Kompilasi Balancing April - Mei 2014

sumber gambar disini


Yahallow! Ahahaha belakangan ini ada beberapa balancing mengenai beberapa class. Terutama pada kelas Swordsman dan Engineer. Kali ini saya tidak akan menulis detail dengan angka-angka rumit. Saya sederhanakan sehingga mudah dipahami orang awam. Sumber balancing merupakan kompilasi di forum Cherry / mmosite / dntoplay / Duowan. Perlu diketahui bahwa apabila ada nama skill yang tidak sesuai dengan server anda, silakan googling untuk mencari tahu. Saya tidak mau mengkomentari nama skillnya.  Lets check it out!




MOONLORD



Magical Attack Mastery
Ekstra Mattack berdasarkan 1 INT = 0.8 Mattack selama 5 detik ketika cast skill dengan basic damage Magic.Men-cast banyak skill magic dalam waktu singkat tidak akan menumpuk efek skillnya, melainkan hanya memperbarui durasi efek skillnya. Ada sumber lain dari duowan dan mmosite menyebutkan 1 INT = 1,6 namun mengubah basic attack dari bonus base statnya. Awalnya, 1 INT menambah 0.5 magic attack, namun ketika buff aktif akan merubah rasio 1 INT yang sebelumnya 0.5 magic attack menjadi 1.6 magic attack. Jadi secara kasar, buffnya menambah magic attack x1,1 INT. Bagaimana yang benar? Disini kelemahan player SEA dan server lain yang menggunakan Alphabet baku, dimana balancing paling awal akan terjadi di Korea ( bahasa alien bagi kita ), Tiongkok ( ini apalagi ! ) dan Jepang. Untuk konfirmasi beserta info-info terbarunya, menyusul.

Cyclone Slash Ex
[ PvE ] Durasi debuff naik menjadi 5 detik.

Crescent Cleave
[ PvE ] Damage naik 40%

Halfmoon Slash
[ PvE ] Damage naik dua kali lipat.

Great Wave
[ PvE ] Damage naik 10%. Damage dari hit pertama ke selanjutnya perlahan-lahan meningkat.

Moonblade Dance
[ PvE ] Damage naik dua kali lipat.

Flash Stance
Ketika di cast, dapat langsung melakukan dash dengan menekan space bar.





GLADIATOR


Physical Attack Mastery
Ketika menyerang menggunakan skill dengan basic serangan fisik, akan menerima buff yang meningkatkan attack sebesar 6%. Cooldown passive ini hanya 0,5 detik dan bisa ditumpuk hingga 10 kali. Durasi buff 5 detik, spam skill fisik akan memperbarui durasi buff dan menumpuk bonus attack ( maksimal 10 stack ).

Triple Slash
[ PvE ] Damage naik 25%

Deep Straight
[ PvE ] Damage naik 20%

Hacking Stance
[ PvE ] Damage naik 15%

Line Drive
[ PvE ] Damage naik 40%. Damage versi Ex dinaikkan lagi 30% baik PvP atau PvE.

Infinite Edge
[ PvE ] Invisible ketika skill di cast. Damage last hit naik dua kali lipat.







BRINGER


  • [ PvP ] Semua damage skill turun 30%
  • [ PvP ] Kemampuan super armor break dr skill - skill summon diturunkan.
  • [ PvP ] HP dari semua summonnya diturunkan.





CHASER


  • [ PvP ] Damage Rake berkurang 50%
  • [ PvP ] Damage Rain Drop berkurang 50%





ENGINEER


Reload Cannon ( skill baru, di bawah Pingpong dan di atas Mine thrower )
  • Seperti passive Dancer, ketika melakukan skill dengan serangan senjata cannon, klik kanan akan mengaktifkan skill ini dan bonus 1 bullet. Maksimal bullet yang bisa dikumpulkan adalah 10.
  • Pengaktivan menggunakan klik kanan setelah selesai cast skill serangan cannon.
  • Level max di 70 memiliki cooldown 3 detik.

Reload Cannon Ex ( Skill khusus SS, Alpedo stomp Ex diganti skill ini )
  • Ketika skill di cast, user akan menerima buff selama 5 detik 
  • Selama berada di buff ini, damage serangan cannon naik 30% dan cooldown skill cannon blaster menjadi 2 detik.

