Yahallo!
Berjumpa lagi dengan artikel DDN yang di update. Kali ini saya mengupdate rekaman untuk 8 orang dalam high quality plus suara dan gambar posisi untuk tracing tornado. Untuk update video bisa anda lihat di tulisan setelah petunjuk untuk mensetting frame video. Untuk rekaman 4 orang bisa anda download Disini .
Video dalam bentuk mkv - high quality - 640 x 480 . Disini saya memakai
Google Drive karena simple, tanpa iklan, dan speed download yang setara
lokal. Saya tidak mengunggah videonya ke youtube dan saya harap
teman-teman bisa belajar banyak meskipun koneksi lagi down. Untuk mendownloadnya, anda klik tanda panah ke bawah di kiri
atas. Lalu setelah itu klik opsi download. Tidak lupa pula, saya tidak
menentukan line up wajib bagi anda di DDN. Karena itu sudah di ranah
wilayah ketua party.
|
Apabila anda kurang nyaman dengan ukuran frame videonya, anda bisa pindahkan ke 4:3 atau 5 : 4 |
Update :
Saya menyertakan video 8 orang dalam bentuk high quality 720 pixel ( 100 MB ) dan 1080 pixel ( 250 MB ). Saya
sangat-sangat menyarankan anda untuk mendownloadnya, karena di Youtube
sendiri dan guide-guide luar tidak menyertakan suara dan dari view non
DPS. Silakan pilih salah satu saja. Disini point pentingnya adalah anda
belajar bagaimana menghindari stomp + wave after stomp, electric ball,
dan flying stomp. Khusus flying stomp, tolong dengarkan dengan seksama
suara khasnya ketika salto di udara. Suara ini kunci penting anda ketika
sandstorm sehingga anda tidak perlu bingung mencari posisi naga dan
kapan waktu stompnya.
Catatan
penting pula, disini saya menciptakan timing TD yang benar untuk
Engineer. Timing TD adalah krusial. Kebanyakan member party mati karena
terkena buff photon missile -40% defense dan diserang oleh stomp dkk.
Kuncinya, timing TD yang benar akan menyelamatkan party member anda.
Untuk awalnya silakan ditiru dahulu timingnya. Untuk last bar, TD dicast
setelah buff disapu bersih sandstorm. Sehingga buff TD yang masi baru
akan melekat sampai 33 detik kedepan. Untuk yang belum paham silakan
layangkan pertanyaan di komentar atau FB.
Link download :
1080 pixel : disini
720 pixel : disini
Di
video itu, saya melakukan beberapa gerakan berbahaya dan tidak
sepatutnya dicontoh ( nanti saya akan notice di pic ). Disini videonya
sangat menarik, karena dari point of view seorang Shooting Star. Dan
juga salah satu momen yang baik apabila pembaca yang budiman adalah
seorang Engineer's player. Pada stage ini, key player terletak di 2 job.
Saint dan Shooting Star. Apabila job anda termasuk dalam 2 job
tersebut, stage ini termasuk stage yang bagus untuk show off skill dan
kemampuan anda. Stage ini adalah salah satu stage boss stage tersulit di
DDN. Disini saya akan sebutkan beberapa trick dari 2 job ini di stage
ini.
Saint
- Cure relic di spam dan timing dropnya dilihat baik-baik.
- Relic bisa dimanfaatkan untuk memblok beberapa skill manticore.
- Power dari healing relic - ex akan anda saksikan di stage ini.
Shooting Star / Engineer.
- Timing
Trans Damage adalah segalanya. Trans damage dalam strategy saya tidak
akan dispam. Namun digunakan untuk cover semua party member dari damage
photon dan Flying stompnya. Karena apabila member ada yang terkena
flying stomp dalam keadaan terkena buff reduce def dari photon, bisa
dipastikan 1 hit KO.
- Mechabomber sangat efektif di stage ini.
- Target yang selalu mobile membuat SS menjadi job yang efektif di situasi ini.
Di
video ini pula, teman teman bisa menganalisis ataupun mengkoreksi
bagaimana saya bermain SS. Di video terdapat 1x kesalahan timing Trans
Damage, dan sisanya perfect. Anda juga bisa belajar timing menghindar
dari video ini dengan baik. Hampir semua damage saya dodge, dan beberapa
sengaja saya biarkan untuk menunjukkan counter push dari flash grenade
dan damage dari photon missile. Line up video : Guardian ( Acenk Fikri
), Saint ( Elweiz ), Shooting Star ( Daniel ), Rasquel ( Noval ).
