Sebuah party Raid memiliki strategi dasar sebagai berikut :



DAMAGE BOOSTER

Strategy Party dengan damager phisical :

  1. Armor Break 35%
  2. Provoking Slam 50%
  3. Bulls Eye 30%
Disini kita lihat boosting damage normal ( selain ice stacking /santet/ dance ) total 115%. Karena damage maks 100%, Gladi dan Sniper bisa melepas acc Bulls Eye / Provoking Slam dan menggantinya dengan acc set FD atau lainnya. Strategi ini efektif apabila damage dealer anda type physical attacker. Contoh Line Up :
  1. Guardian
  2. Saint
  3. Engineer
  4. Gladi
  5. Sniper
  6. Spirit Dancer
  7. Acrobat
  8. Elestra
Dalam strategy seperti di atas, FU adalah optional. Anda bisa mengganti Sniper dengan FU apabila memaksa.

Strategy Party dengan damager magic :
  1. Provoking Slam 50%
  2. Bulls eye 30%
  3. Mirror 35%
Seperti diketahui, apabila damager anda bertype magic misalkan Artillery dan Elestra Full FD untuk memaksimalkan damage output perlu membawa FU untuk mirror. Contoh Line Up :
  1. Guardian
  2. Gladi
  3. Saint
  4. Engineer
  5. Artillery
  6. Elestra
  7. Smasher
  8. Acrobat
Dalam strategy di atas, anda bisa memaksa masuk Spirit Dancer dengan mengganti slot Engineer. Resikonya tentu anda kehilangan sub-DPS terbaik dan reduce damage terbaik di party. Juga kehilangan 1 movement booster, rentan apabila Acro mati. Ada pula dengan mengganti smasher namun dengan resiko magic damage booster turun menjadi 80% dari Bulls Eye dan Provoking Slam.



REDUCE DAMAGE

Satu-satunya damage reduce di party adalah Trans Damage 55% dan Mecha Bomber 30%. Semuanya dari Class Engineer. Untuk Miracle relic, dikeluarkan di saat tertentu.


MOVEMENT BOOSTER

Anda membutuhkan movement booster untuk strategi mekanik party. Yang bisa menyediakannya hanya ada 2, yaitu Acrobat dengan Spirit Boost dan Engineer dengan wax. Kelemahan wax adalah durasi boostingnya hanya 5 detik sedang SB 14 detik ++. Namun wax memiliki cooldown yang jauh lebih cepat dan dapat digunakan untuk disable mini manticore.



STRATEGI PARTY

Flying Ship :
  1. BT / FF / SB ketika awal mulai, keluarkan apa yang anda bisa. Jangan terlalu ngotot Medusa dibawa ke salah satu sudut. Cukup pertahankan dia berada di tengah dan biarkan party hit medusa.
  2. Ketika dead knight ahmad summon 2 skeletal mino, dancer cast Dark Elf Dance dan FF + SB segera.
  3. APAPUN YANG TERJADI, FOKUS HIT DEAD KNIGHT AHMAD DENGAN SEGALA YANG ANDA PUNYA. PASTIKAN PASOKAN GF DAN TD LANCAR. Seharusnya party dengan gears di atas rata-rata mampu membunuh Dead Knight sebelum 10 detik lizzard habis.

Gurun :
  1. Satu orang click kura-kura di tempat spawn agar tidak ada cutscene.
  2. Ketika bubble guardian masih ada langsung lari ke arah Spitflower Ignis sebelum durasi bubble habis. Spitflower Ignis berada di sebelah kanan tempat spawn di gurun.

