Yahallo! Kali ini kita berlanjut ke sinetron stacking elemen resist. Stacking itu artinya "menumpuk" alias menggabungkan beberapa skill-skill yang berpengaruh terhadap elemen resist target. Sekarang diluar sana banyak sekali artikel dengan pemahaman terpisah. Misal artikel A mengatakan ice resist tidak bisa di stack, artikel B mengatakan skill elemen resist dalam party boleh satu saja, artikel C blablabla. Sangat membingungkan. Berangkat dari ide tersebut, mari kita buat semua masalah ini clear sekali untuk selamanya! Tentunya semua video kami upload ke YouPret dan anda bisa mendownload videonya lalu putar dalam slow motion untuk mencari timing waktunya.
Belakangan ini banyak orang bertanya, pilpres 9 Juli harus pilih siapa? Saya tidak mau berkampanye dengan menunjuk orang. Saya menghimbau teman-teman semua untuk pilih siapapun yang menjanjikan internet Indonesia lebih cepat dan terjangkau kalangan menengah kebawah. Kita sudah cukup dengan omong kosong "internet positif" dan "kalau internet cepat buat apa?". You want to end it? Lets make the right decision!
Resist itu bisa kita katakan Defense. Misal Physical Defense bisa kita tulis juga Physical Damage Resist. Magic Defence kita bisa tulis Magical Damage Resist. Artinya Ice Resist bisa kita tulis pula dengan Ice Defense, atau Light Resist bisa kita tulis Light Defense. Jadi ketika ada pertanyaan Biochemical Missile mengurangi defense? Ya! Curse mengurangi Defense? Ya! Disini kita memakai contoh Beku dari Ice beam sebagai indikator. Mengapa? Karena beku mudah dilihat, dan tandanya jelas.
PENGUMPULAN MASALAH
Setelah kita kumpulkan, ternyata ada 3 pertanyaan yang sangat-sangat sering kita dengar. Ketiganya yaitu :
- Skill dengan minus resist elemen yang sama, apakah bisa di-stack? Misal minus ice resist + minus ice resist?
- Skiill dengan minus resist all-elemen apakah bisa di stack? Misal Curse Screamer + Biochemical Missiles Engineer / Ethanol + Biochemical Missiles?
- Skill dengan minus resist all-elemen apakah bisa di-stack dengan skill minus 1 elemen? Misal Ethanol + Icing Mass?
EKSPERIMEN YANG AKAN DILAKUKAN
Urutan nomor menunjukkan experiment yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan bab sebelumnya.
- Melakukan eksperimen terhadap Reaper di Disappearing Half Moon Chaos Mode seperti di artikel durasi beku . Menggunakan Adept yang sama, kita membawa Elestra dalam party. Reaper akan dilempar Icing Mass -30% Ice Resist dan terkena Frost Wind -10%. Setelah itu saya akan cast Ice Beam ke Reaper. Apabila sukses, maka Ice Beam yang 10 detik harusnya meningkat 40% menjadi 14 detik beku!
- Kita ganti suasana, ke Gardener TKN Normal. Karena ganti suasana, kita cek dulu ice resist target dengan menembakkan ice beam. Kita lihat durasi ice beamnya, ambil persentase dan simpulkan berapa besar ice resistnya. Lalu setelah itu, experiment sebenarnya dimulai. Tembakkan Biochemical Missile -15% all elemen resist + Ethanol -16% all ele resist. Setelahnya, tembakkan Ice beam ke Gardener. Apabila sukses, seharusnya Ice Beam yang 10 detik meningkat durasinya 31% menjadi 13 detik!
- Kembali lagi ke Reaper. Kita akan melempar Ethanol lalu disusul Icing Mass. Setelah itu Ice Beam ditembakkan. Apabila sukses, harusnya Ice Beam beku 10 detik meningkat 46% durasi menjadi 14 detik ( lebih sedikit ).
HASIL EKSPERIMEN
Urutan hasil disesuaikan dengan urutan eksperimen bab sebelumnya.
ICING MASS + FROZEN SPIKE = STACKABLE!