Cannon Blaster ( Skill baru, dibawah skill reload cannon )


Chemical Grenade ( skill baru )
  • Fake bomb dan rocket jump dijadikan 1 skill dan lokasinya di skill Fake Bomb
  • Chemical grenade menggantikan lokasi skill rocket jump di skilltree
  • Efek debuff skill chemical grenade sama dengan biochemical missile yang lama

Pingpongbomb
  • Rasio board damage naik hampir dua kali lipat 
  • Versi Ex board damagenya naik hampir 4x lipat versi pingpong terbaru

Mine thrower
  • Tidak ada cooldown 
  • Memerlukan 2 bullet sekali cast
  • Board damage naik hampir 6x lipat

Biochemical Missile
  • Tidak ada efek debuff seperti yang dahulu. 
  • Tidak ada cooldown
  • Butuh 2 bullet per cast
  • Versi Ex memberi debuff 20% menaikkan damage yang diterima monster selama 10 detik. Mirip disease Ex dan mungkin akan masuk ke golongan cap 100% damage.
  • Board damage naik hampir 5x lipat

Splash
  • Board damage naik hampir 50% 
  • Tidak ada cooldown
  • Butuh 1 bullet per cast

Gatling tower
Board damage naik 2x lipat


Cannon Tower
Board damage naik 4x lipat


Ice Pump Tower
Board damage naik 3x lipat


Chainsaw Tower
  • Board damage naik sekitar 12,5x lipat
  • Cooldown turun menjadi 9 detik


Mechabomber
  • Board damage naik 3x lipat 
  • Versi Ex nya memberi bonus lagi naik 80% damage.


Second Gear
Damage tower akan naik 30% ketika aktif


Bigmechabomber
  • Board damage naik hampir 4x lipat 
  • Bonus 50% damage ketika fullcharge

Mechanic Mode ( skill baru di bawah skill mechabomber )
  • Membuff usernya sendiri, ekstra damage tower dan damage reduce ketika aktif 
  • Ketika buff aktif, skill tower apapun yang di cast tidak akan disummon. Melainkan serangan tower ditembakkan melalui senjata ( cannon ) summoner dan arah tembakan sesuai bidikan ( aim ).
  • Tidak ada perubahan aturan limit tower, berarti tetap maksimal 3 tower yang bisa di summon diluar MM mode. Cast tower ketika Mechanic mode ( MM ) akan membuat animasi serangan yang mirip dengan tower di cast dengan bidikan sesuai aim usernya.
  • Cooldown chainsaw turun menjadi 6 detik ketika MM, ice pump 9 detik, sedang cannon dan gatling tidak ada cooldown ketika MM mode. Tembakan ice tower dalam MM mode menciptakan semacam aura Es disekitar Engineer dan memberi efek damage plus debuff ke monster sekitar.
  • Reload cannon tidak bisa digunakan ketika MM mode.
  • Buff bersifat aura, tidak memiliki cooldown ( Mirip seperti Ele / Convic Aura ).



Skill Tree baru Engineer
 
 Video-video terkait :
  1. Link 1 
  2. Link 2 
  3. Link 3
  4. Link 4 
  5. Link 5





CRUSADER DAN PALADIN


Armor Break
Buff ekstra damage naik menjadi 40% Damage Boost.

Holy Cross
Damage total berasal dari dari physical dan magical. Board damage versi lama hanya serangan magic. Board damage terbaru merupakan total dari Physical dan magical damage dengan board damage yang sama. Contoh untuk level 21 Physical : 409% + 17910 Magical: 409% + 17910. Cooldown 14 detik.

Sacred Hammering
Cooldown 10 detik. Mekanik damagenya dirombak dan sama seperti Holy Cross. Gabungan damage physical dan magical dengan board damage yang sama.

Magical Bless
Ketika skill dengan damage elemen light di cast, nilai attack yang diperoleh dari senjata naik 10% selama 5 detik. Ketika buff aktif, skill Elec Smite cooldownnya berkurang 1 detik.

Thor Hammer
Level 2 Physical 1592% + 19110 dan magical 2047% +31849. Apabila hit terakhir Thor Hammer mengenai target, akan memberikan buff 330% INT dan STR naik selama 20 detik.

PRIEST DAN INQUISITOR


Grand Cross
Damage naik 25%.

Heavenly Judgement
Damage naik 10%.

