[ GUIDE ] Storm Ruler Manticore Zuul ( Rewrite )



Yahallo! Berjumpa lagi dengan artikel DDN yang di update. Kali ini saya mengupdate rekaman untuk 8 orang dalam high quality plus suara dan gambar posisi untuk tracing tornado. Untuk update video bisa anda lihat di tulisan setelah petunjuk untuk mensetting frame video. Untuk rekaman 4 orang bisa anda download  Disini . Video dalam bentuk mkv - high quality - 640 x 480 . Disini saya memakai Google Drive karena simple, tanpa iklan, dan speed download yang setara lokal. Saya tidak mengunggah videonya ke youtube dan saya harap teman-teman bisa belajar banyak meskipun koneksi lagi down. Untuk mendownloadnya, anda klik tanda panah ke bawah di kiri atas. Lalu setelah itu klik opsi download. Tidak lupa pula, saya tidak menentukan line up wajib bagi anda di DDN. Karena itu sudah di ranah wilayah ketua party.



Apabila anda kurang nyaman dengan ukuran frame videonya, anda bisa pindahkan ke 4:3 atau 5 : 4
Update :

Saya menyertakan video 8 orang dalam bentuk high quality 720 pixel ( 100 MB ) dan 1080 pixel ( 250 MB ). Saya sangat-sangat menyarankan anda untuk mendownloadnya, karena di Youtube sendiri dan guide-guide luar tidak menyertakan suara dan dari view non DPS. Silakan pilih salah satu saja. Disini point pentingnya adalah anda belajar bagaimana menghindari stomp + wave after stomp, electric ball, dan flying stomp. Khusus flying stomp,  tolong dengarkan dengan seksama suara khasnya ketika salto di udara. Suara ini kunci penting anda ketika sandstorm sehingga anda tidak perlu bingung mencari posisi naga dan kapan waktu stompnya.

Catatan penting pula, disini saya menciptakan timing TD yang benar untuk Engineer. Timing TD adalah krusial. Kebanyakan member party mati karena terkena buff photon missile -40% defense dan diserang oleh stomp dkk. Kuncinya, timing TD yang benar akan menyelamatkan party member anda. Untuk awalnya silakan ditiru dahulu timingnya. Untuk last bar, TD dicast setelah buff disapu bersih sandstorm. Sehingga buff TD yang masi baru akan melekat sampai 33 detik kedepan. Untuk yang belum paham silakan layangkan pertanyaan di komentar atau FB.

Link download :
1080 pixel : disini
720 pixel : disini


Di video itu, saya melakukan beberapa gerakan berbahaya dan tidak sepatutnya dicontoh ( nanti saya akan notice di pic ). Disini videonya sangat menarik, karena dari point of view seorang Shooting Star. Dan juga salah satu momen yang baik apabila pembaca yang budiman adalah seorang Engineer's player. Pada stage ini, key player terletak di 2 job. Saint dan Shooting Star. Apabila job anda termasuk dalam 2 job tersebut, stage ini termasuk stage yang bagus untuk show off skill dan kemampuan anda. Stage ini adalah salah satu stage boss stage tersulit di DDN. Disini saya akan sebutkan beberapa trick dari 2 job ini di stage ini.

Saint 
  1. Cure relic di spam dan timing dropnya dilihat baik-baik.
  2. Relic bisa dimanfaatkan untuk memblok beberapa skill manticore.
  3. Power dari healing relic - ex akan anda saksikan di stage ini.
Shooting Star / Engineer.
  1. Timing Trans Damage adalah segalanya. Trans damage dalam strategy saya tidak akan dispam. Namun digunakan untuk cover semua party member dari damage photon dan Flying stompnya. Karena apabila member ada yang terkena flying stomp dalam keadaan terkena buff reduce def dari photon, bisa dipastikan 1 hit KO.
  2. Mechabomber sangat efektif di stage ini.
  3. Target yang selalu mobile membuat SS menjadi job yang efektif di situasi ini.
 Di video ini pula, teman teman bisa menganalisis ataupun mengkoreksi bagaimana saya bermain SS. Di video terdapat 1x kesalahan timing Trans Damage, dan sisanya perfect. Anda juga bisa belajar timing menghindar dari video ini dengan baik. Hampir semua damage saya dodge, dan beberapa sengaja saya biarkan untuk menunjukkan counter push dari flash grenade dan damage dari photon missile.  Line up video : Guardian ( Acenk Fikri ), Saint ( Elweiz ), Shooting Star ( Daniel ), Rasquel ( Noval ).