Flower Ignis :
  1. Cast GF + TD ketika Ignis Spawn. FF langsung, no SB no wax.
  2. Masuk x2,5 stop hit. Tunggu lava 1 map keluar dan cooldown FF selesai.
  3. Setelah no 2 selesai, hit lagi bunga sambil menunggu Magma Wave - Ex dan stop apabila mencapai x2,2.
  4. Ketika magma wave - ex keluar, semua member berkumpul di belakang Ignis dan cast FF + GF + SB + Skill beku 2 layer. Perintahkan untuk all out menyerang.
  5. Apabila tidak bisa KoS dan bunga berserk ( cast meteor ), perintahkan party minum invicibility elixir. Hit sampai KO setelah selesai meteor.

Kembali ke Gurun :
  1. Party langsung menuju Manticore, MT menuju oase mencari Grim Reaper dari boss stage yang mati untuk menumpuk Bubble.
  2. Perintahkan setiap member party memilih spot "kotak" di manticore sebagai tempat dia berlari ketika photon missile dan tracing tornado. Sembari menunggu MT selesai mencari bubble.

Manticore :
  1. Kumpul di depan patung, cast GF + TD ketika click patung manticore.
  2. Ketika manticore turun, cast MR + FF di dekat manticore. Member party berkumpul dekat MR dan cuek segala macam damage manticore hingga MR habis.
  3. Lari-lari di kotak spotnya ketika manticore terbang dan cast photon missile.
  4. Ketika cast tracing tornado, Acro cast SB dan player berlari ke spot masing-masing. TD di cast ketika manti baru turun dari terbang. Kecuali x2, TD tahan tunggu aba-aba KoS.
  5. Manti x2,5 stop DPS dan biarkan manti terbang. Setelah turun, tunggu manti keluarkan tracing tornado. Setelah tracing tornado keluar, cast GF + TD + FF+ MR lalu hajar manti sampai mati. Cuek segala jenis damage.

Gurun :
  1. Langsung ke Oase heal HP MP lalu langsung menuju Scorpion.
  2. Buff semua player dekat patung Scorpion, DPS berkumpul di tanah agak tinggi dan cast TD. MT menunggu di spot spawnnya Scorpion. Priest click patung.


Scorpion :
  1. Awal spawn, mesti akan cast charge. DPS member dan Priest ada baiknya menunggu dekat tempat patung di click pada awal-awal.
  2. Setelah Scorpi charge, segera FF dan hajar habis-habisan.
  3. Party leader menentukan bunga mana yang menjadi patokan ketika ganti bar. Wax di detik ke 4 atau 3 sebelum habis hitung mundur apabila susunan bunganya berbentuk kotak / wajik. Wax juga apabila ada teman telat bergabung akibat sadar salah posisi.
  4. Spirit Boost harus selalu ready ketika Poison Prison ( PP ).
  5. Ketika PP, cast GF + SB. Seharusnya anda tidak akan ada masalah menembus dinding tipis langsung dengan GF + SB. Priest stay dalam prison untuk detonate, jaga-jaga apabila ada member gagal lolos prison. Timing detonate bisa mencontoh video disini. Dan Engineer diwajibkan cover dengan combo Mechabomb + Trans Damage . Triknya ada di artikel guide Shooting Star part IV : Desert Dragon Terminator. Dengan back up engineer, maka apabila priest gagal detonate maka Priest masih bisa selamat.
  6. Wax ketika poison floor + Whirlwind di last bar.
  7. Sehabis PP last bar, cast GF + FF + TD + LS+Mechabomb langsung hajar scorpi habis-habisan. Apabila whirlwind, segera kabur dahulu.
  8. Langsung menuju worm ketika selesai.


