Menyusun timing skill di bawah Beyond Time / Fast Forward


Yahallo! Berjumpa kembali dengan omong kosong saya yang lain ( eitss becanda laaah ). Kali ini kita akan membahas mengenai timing skill kita ketika dalam pengaruh beyond time ( BT ) atau Fast Forward ( FF ). Agar lebih familiar, selanjutnya saya akan menyebut BT agar mempermudah penulisan ( dan menghemat jari saya agar tidak capek =D ).

Sebegitu pentingnya kah topik ini?  Kalau saya katakan, ya! Sebelum masuk inti pembicaraan, ada baiknya kita melihat kenapa kita merekrut Force User :
  1. Party membutuhkan BT untuk fast cooldown, terutama di momen krusial.
  2. Force Mirror memberi bonus 35% magic damage ( cap 60 dan +1 ), apabila main damager party anda seorang artillery maka akan memberi keuntungan lebih.
  3. Time stop, poison missile ( toxic spray ), dll adalah skill situasional namun kadang memberikan advantage bagi party.
Okey sekarang kita membedah dulu tentang BT itu sendiri. Seberapa banyak waktu yang terpotong realnya?
  1. BT memotong cooldown semua skill ( kecuali spirit boost dan BT itu sendiri ) sebesar 80% selama dalam buff BT.
  2. Mari kita berpikir praktis, kita punya skill A dengan cooldown 10 detik. Karena terpotong 80% BT, maka cooldown yang awalnya 10 detik menjadi 2 detik. Dengan memakai perbandingan, maka 1 detik dalam BT setara 5 detik real tanpa BT.

 
Ekspresi saya ketika ditanya "DDN sampai dimana?"

 
Sekarang kita utak-atik sebentar si FU, bagaimana harusnya FU apabila di party 8 orang ataupun 4 orang ketika hendak melakukan BT?
  1. Karena alasan utama FU ada di slot party adalah BT, hendaknya FU selalu melaporkan status BT ke  Party Leader ( PL ). Misalnya dengan men-setting macro chat " BT Cooldown " dan " BT Ready ".
  2. Lalu ketika memang waktunya BT, hendaknya FU tidak langsung BT. Melainkan memberikan pengumuman terlebih dahulu agar bersiap dan  mendekat. Tujuannya agar member party bersiap-siap. Misalnya mengeluarkan skill ulti ataupun jampi-jampi ice resist.
  3. Contoh untuk kasus nomor 2 misalnya : Adakan janji bahwa BT selalu dekat dengan mirror. Ketika waktunya BT, atur chat macro yang jelas. Misalnya " BT dalam 5 detik, dekat mirror! ". Hitung dalam hati ( eaaa ) 5 detik dan lakukan BT!
 
jangan pedulikan gambar di atas, cuma buat filler aja ( lagi malas cari gambar ahahahah )

Setelah 3 kasus di atas beres, sekarang kita analisis semua skill yang kita miliki.  Disini saya menggunakan contoh char saya, Shooting Star. Anda bisa melakukan hal ini juga pada char anda, saya tidak menulis semua job satu persatu karena tubuh saya cuma satu dan butuh mingguan untuk menulis semua job. Jadi saya contohkan 1 job saja. Pertama-tama kita harus menjabarkan beberapa skill damage utama dan support, animasi + cooldown  ( tanpa dan dengan BT ).
  1. Pingpongbomb - Ex. Animasi 1 detik, cooldown 12 detik. Dengan BT menjadi 2,4 detik ( 12 detik - 80% = 2,4 detik ! ).
  2. Splash. Animasi 1 detik, cooldown 29 detik. Dengan BT menjadi 5,8 detik!
  3. Mine Thrower ( versi DN INA - brainwave project ), animasi 2 detik dan cooldown 25 detik. Dengan BT menjadi 5 detik!
  4. Cannon tower ( versi DN INA - turret ), animasi 2 detik dan cooldown 18 detik. Dengan BT menjadi 3,6 detik.
  5. Ice Pump Tower ( versi DN INA - Ice Spray ), animasi 2 detik dan cooldown 28 detik. Dengan BT menjadi 5,6 detik.
  6. Sky Line ( versi DN INA - Horizon ), animasi 2,7 detik dan cooldown 125 detik. Dengan BT 15 detik pun... tidak akan menghilangkan cooldown seketika. Max BT 15 detik memotong cooldown total 75 detik.
  7. Trans Damage, animasi 1 detik, cooldown 52 detik. Dengan durasi TD 33 detik, seharusnya skill ini tidak perlu di spam ulang ketika BT ON.
  8. Biochemical Missile, animasi 2 detik dan cooldown 40 detik. Dengan durasi biochem 24 detik ( dengan plate ), seharusnya skill ini tidak dalam prioritas BT mode.
  9. Wax, animasi 1 detik dan cooldown 17 detik. Dengan BT menjadi 3,4 detik. Skill ini dapat meningkatkan damage dari flame road ( hot rod - versi INA ).