Disini juga anda akan menemukan beberapa jawaban :

  1. Mengapa build raid Elestra di blog saya seperti itu.
  2. Mengapa build Smasher di blog saya seperti itu.
  3. Mengapa saya bilang ini salah satu neraka job melee.
  4. Mengapa memakai skill yang bisa dicancel lebih diutamakan.
  5. Mengapa HP anda harus 300K ++ ( saya sarankan 400K ).
  6. Mengapa Engineer harus memiliki vit tebal untuk menunjang HP robot alpedo.
  7. Mengapa flash grenade penting dalam tree engineer.
  8. Mengapa healing relic - ex sangat superpower dibanding non ex milik Inquisitor.
  9. Mengapa penggunaan plate iron wall / shining sangat diutamakan di DDN.
  10. Superioritas Guardian dalam jarak melee menahan aggro Manticore dan mensupport party.
  11. Mengapa 1 slot wajib untuk kelas Engineer.
  12. Dll.


Manticore's Skills
  1. Claw Strike Combo. Manti menebas arah depan dengan tangan kanan / kiri secara bergantian. Apabila tangan kanan menebas dahulu, maka selanjutnya tangan kirinya. Begitu sebaliknya.
  2. Tail strike combo. Manti akan menebas kanan dan kiri area sekitar kaki dan ekor menggunakan ekornya. High damage + status confuse 14 detik. Menciptakan beberapa ledakan di area belakangnya setelah menebas dengan ekor ( ledakan ber-efek confuse juga ). Apabila tebasan pertama ke arah kanan, maka tidak lama kemudian akan menebas ke arah kiri. Harap waspada!
  3. Electric Ball. Tandanya, mulut manti akan keluar bola kuning. Lalu area sekitar akan summon bola kuning. Setelah beberapa saat, bola kuning meledak menjadi empat bagian dan menyebar. Setiap bola hasil ledakan berdamage 120K ke char saya dan target yang terkena skill ini apabila tanpa guardian force akan langsung knockdown selama 3 - 7 detik.
  4. Stomp. Tandanya, kaki depan manti akan naik ke atas dengan gerakan lambat plus bola kuning di tangan. Ketika kedua kaki mencapai titik klimak di atas, akan menghentak tanah secara cepat ( stomp ). Dan akan ada ledakan beruntun ke 6 arah berbeda ( berpola ). Damage stomp 1 hit KO ke char cewe.
  5. Charging. Manti akan berlari ke arah random player dengan aura hitam di badan. Setelah beberapa saat, layar akan slow motion. Damage total bisa membuat KO char cewe dan warrior.
  6. Jumping Stomp. Manti akan melompat ke arah player, diikuti stomp dan wave pasir. Damage total cukup membuat KO char cewe.
  7. Photon Missile. Ketika berganti bar x4 ke x3, manti akan terbang dan menembakkan photon missile 4 wave. Damage sekitar 60K per hit ke char cewe. Apabila terkena photon missile, semua def akan berkurang 40% selama 40 detik tanpa bisa di cure. Manti terbang akan berulang kembali setiap 70 detik sekali dan tidak akan ada photon missile lagi ketika masuk last bar.
  8. Flying Stomp. Setelah mengeluarkan photon missile, manti akan salto dengan aura hitam plus bola kuning. Setelah salto di udara, hitung dengan detik. Detik ke 3 setelah salto selesai, manti akan turun ke tanah dengan cepat. Apabila anda sebelumnya terkena photon missile. Siap-siap mati apabila terkena stomp, kecuali anda terkena buff TD. Flying Stomp akan menciptakan gelombang pasir di tanah. Jangan berlari ke depan manti apabila manti baru jatuh ke tanah. Selain dengan penglihatan, kita bisa juga dengan menghafal suara ketika manti salto di udara. Sehingga kita tidak perlu melihat manti, cukup mendengarnya maka kita tahu timing yang tepat untuk melompat.
  9. Photon missile - Ex. Ketika masuk bar x2, setelah photon missile keluar manti akan terdiam di udara dan mengumpulkan aura hitam. Setelah itu dia akan menembakkan 4 wave photon missile biasa dalam 1x wave sehingga akan nampak seperti serangan massive. Jangan coba-coba tahan damage skill ini. Setelah melakukan Ex, dia akan salto dan flying stomp.
  10. Tracing Tornado. Ketika masuk x3,8 manti akan mengeluarkan skill ini. Tandanya, postur badan manti tegap dan layar akan terhenti beberapa saat. Lalu satu player ( biasanya aggro tertinggi ) akan terkena tornado hitam. Player yang terkena tornado hitam tidak akan menerima damage. Namun player  1 map akan terhisap ke area tornado. Damage sangat-sangat tinggi. Skill ini berulang tiap 70 detik sekali.
  11. Sand wave. Postur badan manti tegap dan di depannya ada angin tornado hitam, seakan-akan manti mengcast tornadonya lalu menghantam tanah. Akan ada tembok pasir berupa garis lurus dan berjalan ke depan. Dapat dihindari dengan blink/dodge ketika pasir akan melewati kita atau kita berlari ke area samping/ belakang manti ketika dia cast skill ini. Skill ini aktif ketika masuk x2.
  12. Black circle wave. Badan manti agak membungkuk lalu ada bola kuning di perut manti. Setelah casting akan ada gelombang hitam yang bergerak meluas. Dapat dihindari dengan melompat ke depan ( mirip wave racun hulk PKN ) atau membloknya dengan Alpedo / Relic/ MT sengaja pasang badan demi teman-temannya. Skill ini aktif ketika masuk x3,5.
  13. Tracing explosion. Dari mulut manti akan keluar ledakan dan menjalar ke tanah. Akan tersummon 2 ledakan yang mengejar random target. Ketika ledakan mengenai target, akan diikuti oleh 2 ledakan berikutnya dengan damage yang sangat besar. Terus berlari menhindari skill ini atau tabrakkan ke relic. Apabila tanker anda peduli, dia bisa pasang badan agar sengaja terkena 2 ledakan sekaligus.
  14. Sandstorm. Ketika masuk last bar, manti cast Sandstorm alias badai pasir ketika terbang. Badai ini menghilangkan segala buff pertama kali keluar. Dalam badai pasir ini kita akan sangat susah melihat posisi manti dan saltonya,