Electric Bless
Ketika menyerang target yang terkena status electrocute, akan ada bonus damage sebesar 20% dari damage skill yang dicast. Bonus damage berelemen netral.

Consecration
Ketika target berada di area consecration, maka target menerima bonus damage apabila Inquis mengcast Grand Cross dan Holy Burst. Bonus damage yang diterima dari Grand Cross sebesar 5x damage Grand Cross, dan bonus damage yang diterima dari Holy Burst sebesar 3x damage Holy Burst.



Seperti biasa, saya akan mencantumkan sumber gambar-gambar di atas sesuai urutan agar kita juga menghargai seniman yang menggambarnya. Sumber : 1 / 2 / 3 / 4 / 5 / 6 / 7


Comments

  1. Apakah kelas merce gk ada perubahan kk daniel ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MC kan udah maren?

      Delete
    2. Merce sudah di boost akhir tahun lalu dan Februari ( destroyer ). Bulan depan ada balancing Screamer, dan Juli Artillery/ Sniper. Physician / Guardian / Crusader akan di boost lagi, namun tidak tahu kapan waktu pastinya.

      Delete
  2. Kapan yah acro bakal di boost T_T

    ReplyDelete
  3. itu moonlord masa skill pasivenya cuma 0,8 ya gan. perasaan aku baca di situs lain 1,6 deh. tolong konfirmasinya donk. soalnya lagi project bikin ML dark attack untuk cap 70.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan saya liat dari beberapa Sumber mengatakan kalo 1 int = 1,6 MA , ato di SEA ada perubahan gan ??

      Delete
    2. Awal release INT x 1,6 .... lalu di balance lagi karena overpower menjadi INTx0,8. Beberapa video yang heboh soal ML masih memakai x1,6.

      Delete
    3. argghhh...................
      asem baru 1 minggu lvling uda lvl 50 di dandanin lagi. tau2 penurunan. rugi bandar neh.
      Btw gan. di ina ada costum school v2 yg klo di pake satu set dpt skill irine virus. apa di sea juga dpt ya ?
      klo ada juga tolong donk penjelasannya tuh skill. bilangnya sih attk 250% m.attk 250%.
      tpi kok ga beda amat ama ga pake tuh skill ya.

      Delete
    4. Meskipun passive nya dibalancing lagi, saya pikir damage Moonlord patut diperhitungkan dalam PvE. Untuk irine love virus, ketika di cast akan muncul patung irine. Efeknya, Irine akan menciptakan Area 5 meter di sekelilingnya. Target yang terkena AoE irine akan menerima damage sebesar 250% Attack. Damage tersebut dibagi 5x hit dan per hitnya akan keluar per detik selama lima detik irine disummon. Per hitnya sekitar 50% attack anda. Dan semua musuh yang berada di AoE akan melakukan 0 damage ke summoner irine ( tidak berlaku kepada boss dan miniboss nest / raid ).

      Delete
    5. uda terlanjur kecewa nih gan. lanjutin job GM aja deh yg uda jadi tpi blom gearing.
      makasi buat infonya ya gan. berarti irine virus ga terlalu heboh juga ya itu skillnya.

      Delete
    6. Menurut mas Daniel, di cap 70 DN SEA apakah FA Gladiator masih lbh owning untuk nest daripada skill2 Moonlord? Khususnya untuk Raid Nest kedepannya.

      Delete
    7. bukannya udah di koreksi ya, tetep 1,6/int itu passivenya, tapi khusus raid nest (BDN), dapet yg istilahnya 2x limit yg mirip" kyk limit damage di DDN? jadi damagenya gak seimba kek video si HalfSugar.
      jadi buat nest 4man/6man itu masih "imba" passivenya ML

      Delete
    8. Ahaha maaf belakangan ini sibuk jadi telat up to date. Seperti yang saya tulis, ini akan di update untuk info terbaru. Untuk passive ML tetap INT 1,6 namun mekanismenya bukan buff apply mentah-mentah. Melainkan merubah basic kalkulasi tanpa buff.Sebelumnya 1 INT = 0.5 Mattack, ketika mendapat buff menjadi menjadi 1 INT = 1.6 Mattack. Jadi kasarannya buffnya menaikkan mattack setara x1,1 INT karena 0.5 INT sudah dimasukkan basic bonus.