Worm :
  1. Ketika worm pertama kali muncul di tengah map pertempuran, Engineer pasang tower di bawah Worm
  2. Worm pasti akan Stomp ketika spawn pertama kali, sebelum ancang-ancang stomp FU cast FF dan Dancer cast Dark Elf Dance.
  3. Setelah lompat dari stomp, hajar kepala worm sampai kapok.
  4. Apabila tidak habis bar kepalanya, tunggu worm stomp lagi atau dia summon pillar. Setelah summon pillar, tunggu di pillar tengah lalu ledakkan.
  5. Ketika pillar sandpit masih di atas 50% dan ada member memaksa hit di dekat mulut worm, maka akan terjadi bug. Usahakan semua member party disiplin dan dapat menjaga posnya masing-masing.
  6. Biasanya apabila bar HP worm di sekitar x2 dan worm jatuh ke tanah akibat bar kepala habis, ketika hendak mati di sekitar x0,1 ~ x0,3 worm akan bangun kembali. Apabila FA di cast sebelum bangun, maka worm bisa langsung "CUT" dan KO. Berlaku pula untuk Splash.
  7. Langsung ke Golem Kajiff


Golem Kajiff :
  1. Tempatkan segitiga FU persis di depan Golem, sehingga ketika curse dan cast FF semua member party bisa terkena FF. Pertama spawn Golem segera FF.
  2. Dua patung terakhir di biochem agar empuk. Splash dipakai untuk patung 2 / 3 / 4, jangan dipakai untuk patung 1 ( Ignis ). Splash dapat menghilangkan 80% HP patung instant. Dua ultimate yang bisa menghancurkan patung dalam sekali cast yaitu Edge ( Acrobat ) dan Sky Line / Horizon ( Engineer ).
  3. Urutan patung untuk dihancurkan adalah Ignis > Worm > Manti > Scorp. Debuff double damage dan buff kita terkena double damage sangat dibutuhkan untuk KoS.
  4. Selesai Scorp hancur langsung FF, dance part II, lalu hajar dengan semua yang anda punya. Apabila gears anda mencukupi harusnya bisa langsung take down Kajiff dari x3.


Dragon Phase I :
  1. Cast TD di EOL kedua sebelum terakhir, taruh alpedo di EOL kedua sebelum terakhir tanpa stomp aktif.
  2. Semua player berlindung di EOL terakhir dengan TD ON dan LS ON. Alpedo berada di EOL yang meledak. Ketika ada tulisan EOL meledak dan alpedo mati, segera pindah dari EOL terakhir dan berlindung dahulu dari naga.


Dragon Phase II :
  1. On kan terus Elemental Aura +1
  2. Selalu drop cure di depan cakar kiri naga sehabis Flame Prison.
  3. Tempatkan Main DPS dan Sub-DPS terbaik anda di area tangan/kaki kiri naga ketika mekanik mengclick EOL. Hal ini dimaksudkan agar setelah click EOL, mereka bisa langsung cast skill damage ke naga atau persiapan daripada berlari ke depan naga. Misal Bowmaster / Engineer.
  4. Tempatkan Acro untuk click EOL paha kanan naga. Apabila acro mati, tempatkan Gladi. Apabila Gladi mati, tempatkan Engineer.

Dragon Phase III :
  1. Tunggu di arah jam 1, orang yangg terkena mata lari searah jarum jam.
  2. Selain Saint / MT / Eles / FU hajar Scorpi hingga 15% - 20% dan stop tunggu aba-aba manti meledak. Saint / MT / Eles / FU membantu disable Manticore. Engineer bolak balik wax manti, lalu DPS scorpi, wax ulang ketika selesai.
  3. Apabila manti offside dan mengejar orang yang kena mata, MT dan Engineer wajib mengejar manti. Wax / Provoke Manti. Apabila waktu mepet, Engineer saja yang mengejar dan kembali ke lokasi Scorpi dengan cepat menggunakan Wax. Ingat, disini Engineer yang saya maksud memiliki HP ekstrem. Apabila HP engineer anda "oplosan" alias di bawah rata-rata jangan ditugaskan untuk hal ini karena terlalu berbahaya.
  4. Kalau orang yang terkena mata suka lag, ketika Scorpion spawn segera pakai Invis Potion. Biasanya ketika manti spawn akan terjadi freez gila-gilaan. Invis pot bisa selamatkan anda dari tornado yang mengejar selama durasi invis aktif.
  5. Skill yang bisa disable total manti : Wax / Binding relic + Holy Bolt / Gravity Ascencion / Gravity Trap + Ice Tower / Time Stop / Beku.