Strategy ( Update )
  1. Disini kita tidak bisa terlalu mengandalkan tanker. Selalu siap untuk kemungkinan terburuk.
  2. Kelas melee untuk hit sebisanya dan mengambil posisi aman. Serang apabila memang benar-benar aman. Begitu pula kelas EL.
  3. Selalu drop cure relic ketika ekor manti mengibas.
  4. Party sepakat untuk menunggu buff trans damage ketika manti terbang di tengah. Tugas engineer, ketika manti terbang segera recall/ resummon alpedo dan cast TD di tengah. Lalu berpencar dengan buff TD di kepala masing-masing.
  5. Sepakat dengan party bahwa ketika photon missile, semua orang berlari searah jarum jam. Strategy advance party, tidak mengcommand tiap orang lari searah jarum jam. Namun berlari di sekitar spotnya masing-masing. Untuk party newbie saya sarankan berlari searah jarum jam. Untuk party yang sudah berpengalaman di manti, berlari di sekitar spotnya saja sudah cukup.
  6. Ketika manti selesai flying stomp yang pertama kali, hit sampai x3,9 dan stop. Tunggu manti terbang lagi , lalu hit ketika di bawah sampai x3,8 dan party berpencar ke spot yang sudah ditentukan menunggu Tracing tornado. Member yang terkena diharapkan tetap berdiri di spotnya agar tidak membawa korban jiwa. Ada pula taktik agak beresiko yaitu tetap hit Manti sampai Manti cast tornado, lalu ketika slow motion segera cast SB dan kembali ke tempat masing-masing. Kelemahan taktik ini, apabila ada orang yang "slow direction" alias susah sadar posisi dan terkena tornado.
  7. Ketika nomor 6 anda laksanakan, anda memiliki patokan waktu tracing tornado yaitu sehabis flying stomp. Hal ini dikarenakan cooldown terbang dan tornado sama ( 70 detik ).
  8. Timing TD bisa meniru rekaman video.
  9. Ketika masuk last bar, biarkan sandstorm keluar dan lihat buff teman party di gambar. Apabila buffnya hilang, segera recall/resummon alfredo dan cast TD. Priest merebuff ulang buff defense dan attack di tengah map.