Disini juga anda akan menemukan beberapa jawaban :
- Mengapa build raid Elestra di blog saya seperti itu.
- Mengapa build Smasher di blog saya seperti itu.
- Mengapa saya bilang ini salah satu neraka job melee.
- Mengapa memakai skill yang bisa dicancel lebih diutamakan.
- Mengapa HP anda harus 300K ++ ( saya sarankan 400K ).
- Mengapa Engineer harus memiliki vit tebal untuk menunjang HP robot alpedo.
- Mengapa flash grenade penting dalam tree engineer.
- Mengapa healing relic - ex sangat superpower dibanding non ex milik Inquisitor.
- Mengapa penggunaan plate iron wall / shining sangat diutamakan di DDN.
- Superioritas Guardian dalam jarak melee menahan aggro Manticore dan mensupport party.
- Mengapa 1 slot wajib untuk kelas Engineer.
- Dll.
Manticore's Skills
- Claw
Strike Combo. Manti menebas arah depan dengan tangan kanan / kiri
secara bergantian. Apabila tangan kanan menebas dahulu, maka selanjutnya
tangan kirinya. Begitu sebaliknya.
- Tail
strike combo. Manti akan menebas kanan dan kiri area sekitar kaki dan
ekor menggunakan ekornya. High damage + status confuse 14 detik.
Menciptakan beberapa ledakan di area belakangnya setelah menebas dengan
ekor ( ledakan ber-efek confuse juga ). Apabila tebasan pertama ke arah
kanan, maka tidak lama kemudian akan menebas ke arah kiri. Harap
waspada!
- Electric
Ball. Tandanya, mulut manti akan keluar bola kuning. Lalu area sekitar
akan summon bola kuning. Setelah beberapa saat, bola kuning meledak
menjadi empat bagian dan menyebar. Setiap bola hasil ledakan berdamage
120K ke char saya dan target yang terkena skill ini apabila tanpa
guardian force akan langsung knockdown selama 3 - 7 detik.
- Stomp.
Tandanya, kaki depan manti akan naik ke atas dengan gerakan lambat plus
bola kuning di tangan. Ketika kedua kaki mencapai titik klimak di atas,
akan menghentak tanah secara cepat ( stomp ). Dan akan ada ledakan
beruntun ke 6 arah berbeda ( berpola ). Damage stomp 1 hit KO ke char
cewe.
- Charging.
Manti akan berlari ke arah random player dengan aura hitam di badan.
Setelah beberapa saat, layar akan slow motion. Damage total bisa membuat
KO char cewe dan warrior.
- Jumping Stomp. Manti akan melompat ke arah player, diikuti stomp dan wave pasir. Damage total cukup membuat KO char cewe.
- Photon
Missile. Ketika berganti bar x4 ke x3, manti akan terbang dan
menembakkan photon missile 4 wave. Damage sekitar 60K per hit ke char
cewe. Apabila terkena photon missile, semua def akan berkurang 40%
selama 40 detik tanpa bisa di cure. Manti terbang akan berulang kembali
setiap 70 detik sekali dan tidak akan ada photon missile lagi ketika
masuk last bar.
- Flying
Stomp. Setelah mengeluarkan photon missile, manti akan salto dengan
aura hitam plus bola kuning. Setelah salto di udara, hitung dengan
detik. Detik ke 3 setelah salto selesai, manti akan turun ke tanah
dengan cepat. Apabila anda sebelumnya terkena photon missile. Siap-siap
mati apabila terkena stomp, kecuali anda terkena buff TD. Flying Stomp
akan menciptakan gelombang pasir di tanah. Jangan berlari ke depan manti
apabila manti baru jatuh ke tanah. Selain dengan penglihatan, kita bisa
juga dengan menghafal suara ketika manti salto di udara. Sehingga kita
tidak perlu melihat manti, cukup mendengarnya maka kita tahu timing yang
tepat untuk melompat.
- Photon
missile - Ex. Ketika masuk bar x2, setelah photon missile keluar manti
akan terdiam di udara dan mengumpulkan aura hitam. Setelah itu dia akan
menembakkan 4 wave photon missile biasa dalam 1x wave sehingga akan
nampak seperti serangan massive. Jangan coba-coba tahan damage skill
ini. Setelah melakukan Ex, dia akan salto dan flying stomp.