Dragon Phase IV :
  1. Ele Aura level max +1 membantu mempercepat ADAD lepas dari binding stomp.
  2. Tiga skill yang instant untuk melepaskan Sand Binding. Yaitu Biochemical Missile / Divine Avatar / Triangle Shot. Selain itu utamakan menggunakan Manticore Gravity Ball. Nine Tail Laser - Ex dapat mengurangi bar HP binding sekitar 70%.
  3. Ketika masuk phase IV, MT bergabung dengan member party di cakar sebelah kiri naga. Mengapa? Agar ele aura kena ke seluruh party dan party dapat bebas dengan cepat dari binding stomp naga.
  4. SB harus ready untuk EOL x9,2 hingga x5.
  5. Rotating Sand Breath ( RSB ), apabila menggunakan wax berlari outer dahulu hingga wax habis lalu pindah inner ketika wax habis. Apabila tanpa wax, lari di area inner terus. SB jangan dipakai untuk mekanik RSB, SB lebih berharga dipakai untuk hit naga. Apakah harus wax atau tidak? Saya sarankan memakai wax, mengapa? Ketika dalam keadaan wax ON anda lari dan terkena tornado langsung knockdown, anda masih bisa selamat apabila langsung mengubah jalur ke inner saat itu juga. Namun apabila tanpa wax, sekali anda lari di inner dan knockdown maka hampir dipastikan anda akan mati. GF harus selalu siap di cast ketika RSB.
  6. Fucked up dan lag ketika RSB, minum invisible potion!



TAKTIK KOLOM PARTY RAID

Disini anda tidak perlu menjelaskan posisi orang-orang ketika di Flying Ship dan click EOL naga. Cukup bilang perhatikan kolom. Anda bisa set posisi kolom orang-orang di O --> Party ---> Edit. Taktik ini bisa juga diterapkan di party dengan gears standard. Namun saya tekankan, untuk posisi job yang menghandle EOL daerah Ekor harus memiliki HP yang benar-benar ekstrim karena rawan tebasan ekor.

Lihat baik-baik kolom. Diandaikan tiap lizzard dijaga 2 orang. Maka dari kolom party di sebelah kiri layar bisa ditarik kesimpulan : Mehlab ( WW ) dan Ryu ( Guardian ) kiri atas | 5113 ( Artil ) dan hands ( Saint ) kanan atas | Lueen ( Eles ) dan Raventz ( Gladi ) kiri bawah | Sarcast ( Sniper ) dan ZCune ( Wahaha ) kanan bawah.

Ketika semua member masih hidup biasanya posisi kolom seperti di atas. Diandaikan kita melihat naga dari atas langit dan naga menghadap ke arah bawah layar. Maka PplChamp ( gladi ) dan ZCune ( wahaha ) bertanggung jawab atas EOL area paha kanan sampai ekor. Saya bagi tugas dengan gladi, kalau EOL dekat dengan ekor maka dia yang berangkat, kalau dekat paha kanan saya juga akan bantu dengan wax. Mengapa menempatkan Gladi di ekor sebelah kanan? Gladi adalah job tercepat di party dan party hit naga dari area cakar kiri sehingga posisi ini paling jauh. Mehlab ( WW ) dan 5113 ( Artill ) dibebankan paha kiri sampai ekor. Tentu mereka sepakat bahwa area dekat ekor sudah wewenang WW karena Acro adalah job tercepat kedua di party. Suzu ( GM ) dan Solid ( saint ) tangung jawab area tangan kanan dan kepala. Hands ( Guardian ) dan Tobi ( Spirit Dancer ) tanggung jawab tangan kiri dan kepala. Kita tidak perlu panjang lebar menjelaskan posisi masing-masing, party leader cukup bilang " formasi kolom".