Gerraint, capres potensial di lagendia. Sering blusukan dari cap 24 - 40.


Sekarang kita lakukan simulasi, dalam sebuah party 9 orang ( 1 nya alpedo wkwkkw ), si FU dapat lampu hijau dari PL untuk melakukan BT. Lalu si FU teriak " BT dalam 5 detik! ". Pertama yang saya lakukan adalah melakukan semua skill dengan durasi dan cooldown yang melewati BT. Dalam kasus ini... untuk durasi yang melewati BT ada 4 skill, yaitu ice tower , cannon tower, biochemical, dan trans damage. Lalu skill Sky Line dikeluarkan, karena cooldownya tidak akan selesai meskipun terkena BT full selama 15 detik. Selanjutnya saya terkena status BT, akan saya tulis mendetail dari detik 1 sampai 15 apa yang akan saya lakukan :
  1. Cast pingpongbomb!
  2. Cast Splash!
  3. Cast Wax ( untuk memberi damage extra ke EL yang cast Hot Rod, movement bebek, dan movement alpedo ).
  4. Cooldown pingpong kelar, cast pingpong lagi! ( anda lihat, pingpong dalam BT mode memiliki cooldown 2,4 detik. Cast pingpong pertama di detik 1, sekarang sudah masuk detik 4 dan artinya cooldown pingpong sudah selesai dari tadi ).
  5. Cast Mine Thrower, pasang kuda-kuda dan senjata di tanah.
  6. Animasi mine thrower masi berlanjut, namun peluru mortirnya sudah ditembakkan.
  7. Cooldown pingpong kelar, cast pingpong lagi!
  8. Cooldown splash kelar, cast splash lagi!
  9. Cooldown wax kelar, cast wax lagi!
  10. Cooldown pingpong kelar, cast pingpong lagi!
  11. Cooldown mine thrower kelar, cast lagi! ( anda lihat, mine thrower di cast di detik 5 dan sekarang detik 11. Artinya cooldown dalam BT mode sudah kelar! )
  12. Masih animasi mine thrower.
  13. Cooldown pingpong kelar, cast pingpong lagi!
  14. Cooldown splash kelar, cast splash lagi!
  15. Penutup, cast wax atau entah apapun itu =D.

Dengan memperhitungkan penggunaan skill anda dengan cermat, maka anda akan bermain lebih efektif lagi. Cara paling gampang untuk mengetahui cooldown skill dalam BT mode, yaitu bagi 10 cooldown skill, lalu kalikan dua. Misalnya cooldown 25 detik, bagi 10 menjadi 2,5. Lalu anda kalikan 2 menjadi 5 detik! ( simpel bukan? )

Lalu bagaimana apabila acro cast SB dalam BT mode? Saya hanya bisa bilang, acro yang cast SB ketika BT mode sudah melakukan kesalahan besar. Karena SB tidak bisa mempercepat cooldown BT dan hanya cooldown boster terbesar yang masuk ke player. Artinya, ketika anda menerima buff BT dan acro cast SB, maka yang anda terima tetap 80% ( bukan 80% + 40% dari SB ). Cara paling bijak adalah, cast SB setelah buff BT habis sehingga party mendapatkan keuntungan ganda dari membawa 2 cooldown booster.
 
Ahaha saya minta maaf apabila terlalu banyak tulisan di artikel ini, saya saja yang menulisnya sudah tidak betah lagi ~_~. Namun saya berharap banyak ini dapat membantu anda, terutama yang masih kesulitan membuat rantai skill dalam BT/FF mode. Good Luck and Have Fun in Lagendia!






Comments