- Tracing
Tornado. Ketika masuk x3,8 manti akan mengeluarkan skill ini. Tandanya,
postur badan manti tegap dan layar akan terhenti beberapa saat. Lalu
satu player ( biasanya aggro tertinggi ) akan terkena tornado hitam.
Player yang terkena tornado hitam tidak akan menerima damage. Namun
player 1 map akan terhisap ke area tornado. Damage sangat-sangat
tinggi. Skill ini berulang tiap 70 detik sekali.
- Sand
wave. Postur badan manti tegap dan di depannya ada angin tornado hitam,
seakan-akan manti mengcast tornadonya lalu menghantam tanah. Akan ada
tembok pasir berupa garis lurus dan berjalan ke depan. Dapat dihindari
dengan blink/dodge ketika pasir akan melewati kita atau kita berlari ke
area samping/ belakang manti ketika dia cast skill ini. Skill ini aktif
ketika masuk x2.
- Black
circle wave. Badan manti agak membungkuk lalu ada bola kuning di perut
manti. Setelah casting akan ada gelombang hitam yang bergerak meluas.
Dapat dihindari dengan melompat ke depan ( mirip wave racun hulk PKN )
atau membloknya dengan Alpedo / Relic/ MT sengaja pasang badan demi
teman-temannya. Skill ini aktif ketika masuk x3,5.
- Tracing
explosion. Dari mulut manti akan keluar ledakan dan menjalar ke tanah.
Akan tersummon 2 ledakan yang mengejar random target. Ketika ledakan
mengenai target, akan diikuti oleh 2 ledakan berikutnya dengan damage
yang sangat besar. Terus berlari menhindari skill ini atau tabrakkan ke
relic. Apabila tanker anda peduli, dia bisa pasang badan agar sengaja
terkena 2 ledakan sekaligus.
- Sandstorm.
Ketika masuk last bar, manti cast Sandstorm alias badai pasir ketika
terbang. Badai ini menghilangkan segala buff pertama kali keluar. Dalam
badai pasir ini kita akan sangat susah melihat posisi manti dan
saltonya,
Strategy ( Update )
- Disini kita tidak bisa terlalu mengandalkan tanker. Selalu siap untuk kemungkinan terburuk.
- Kelas melee untuk hit sebisanya dan mengambil posisi aman. Serang apabila memang benar-benar aman. Begitu pula kelas EL.
- Selalu drop cure relic ketika ekor manti mengibas.
- Party
sepakat untuk menunggu buff trans damage ketika manti terbang di
tengah. Tugas engineer, ketika manti terbang segera recall/ resummon
alpedo dan cast TD di tengah. Lalu berpencar dengan buff TD di kepala
masing-masing.
- Sepakat dengan party bahwa ketika photon missile, semua orang berlari searah jarum jam. Strategy advance party, tidak mengcommand tiap orang lari searah jarum jam. Namun berlari di sekitar spotnya masing-masing. Untuk party newbie saya sarankan berlari searah jarum jam. Untuk party yang sudah berpengalaman di manti, berlari di sekitar spotnya saja sudah cukup.
- Ketika
manti selesai flying stomp yang pertama kali, hit sampai x3,9 dan stop.
Tunggu manti terbang lagi , lalu hit ketika di bawah sampai x3,8 dan
party berpencar ke spot yang sudah ditentukan menunggu Tracing tornado.
Member yang terkena diharapkan tetap berdiri di spotnya agar tidak
membawa korban jiwa. Ada pula taktik agak beresiko yaitu tetap hit Manti sampai Manti cast tornado, lalu ketika slow motion segera cast SB dan kembali ke tempat masing-masing. Kelemahan taktik ini, apabila ada orang yang "slow direction" alias susah sadar posisi dan terkena tornado.
- Ketika
nomor 6 anda laksanakan, anda memiliki patokan waktu tracing tornado
yaitu sehabis flying stomp. Hal ini dikarenakan cooldown terbang dan
tornado sama ( 70 detik ).
- Timing TD bisa meniru rekaman video.
- Ketika
masuk last bar, biarkan sandstorm keluar dan lihat buff teman party di
gambar. Apabila buffnya hilang, segera recall/resummon alfredo dan cast
TD. Priest merebuff ulang buff defense dan attack di tengah map.
Bagaimana membagi spot untuk menghindari Tracing Tornado?