Plan B, bagaimana apabila Gladi mati? Lihat posisi kolom di atas! Mehlab ( WW ) langsung mengambil posisi ekor kanan. Dan saya mengambil posisi Mehlab sebelumnya di ekor kiri. Mengapa? Engineer adalah job tercepat ketiga di party. Karena waxnya MINIMAL kena ke dirinya sendiri. Tetap, ekor kanan harus diberi bantuan 1 orang untuk jaga-jaga ( Lueen ). Artil 5113 diberi posisi "santai" di tangan kiri agar dia fokus hit naga setelah click EOL. Sedang saya masih kerja rodi lari dari ekor belakang ke depan dan berdoa tidak terjadi tebasan ekor.


Semoga apa yang ditulis ini bisa memberi manfaat bagi semua. Good Luck di DDN!

Comments

  1. Jika engineer termasuk dalam 3slot sisa, itu artinya party tanpa job engineer masih bisa melakukan guide-nya ?
    Bagaimana keadaan party yang movement speed-nya hanya di boost oleh SB dan FF? sedangkan CD FF dan SB tidak secepat wax. mohon pencerahan ^^

    # ALN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 1 atau 2 party yang tidak membawa engineer sepengetahuan saya dan ketika saya tanya, jawabannya simple.
      1. Jangan sampai gagal detonate di PP
      2. Jangan sampai kena mini tornado di RSB naga.
      3. Sm dan Acro jangan sampai ada yang mati sampai x5 naga.
      Line up partynya : Guardian - Saint - Spirit Dancer - Artillery - Tempest - Gladiator - Elestra - Smasher. Kalau enggak salah Tempest + Gladi + SD Full FD dan expert player.

      Delete
  2. Jujur, sebenarnya apa yang ada di guide-guide luar adalah strategi umum. Tiap job memiliki trik-trik di DDN namun untuk kalangan pribadi atau teman dekat saja tanpa mau share. Apabila setiap job, yang berpengalaman di DDN mau membuat seperti [ Guide Part IV ] Shooting Star : Desert Dragon Terminator saya yakin DDN akan mudah bagi semua player dan team. Oleh karena itu saya sarankan bagi yang merasa sudah selesai DDN ( bukan penumpang gelap ) marilah duduk bersama, buat guide jobnya di DDN. Tidak masalah yang belajar dari SEA atau INA, yang penting ilmu disebarkan dan tidak ada yang kesulitan di DDN kelak.

    ReplyDelete
  3. invicibilyty Exilir di DN indo belum keluar apa beda nama -_-
    Keknya engga ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elixir di DDN drop dari deceptive stronghold ( DS ). Bisa anda buka file-file lama di blog mengenai DS.

      Delete
  4. tapi saya liat di beberapa video DDN clear di youtube,rata-rata party tidak membawa FU,malah membawa 2 acro,itu kenapa ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis di atas, kelima job wajib itu mesti ada. Dan 3 slot sisa... termasuk FU harus berjuang. Untuk party dengan gears di atas rata-rata, kebutuhan akan adanya FF tidak dirasa sangat perlu. Kalau strategi dua acro, saya pernah melakukannya juga. Tujuannya agar waktu party hampir full SB dalam pertempuran. Not Bad. Namun sekali lagi, meski komposisi jobnya agak terasa aneh namun kemampuan mereka di atas rata-rata.

      Delete
  5. bang daniel itu kok sniper diatas arty, ada penjelasan gag saya yang pake snip agak besar kepala nih 0:)

    ReplyDelete
  6. Tidak ada maksud lain, itu semua sama dalam posisi party dengan gears "WAH". Anda hanya bersaing siapa yang memiliki gears paling wah. Namun memang dalam party "standard" artillery lebih dipilih karena damagenya lebih stabil daripada sisternya.