      Balancing Moonlord sebenarnya bukan untuk melebihi Gladiator, melainkan menjadikan ML dan Gladi berada di ketinggian yang sama.

      Delete
  4. Update ginian bikin susah apa bikin gampang bang untuk SS dan GM ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih gampang dan sederhana. Dan ciri khas SS / GM lebih mudah dikenali

      Delete
  5. maaf mau nanya, apakah update skill ini karena munculnya job assasin yg bisa dikatakan OP ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, sejak Raven muncul... kecenderungan party membawa damager Raven semakin menggila, Dan beberapa class sangat susah menembus line up party Raid. Beberapa sudah di boost dan mungkin terasa lebih baik, beberapa lagi akan menyusul dalam beberapa bulan ke depan. Yaitu Screamer / Bowmaster / Guardian / Physician / Crusader.

      Delete
  6. wah gameplay SS bakal makin ngerambo nih nyaris ga ada SP buat ambil tower @_@

    ReplyDelete
  7. maaf, OOT dari topik
    minta komentar Sniper di Cap 60 dan 70 dong mas Daniel.
    tengkyu

    ReplyDelete
  8. kk daniel klo untuk class gladiator itu lbh bagus numpuk agi (wind) apa str (bear) ya?? awalnya aku numpuk bear utk boost atp tp setelah tanya2 ma yg class nya gladi juga katanya lbh baik numpuk wind di jade nya. karna untuk FA butuh critical & itu butuh agi lebih besar. gitu katanya

    mungkin kk punya penjelasan lbh bagus mana agi ato str untuk gladiator....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Critical gladi wajib 80% di kota. Kenapa? Anda tidak bs merengek ke party agar selalu bawa archer dan merce tiap run. Kalau mereka mati, maka damage anda akan drop signifikan.

      Cara terbaik untuk boost crit melalui senjata grade legend, tentunya mahal. Lebih murah lagi dengan third plate crit, tentunya juga butuh biaya tidak sedikit. Paling murah dengan build agi dr jade.

      Kesimpulannya, gladi build agi atau str? Str apabila crit anda 80%. Agi apabila anda miskin dan crit low

      Delete
  9. GM jadi bisa lebih mobile lagi, asik lah klo bgitu. SS makin menggila, skill" nya gak ada cooldown apalagi splash.

    masih agak bingung yg di reload cannon, itu buat ngumpulin bullet bisa pake skill apa? (ping-pong/air blast/ apalagi?

    ReplyDelete
  10. Bang daniel di cap 70 nanti apakah ML mnjadi build dark attack??mengapa dmkian?? Apakah ML mnjadi OP bagi saudaranya GL??? Dan 1 int= 1.6 Mnjadi 0.8 Matk trsbut dikurangi karena dmg dari ML sngat OP??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isu yang beredar, nerf ml itu karena bonus pasive yang overpower. Sekarang memang cenderung memakai converter dark di pedang. Namun wawancara dengan developer pada bulan april lalu yang direlease halfsugar mengatakan bahwa dark attack akan di nerf di next balancing

      Delete
  11. Maaf OOT mas Daniel . Lebih Memilih Tempest Atau Wind Walker ? Dan apa alasan nya ? Terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempest, spam debuff binding shot ex sangat membantu damage party. Terutama apabila debuffer seperti sm atau bowmaster mati.

      Delete
  12. Bang daniel , pengen banget nih bang daniel nulis lagi =D Thanks ^^

    ReplyDelete
  13. bg daniel .. tanya dunk . ane punya saint di dn ina .. masi abal2 c, build pve/pvp .. untuk itu kn ane pake 2 ulti .. havently judgemen sm miralce relic. nah, build skill ane HJ sm MR sama2 lv 2 . pertanyaan ane . untuk pve, actually pedesan mana sih buat salah 1 ulti itu ? sebelumnya tq bg daniel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat pve, udah jelas tugas saint itu buat support, dan udah jelas ulti yg pasti di pakai buat ulti saint ya MR