Bagaimana membagi spot untuk menghindari Tracing Tornado?

 Sebelum mulai, party leader membagi spot untuk menjauh. Di lantai terdapat motif lingkaran dan garis. Ternyata garisnya ada 8 buah. Sehingga pada awal stage, setiap orang mengambil 1 spot dan menghafal posisinya. Ketika party leader teriak siap2 tornado, maka member kembali ke spot yang disediakan. Disini apabila party 4 orang, kami tidak menggunakan taktik ini karena lapangan pertempurannya sendiri sangat luas untuk 4 orang.





Pic Battle

Welcome back, jangan tegang ya liatnya ~_~ Tebasan ekor!

Charging!

Ketike mencapai jarak tertentu screen akan terhenti mendadak.

Lalu akan berjalan lagi diakhiri manti terpeleset.

Tebasan tangan/ kaki kanan. Pasti diikuti tebasan tangan kiri sesudahnya.

Yap, tangan kiri siap menebas!

Ea~

Menaikkan badan ke atas dan bola kuning di tangan =  stomp!

Hindari stomp!

Siap-siap ledakan sesudah stomp!

Saya hindari dengan rocket jump!

Jumping stomp!

sand wave after jumping stomp~

Jangan panik, lihat lintasan sand wavenya. Hindari!

Berganti bar, manti terbang!

Lihat shortcut skill saya! Recall alfredo dan cast TD di tengah map.

Berpencar ketika TD sudah didapat.

Ketika saya berjalan, saya mendengar photon ditembakkan. Saya melakukan rocket jump untuk membuat jarak.

Terus berjalan mengitari map sesuai gerakan jam.

Photon missile melewati Aoi-tan~

Sesudah photon kelar, lihat posisi manti di udara

Salto di udara!

Setiap selesai salto, pasti ada aura hitam di manti

Terdiam 2 detik setelah salto

Stomp tiba-tiba!

Lompat!

Tracing explosion, ada ledakan kuning yang beruntun ke arah MT.

MT Tahan badan untuk mencegah korban lain jatuh.

After explosionnya mengerikan ./ hiii~

Masuk x3,8 manti posisi tegap dan layar terhenti sejenak. Tracing Tornado!

Segera saya lari ke ujung yang sepi untuk menghindari tornado.

Bukan saya yang terkena, namun badan seperti tersedot sesuatu.

Saya dan Elweiz tersedot ke kiri ( org yg terkena tracing tornado )

Manti terbang, karena tahu party akan kumpul di tengah untuk TD. Elweiz rebuff party~

Setelah TD on berpencar!

Manti salto, siap2 untuk stomp

Jump!

Aura hitam + mulut ada bola listrik kuning. Electric ball!

Bola menyebar dan berhenti.

Saint menaruh cure relic pas di bola untuk memblok pecahan bola.

Saint menambahkan healing relic

Nampaknya berjalan baik

Blok sukses, namun saint di sebelah kiri tidak waspada. Ada bola kuning menghantamnya!

Ea, saint knockdown!
 
Iseng mode on, saya berusaha dekati lalu mau klik gesture tertawa. JANGAN DITIRU YA!

Kids, dont try this at home!

JANGAN DITIRU, disini saya akan memberi contoh penggunaan flash grenade. Ketika terseret oleh wave sesudah stomp, segera aktifkan flash grenade!

Flash grenade menghindarkan anda dari terseret stomp

Waduh, tracing tornado lagi

Kali ini saya yang kena, saya berdiam diri di pojokan.

Bagini viewnya apabila ke arah manti

Anda lihat, saint di depan tersedot ke arah saya.

Manti casting sesuatu, bola kuning ada di atas punggung. Dark wave!

Lihat gelombang hitamnya!

Anda bisa hindari dengan melompat dan klik kiri ( khusus engineer ) atau bersembunyi di belakang relic.

lompat + klik kiri! Yihaa~!