    ReplyDelete
  7. hehehe menurut saya emang gitu bang daniel, mungkin karna saudari saya lebih fokus ke satu target jadi damagenya lebih stabil. Tapi soal aoe kan lebih besaran snip ya, hehehe sniper menang di AOE kalo artil menang di damage bukan begitu? CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal AoE itu akan benar adanya ketika cap 70, dimana arrow shower - ex sudah tidak masuk akal damagenya. Banyak eksodus Artil besar-besaran ke sniper ketika cap 70 karena beban mengejar critical max dirasa sangat berat apabila dalam posisi artil. Sniper? She will always stay like that, one of the best main damager in DN ( before the assassin's nation attacking )

      Delete
    2. cuma masalah di crit ya om??? klo critical bisa max masih menang mana itu artillery vs sniper?

      Delete
    3. nanti dalam 3-4 hari ada skill review cap 70 dari artillery, orang malaysia yang tulis. Nanti dijelaskan apa saja minus dan plusnya dibandingkan sniper. Semoga membantu

      Delete
  8. Om daniel saya baru main DN nih, masih level 10 skrg baru bikin jadi cleric, nah kan ada dungeon yg ngelawan musuh yg bisa ngeheal gitu tuh, itu cara biar dia berhenti ngeheal gimana ya? musuh level awal yg bossnya pake topeng baju warna merah gitu, saya diemin darahnya nambah terus, dihit jga gitu malah makin deres nambahnya, itu caranya bagaimana ya strategi melawannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini nih... jawab nil - rome

      Delete
    2. Itu kalau enggak salah di Marian Shrine. Itu ada monster kalau enggak salah Orc Shaman atau Orc healer ( versi sini ) yang terus memberi heal. Incar monster itu dahulu sebelum menghajar yang lain. BTW newbie jangan coba char cleric dahulu. Saya sarankan Sorce / Warrior / Tingker

      Delete
    3. oh jadi mnding bkin char Sorce/Warrior ya om, prtama2 sih tertarik bikin sorce tapi yg tipe api tuh, pyromacer, tapi stelah ane baca2 di blog om daniel nih rata2 dibilang susunan partynya tuh pada gak butuh pyromancer, rata2 butuh cleric gitu makanya saya coba bikin cleric nih, ada saran lain gak om slain pyro nih kira2, cryo, smasher atau majesty gitu yang bisa buat nambah pngetahuan lebih di DN nih?

      Delete
    4. cryo / smasher / gearmaster bagus buat newbie. Saya sarankan gearmaster

      Delete
  9. nanya bang knp MC gk dibawa DDN ?
    truss kalo gladi ganti LK bsa gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Role Merce di Raid : Support ( Howler / Warcry )
      Meskipun di boost, damage merce masih dibawah kelas sub DPS macam Shooting Star / Gearmaster / Acrobat pada raid party. Fungsi Merce di party :
      1. Super Armor ( PH )
      2. Buff attack ( bukan damage ) dan critical ( bukan persenan ) dari BH
      3. Reduce damage party

      Sedang 3 fungsi di atas bisa digantikan :
      1. Guardian, memberikan super armor hampir nol cooldown dan instant cast. Guardian juga berfungsi sebagai main tanker.
      2. Buff attack dan critical sudah dipenuhi oleh kelas Bowmaster dari Bulls Eye 30% dan Owl Eye 20%. Jauh lebih efektif dari Battle Howl.
      3. Reduce damage dari mechabomber -30% dan Trans Damage -55% dengan party full SB cooldown 2 skill tersebut hampir full buff. Engineer berada di top sub-DPS dan support ice stacking.

      Dari hal-hal di atas, maka party leader lebih condong untuk membuang pilihan Merce dalam slot Raid 60. Bukan karena diskriminasi, namun untuk efisiensi.