      Delete
    2. gini gan. yg ane tanyain damagenya gedean mana atr 2 ulti priest dgn lv skill sm2 lv 2?
      cz ane punya kasus gini. ane lg party pkn/tkn n, pas stage 1 member party ane out 1. pas itu line up member ane GM(PLnya) eq gk jelas, barbar eq gk jelas jg, sm ww eq standard. nah pas itu ww nya out pt. nah klo uda gitu jelas kita kekurangan damage dan bakal butuh waktu lama kill monsternya. nah pas awal masuk biasa rb, hs all relic termasuk mr ane keluarin . shock of relic segala macem hit ane ane keluarin. geli2 tu momon .. lama tu nge kill momonnya smpe ulti ane uda slse cd nya .. ane keluarin tuh all relic, kecuali mr ane . ane shock of relic. uda itu ane ulti pake H J. lumyan kerasa. nah pas momon tu uda mati . si pl ngomng ktnya klo ulti musti pake MR. trus ane tanya knp musti pake MR dede?. dia jawab ktnya suruh googling . trus ane tanya bedanya MR sm H J tu apa? ktnya lebih pedes MR.
      pertanyaan ane apakah bener omongannya dede itu ? cz ane uda 2 x kena kasus ky gitu . malah yg pertama bilang MR bisa nambah damage ky smacam luringnya sm. what the ...
      cz setahu ane MR itu, nge reduce damage dari musuh smpe 70% magic/psyc atk. sambil bisa nge hit mgc atk 1240%+17313 light attribute.
      sedangkan HJ bisa ngasih magic atk n light atribute hingga 2274%+39493 di tambah -33% lightning resist dr yg kena hit.
      ane make HJ tu jga pasti mastiin keadaan member party ane gan. ane sadar bgt ane support. darah member penuh, hs on, healing relic turun, buat nambah damage shock of relic n buat jaga2 klo ada yg tiba2 kepleset trus darahnya berkurang drastis.
      ane gk pernah make HJ pas raid nest.
      ane orangnya nerima pendapat org gan, makanya ane share ne kasus ane
      klo ada itung2an MR damagenya lebih gede. ane bakal reset skill ane gan.
      tq ^^

      Delete
    3. kalo damage sih mungkin lebih ke HJ, skarang balik ke job nya agan, agan kan saint tuh, tugas support, bukan tukang pukul, jadi lebih bagus ambil MR, full support krn job agan saint, kalo emang mau jadi tukang pukul ya ubah aja jadi inqui, baru pas ambil skill HJ, lagian kan kasus kayak gitu skali skali doang kan ? jadi jangan ngorbanin SP buat skill yg sia sia doang

      Delete
    4. Kl untuk damage, hj lebih baik. Pada dasarnya, penggunaan mr adalah untuk keadaan tertentu. Namun perlu di garisbawahi bahwa member party yang sangat tergantung akan heal dan mr juga tanda tanya besar. Apakah selama ini cara mainnya seperti rambo?

      Delete
  14. Iy gan. Tp kn build skill ane buat pvp jg. Jd ambl jg yg HJ. Iy gan balik ke kasusnya gan. Ane sadar ane support. Berarti bener kn damage gedean HJ?

    ReplyDelete
  15. Mr jg bisa nambah damage 25% ke 1 party loh. Putuskan dng baik ulty yng mau ente pake

    ReplyDelete
  16. Bang danvant itu apakah itu balance udah berlaku di dn sea? Saya liat page ini langsung buat enginer untuk jadi shooting star. Tapi kok skill tree nya masih sama kaya sebelum balance? Ini eror atau gimana T_T. Saya main di sea . Dan saya Tanya sama anak guild katanya blm balance . Mohon keteranganya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu balancing yang baru release d korea. Sea belum implemen

      Delete
    2. Wkwkwk kirain udah balance , Soalnya damage academic terhitung kecil untuk saat ini. Kira kira Kapan ya mas update di sea?. Dan apabila udh dibalance apa skill direset auto atau cmn ada beberapa skill tambahan Dan kenaikan base damage skill aja ?trus hrs reset sndri . Mohon jawabanya^^

      Delete
  17. gan daniel inqu saya nih kurang greget critnya apa perlu di suffix agi bajunya biar ngejar ? atau cukup jade ? terus mau tanya kalo main light attack enaknya pake cincin apa ? saya sekarang masih pake brilliant amber atau manti

    ReplyDelete
  18. mw nanya gan soal skill balance.
    klo dn sea ma dn ina liat skill balance d mana ya ? g ktemu'' soalnya
    1 lagi, apakah skill balance d kdn/cdn/sea nantinya jga sama d dn ina ?

    ReplyDelete

Post a Comment