Sebelum
mulai, party leader membagi spot untuk menjauh. Di lantai terdapat
motif lingkaran dan garis. Ternyata garisnya ada 8 buah. Sehingga pada
awal stage, setiap orang mengambil 1 spot dan menghafal posisinya.
Ketika party leader teriak siap2 tornado, maka member kembali ke spot
yang disediakan. Disini apabila party 4 orang, kami tidak menggunakan
taktik ini karena lapangan pertempurannya sendiri sangat luas untuk 4
orang.
Pic Battle
|
Welcome back, jangan tegang ya liatnya ~_~ Tebasan ekor! |
|
Charging! |
|
Ketike mencapai jarak tertentu screen akan terhenti mendadak. |
|
Lalu akan berjalan lagi diakhiri manti terpeleset. |
|
Tebasan tangan/ kaki kanan. Pasti diikuti tebasan tangan kiri sesudahnya. |
|
Yap, tangan kiri siap menebas! |
|
Ea~ |
|
Menaikkan badan ke atas dan bola kuning di tangan = stomp! |
|
Hindari stomp! |
|
Siap-siap ledakan sesudah stomp! |
|
Saya hindari dengan rocket jump! |
|
Jumping stomp! |
|
sand wave after jumping stomp~ |
|
Jangan panik, lihat lintasan sand wavenya. Hindari! |
|
Berganti bar, manti terbang! |
|
Lihat shortcut skill saya! Recall alfredo dan cast TD di tengah map. |
|
Berpencar ketika TD sudah didapat. |
|
Ketika saya berjalan, saya mendengar photon ditembakkan. Saya melakukan rocket jump untuk membuat jarak. |
|
Terus berjalan mengitari map sesuai gerakan jam. |
|
Photon missile melewati Aoi-tan~ |
|
Sesudah photon kelar, lihat posisi manti di udara |
|
Salto di udara! |
|
Setiap selesai salto, pasti ada aura hitam di manti |
|
Terdiam 2 detik setelah salto |
|
Stomp tiba-tiba! |
|
Lompat! |
|
Tracing explosion, ada ledakan kuning yang beruntun ke arah MT. |
|
MT Tahan badan untuk mencegah korban lain jatuh. |
|
After explosionnya mengerikan ./ hiii~ |
|
Masuk x3,8 manti posisi tegap dan layar terhenti sejenak. Tracing Tornado! |
|
Segera saya lari ke ujung yang sepi untuk menghindari tornado. |
|
Bukan saya yang terkena, namun badan seperti tersedot sesuatu. |
|
Saya dan Elweiz tersedot ke kiri ( org yg terkena tracing tornado ) |
|
Manti terbang, karena tahu party akan kumpul di tengah untuk TD. Elweiz rebuff party~ |
|
Setelah TD on berpencar! |
|
Manti salto, siap2 untuk stomp |
|
Jump! |
|
Aura hitam + mulut ada bola listrik kuning. Electric ball! |
|
Bola menyebar dan berhenti. |
|
Saint menaruh cure relic pas di bola untuk memblok pecahan bola. |
|
Saint menambahkan healing relic |
|
Nampaknya berjalan baik |
|
Blok sukses, namun saint di sebelah kiri tidak waspada. Ada bola kuning menghantamnya! |
|
Ea, saint knockdown! |
|
Iseng mode on, saya berusaha dekati lalu mau klik gesture tertawa. JANGAN DITIRU YA! |
|
Kids, dont try this at home! |
|
JANGAN
DITIRU, disini saya akan memberi contoh penggunaan flash grenade.
Ketika terseret oleh wave sesudah stomp, segera aktifkan flash grenade! |
|
Flash grenade menghindarkan anda dari terseret stomp |
|
Waduh, tracing tornado lagi |
|
Kali ini saya yang kena, saya berdiam diri di pojokan. |
|
Bagini viewnya apabila ke arah manti |
|
Anda lihat, saint di depan tersedot ke arah saya. |
|
Manti casting sesuatu, bola kuning ada di atas punggung. Dark wave! |
|
Lihat gelombang hitamnya! |
|
Anda bisa hindari dengan melompat dan klik kiri ( khusus engineer ) atau bersembunyi di belakang relic. |
|
lompat + klik kiri! Yihaa~! |
|
Selamat dari dark circle wave |
|
JANGAN
DITIRU! disini saya sengaja terkena photon missile dalam keadaan TD!