      Delete
    2. Dalam party modern, melakukan KoS last bar sangat penting untuk menghindari adanya member meninggal yang tidak perlu. Party Leader yang cerdas, lebih memilih efisiensi daripada relasi. Ada 3 job yang sangat penting dalam proses KoS. Yaitu Spirit Dancer / Gladi / Shooting Star. Gladi dan SS sangat efektif dalam FF mode sehingga dapat "burst" damage secara efisien ditopang ice stacking / dance / luring / armor break. Saya tahu komentar saya banyak memancing kontroversi, namun marilah kita pakai otak kita secara benar. Tiket anda terbatas 6x seminggu dan tidak bisa ressu, apakah anda akan mengambil resiko untuk menjalani last bar tiap stage DDN ? Ataukah anda lebih memilih line up untuk KoS last bar agar tidak banyak jatuh korban. Ingat, DDN di server anda kurang dari 2 bulan. Waktu semakin mepet dan buatlah keputusan cerdas. Semua info yang anda butuhkan sudah saya sediakan di blog. Tinggal eksekusi saja.

      Delete
  10. Majesty cap 70 apakah switch gravity damagenya lebih gedhe datopada ultinya salena alias pyromance?dan enak gak juat raid nest.,mohon pencerahannya tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Majesty salah satu fenomena di Korea setelah Boosting. Beberapa data dari Half Sugar menyebutkan damagenya setara 2x FA Gladi. Dan salah satu job yang digadang-gadang rising starnya cap 70, dimana raid tidak memiliki resist elemen. Well karena BDN baru kelar pertama kali di Korea beberapa hari lalu, kita mungkin berharap ada team dan video dimana Majesty ikut serta.

      Delete
  11. tq pencerahannya ..2x FA gladi..?
    Maaf BDN pertama kali kelar di korea.itu line up party bwa apa aja.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar 2x FA gladi... enggak masuk akal kan? 0.o~

      Guardian - Saint - Raven - LF - Gladiator - Tempest - Elestra - Spirit Dancer

      Delete
  12. bang, untuk DDN ini kan dibilangnya itu Acro doang, tpi kalo mnurut bang daniel sendiri kalo acro mendingan Tempest or WW ya?

    ReplyDelete
  13. Jika DarkSummoner masuk, job apa yang bisa diganti?

    ReplyDelete
  14. Apakah disini Job GM Berguna mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ketika 60 ( SS - attack 24K )bisa kill 1 lizzard di flying ship kurang dari 3 detik, bisa take down 1 patung kajiff dengan cepat. Lalu ketika 70 saya ganti job GM ( attack 31K polos ), membunuh 1 lizzard di flying ship butuh waktu hampir 10 detiik dan semua skill ready, untuk patung di kajiff saya hanya bisa taruh tower dan keluarkan semua skill tidak satupun patung hancur dengan cepat. Anda bisa ambil kesimpulan dari pengalaman saya. Saya tidak mau merendahkan siapa-siapa, saya tahu GM " di atas kertas " job DPS yang bagus. Silakan anda nilai sendiri.

      Delete
  15. om daniel, char saya WW kira-kira yang dibutuhin attack power+Hp minimal berapa ya buat DDN :D
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20K attack, 350K HP , dan Def Phsical 40% saya kira cukup untuk normal mode.

      Delete
    2. terima kasih om daniel :D
      kalo boleh tau, saya juga punya char cryo, cryo itu accecorisnya lebih bagus opsi element attack/full int
      kalo menurut temen saya lebih bagus int, kalo menurut kaka gimana?
      terima kasih

      Delete
    3. Element attack. Karena bonus damage dari element attack bekerja seperti FD. Sedang menaikkan Int impactnya ke raw magic attack dan masih di mix dahulu dengan perhitungan damage. Mungkin yang kerasa dari build int adalah max MP yang naik. Namun di DDN tiap 1 stage selesai kita bisa ke Oase untuk heal HP MP. Kesimpulannya, pilih elemen attack.