Selamat dari dark circle wave

JANGAN DITIRU! disini saya sengaja terkena photon missile dalam keadaan TD! Photon awal terkena 17K, lalu kedua 24K. Kenapa? Karena photon awal membuat def saya turun 40% sehingga damage photon kedua semakin sakit.

Photon missile menyebabkan oleng dan knockdown, kali ini flash grenade bisa menyelamatkan anda!

Satu lagi, ketika flying stomp akan ada aura kuning di tubuhnya.

Dan bola kuning di depan kedua tangannya. Itu akan memberikan efek sand wave ke 4 arah.

Terbang lagi~

Seperti biasa, alfredo recall dan cast TD!

Ingat, masuk bar x2 setelah photon normal, manti akan cast photon - ex.

Whuaah photon ex keluar!

Rocket jump untuk berpindah tempat!

Aman dari photon -ex

Salto!

Jump!

 
Badan tegap dan ada tornado di depan, Sand Wave!

Hentakkan kaki depan ke tanah!

Sand Wave keluar!

Manti terbang!

Ke tengah, resummon alfredo. INGAT! INI ADALAH LAST BAR DAN BADAI PASIR MENGHILANGKAN BUFF! Namun rebuff dalam badai pasir tidak akan hilang. Perlu diingat pula, ketika masuk last bar maka Manti tidak akan mengcast photon missile normal. Namun hanya akan cast Sandstorm + Photon Ex + Flying Stomp. Disini badai pasir akan menghilang bisa sebelum stomp ataupun sampai si Manti flying stomp menyentuh tanah baru hilang. Disini kemampuan anda untuk jeli terhadap suara dan gambar di layar.

Ketika buff kita menghilang, segera cast TD. Jadi disini TD tidak di cast ketika summon alfredo, namun menunggu badai pasir menghilangkan buff kita. Baru setelah itu kita cast TD.

Juguju Alpedo! PENTING ! Disini adalah alasan utama saya untuk men-set HP dan MP player terlihat di view/screen. Karena dalam sandstorm, nama player akan sedikit kabur dan anda akan kesulitan membedakan mana alpedo/ bebek/ tower anda dengan player. Penting untuk tahu dimana posisi player karena photon -ex akan mengincar player sehingga anda tidak akan bertabrakan dengan photon -ex milik teman.

Elweiz juga memberi bantuan MR di tengah.

Rocket jump hindari photon - ex

Tiba-tiba langit cerah dan manti dalam kondisi selesai salto.

Jump!

Benernya ni gambar enggak penting, tapi terlanjur aku ambil picnya dari video T_T.

Manti terbang lagi!

Tunggu pasir hilangkan buff

Cast TD!

Whuaaah photon ex!

Tiba-tiba langit bersih dan kondisi sudah salto.

Jump!

Jiahh... pas dikit lagi mau mati, si manti terbang lagi.

Summon alpedo!

TD ON!

Beruntung bisa melihat bayangan manti. Anda lihat di minimap, tidak ada satupun titik merah sehingga kita kesulitan melihat posisi manti.

Jalan terus untuk hindari photon - ex

Ada aura salto plus bunyi salto!

2 detik kemudian saya lompat dan saya yakin akan stomp! Ingat, dalam sandstorm anda tidak selalu mendapat gambar jelas manti sedang apa.

Tiba-tiba manti jatuh dengan cepat!

Jump sukses!

Sayonara Manti-san~


Good Luck ^^


Comments

  1. kang , mau tanya tapi di luar dari ini smua wkaowkoa
    itu school 2 nya one piece kah ? ato 7 set ? kwkwkwkw sorry kang ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. School 2, yang brown 7 potong. Itu di pic memakai topi DN SEA. Aslinya pita kupu-kupu hitam.

      Delete
    2. oow , makasi kang , cos ane player dn ina , mgkn 13 maret ini update costume nya ^_^

      Delete
  2. Saya mau tanya, apakah DPS dengan serangan non magic seperti video diatas lebih mempermudah pertempuran dari pada dengan DPS dengan serangan melee?

    ReplyDelete
  3. mau tanya bang.. itu pas cast TD.. kita harus summon alfredo yg baru atau recall biasa? makasih

    ReplyDelete

Post a Comment