Photon awal terkena 17K, lalu kedua 24K. Kenapa? Karena photon awal
membuat def saya turun 40% sehingga damage photon kedua semakin sakit. |
|
Photon missile menyebabkan oleng dan knockdown, kali ini flash grenade bisa menyelamatkan anda! |
|
Satu lagi, ketika flying stomp akan ada aura kuning di tubuhnya. |
|
Dan bola kuning di depan kedua tangannya. Itu akan memberikan efek sand wave ke 4 arah. |
|
Terbang lagi~ |
|
Seperti biasa, alfredo recall dan cast TD! |
|
Ingat, masuk bar x2 setelah photon normal, manti akan cast photon - ex. |
|
Whuaah photon ex keluar! |
|
Rocket jump untuk berpindah tempat! |
|
Aman dari photon -ex |
|
Salto! |
|
Jump! |
|
Badan tegap dan ada tornado di depan, Sand Wave! |
|
Hentakkan kaki depan ke tanah! |
|
Sand Wave keluar! |
|
Manti terbang! |
|
Ke
tengah, resummon alfredo. INGAT! INI ADALAH LAST BAR DAN BADAI PASIR
MENGHILANGKAN BUFF! Namun rebuff dalam badai pasir tidak akan hilang.
Perlu diingat pula, ketika masuk last bar maka Manti tidak akan mengcast
photon missile normal. Namun hanya akan cast Sandstorm + Photon Ex +
Flying Stomp. Disini badai pasir akan menghilang bisa sebelum stomp
ataupun sampai si Manti flying stomp menyentuh tanah baru hilang. Disini
kemampuan anda untuk jeli terhadap suara dan gambar di layar. |
|
Ketika
buff kita menghilang, segera cast TD. Jadi disini TD tidak di cast
ketika summon alfredo, namun menunggu badai pasir menghilangkan buff
kita. Baru setelah itu kita cast TD. |
|
Juguju
Alpedo! PENTING ! Disini adalah alasan utama saya untuk men-set HP dan
MP player terlihat di view/screen. Karena dalam sandstorm, nama player
akan sedikit kabur dan anda akan kesulitan membedakan mana alpedo/
bebek/ tower anda dengan player. Penting untuk tahu dimana posisi player
karena photon -ex akan mengincar player sehingga anda tidak akan
bertabrakan dengan photon -ex milik teman. |
|
Elweiz juga memberi bantuan MR di tengah. |
|
Rocket jump hindari photon - ex |
|
Tiba-tiba langit cerah dan manti dalam kondisi selesai salto. |
|
Jump! |
|
Benernya ni gambar enggak penting, tapi terlanjur aku ambil picnya dari video T_T. |
|
Manti terbang lagi! |
|
Tunggu pasir hilangkan buff |
|
Cast TD! |
|
Whuaaah photon ex! |
|
Tiba-tiba langit bersih dan kondisi sudah salto. |
|
Jump! |
|
Jiahh... pas dikit lagi mau mati, si manti terbang lagi. |
|
Summon alpedo! |
|
TD ON! |
|
Beruntung
bisa melihat bayangan manti. Anda lihat di minimap, tidak ada satupun
titik merah sehingga kita kesulitan melihat posisi manti. |
|
Jalan terus untuk hindari photon - ex |
|
Ada aura salto plus bunyi salto! |
|
2
detik kemudian saya lompat dan saya yakin akan stomp! Ingat, dalam
sandstorm anda tidak selalu mendapat gambar jelas manti sedang apa. |
|
Tiba-tiba manti jatuh dengan cepat! |
|
Jump sukses! |
|
Sayonara Manti-san~ |
Good Luck ^^
kang , mau tanya tapi di luar dari ini smua wkaowkoa
ReplyDeleteitu school 2 nya one piece kah ? ato 7 set ? kwkwkwkw sorry kang ,
School 2, yang brown 7 potong. Itu di pic memakai topi DN SEA. Aslinya pita kupu-kupu hitam.
Deleteoow , makasi kang , cos ane player dn ina , mgkn 13 maret ini update costume nya ^_^
DeleteSaya mau tanya, apakah DPS dengan serangan non magic seperti video diatas lebih mempermudah pertempuran dari pada dengan DPS dengan serangan melee?
ReplyDeletemau tanya bang.. itu pas cast TD.. kita harus summon alfredo yg baru atau recall biasa? makasih
ReplyDelete