      Delete
    4. numpang nanya ka, char saya windwalker sudah pakai intermediate 60 life tetapi darah nya masih 260k, bagaimana ya solusinya?

      Delete
    5. Epic +10 / 2 GDN L / acc DD 1 set ( ring vit 122 ) / 3rd VIT dan attack power

      Delete
  16. untuk guard stat minim gmn om ? hp mp def mgcdef phyatk mgcatk nya brp ?
    trus untuk skill earring, mending armor break +1 / aura of heal +1 ?
    trus untuk fd guard 0 gpp ?
    thanks b4 :)

    ReplyDelete
  17. HP MP rata-rata party saya 450K, tapi kebanyakan 600k++. Def mencapai 80% lebih sudah lebih dari cukup. Untuk earring lebih baik heal+1. Untuk attack guardian, saya kira berapapun tidak masalah. Damage dari guardian adalah bonus bagi party.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas daniel ^^
      oh iya, untuk acc ring mending tunggu unique lvl 60 dari dragon expe untuk dn ina atau skill ring ?
      thx b4 :)

      Delete
    2. Skill ring untuk Guardian. Aahaha maaf belakangan jarang update artikel karena sibuk leveling dancer =D

      Delete
  18. izin share blog bang daniel di fp DN facebook :)

    ReplyDelete
  19. numpang nanya om,kalo inqui masuk gpp kan? soalnya saya liat di YT ada yg pake inquii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir 50% run saya dengan inquisitor. Namun hanya 1 yang jadi masalah yaitu AoE healnya yang terbatas. Bisa ditutup dengan memberi pengumuman tiap healing relicnya drop sehingga member yang butuh bisa mendekat.

      Delete
    2. ohh, brarti kalo mau nge sumon heal relic harus command dulu biar yg lain deketin heal relic gitu kan??
      brarti harus rajin" pake macro chat dong

      Delete
    3. Ya, saya kira tidak ada masalah. Baik saint sekalipun minimal F1 ketika summon healing relic.

      Delete
  20. bang Daniel mau tanya dong, kalo enginer sendiri ke untungannya apa ?
    debuff enginer apa aja ? terus kira kira apa MC bisa gantikan enginer ?
    terimakasih bang Daniel, maaf pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi Engineer di DDN :
      1. Booster movement party
      2. Reduce damage monster
      3. Reduce element resist monster.
      4. Reduce critical resist monster.
      5. Support ice stacking
      6. Sub - main hitter terbaik di party
      7. Disabler phase mini manticore naga.

      Pertama dari segi kemampuan merce yang hendak dibandingkan, adalah reduce damagenya dari howl. Sedang merce tidak bisa menggantikan fungsi lainnya Engineer. Beberapa mekanik DDN membutuhkan movement booster, keberadaan engineer di party juga sebagai plan B apabila acro mati dimana Merce tidak bisa menggantikannya. Dari segi damage juga kalah, engineer berada di sub-hitter sedang Merce berada di posisi nuker dan support. Merce bisa menggantikan slot FU di party. Namun tentunya party siap dengan resiko kelihalangan BT/FF.

      Delete
  21. Mendingan bawa fu / dancer / SS dalam komposisi party soalnya bawa mercenary

    ReplyDelete
  22. jika slotnya seperti ini bang? cryomancer,guardian,shootingstar,saint,smasher,destroyer,gladiator,altilery ga ada job acro soalnya di teamnya cuma ada itu gear attack power atau magic attack diatas 20k semua. & komposisi seperti itu bisa ga untuk dijalanin?

    ReplyDelete
  23. Kenapa Merce tidak di bawa di DDN, tolong pencerahannya
    #Trimakasih

    ReplyDelete
  24. bang kalo MT(Guardian) minimal HP & MDEFF nya brp?

    ReplyDelete

Post a Comment