Resmi beku detik 6 ( di detik 6 hit combo 10 stop dan tidak naik lagi, artinya beku sudah terjadi ) , pecah detik 20 ke 21. Total 14 detik!
MENCARI ICE RESIST GARDENER
Gardener terkena tembakan Ice Beam, beku detik 7 dan detik 17 pecah. Total 9 detik beku, Ice Resist 10%!
BIOCHEMICAL + ETHANOL = STACKABLE!
Beku dimulai detik 8 dan pecah detik 21. Total 12 detik beku! Ice resist 10% dikurangi 15% biochemical dan 16% ethanol menjadi -21%. Sehingga Ice Beam 10 detik menjadi 12 detik!
BIOCHEMICAL + ETHANOL ( OTHER EXPERIMENT )
Sama, beku di detik 8 dan pecah detik 21. Total 12 detik beku!
Beku detik 12 dan pecah detik 25. Total 12 detik beku!
ETHANOL + ICING MASS = STACKABLE!
Beku detik 8, dan detik 24 pecah. Total sekitar 14 detik-an.
KESIMPULAN
- Dengan ini saya katakan bahwa argumen bahwa "ice resist tidak bisa ditumpuk dan level tertinggi akan saling overtake" adalah salah. Percobaan 1 membuktikan bahwa Icing Mass lvl 11 disusul Frozen Spike lvl 1 ternyata menambah minus Ice Stacking dan membuatnya menjadi -40%! Hal sama logikanya berlaku dengan minus light / dark / fire pula.
- Berdasarkan nomor 1, disimpulkan bahwa spam skill minus ice resist sebelum melakukan Ice Stacking sangat efektif untuk meningkatkan durasi.
- Dalam artikel kuno ( sekitar 2 tahun lalu ) tentang sistem elemen resist era T4, memang disebutkan bahwa dalam PvE elemen resist target maksimal +100% dan minimal -100%. Sedang PvP +100% dan -30%. Untuk link artikelnya menyusul.
- Skill-skill dengan kemampuan mengurangi resist elemen secara multiple, misalnya Biochemical Missile / Ethanol / Curse dapat di stack dan saling memperkuat! Dibuktikan dengan 3x percobaan Biochemical + Ethanol.
- Skill-skill yang memiliki efek minus all element dan minus elemen tertentu dapat digabungkan dan saling memperkuat. Misal efek Ethanol adalah A + B + C + D, dan efek Icing Mass adalah 3A. Maka Ethanol + Icing Mass menghasilkan 4A + B + C + D. Dibuktikan dengan percobaan terakhir.
APA YANG BERUBAH?
- Ketika berada di party yang mengandalkan Ice Stacking, Engineer / Alche bisa spam Biochemical + Ice Tower + Ethanol + Icing Mass tanpa ragu! Begitu pula dengan EL dan kelas cleric. Tidak perlu lagi ragu bahwa skill-skill minus ice / light resist anda akan saling overtake. Semuanya saling memperkuat!
- Dengan dibuktikannya Ice Resist bisa di stack, maka fenomena beku Freezing Field Ex akan pecah ketika terkena skill minus elemen resist ice yang setara level / lebih tinggi bisa kita tarik kesimpulan adalah sebuah bug atau error. Atau mungkin pula aturan baru, bahwa hanya elemen resist yang bisa di stack dan selain itu tidak ada. Mana yang benar? Perlu dilakukan experimen spesifik lagi mengenai itu ( I'm too old for this shit! ).
- Disable mini manticore di phase naga DDN dengan beku akan lebih optimal apabila -ice resist target dikurangi terlebih dahulu. Misal Engineer Wax dahulu sehingga Manti knockdown, ketika knockdown cast Ice Tower / Biochemical / Frost Wind / dan jampi-jampi lainnya.
- Tren Dark Party di cap 70 dengan berisi Raven + LF + Support Dark + Support Dark terbukti efektif, karena semuanya saling menguatkan. Misal Raven + LF + Adept + Majesty.
- Saya menarik lagi semua omong kosong saya mengenai Ice Resist tidak bisa ditumpuk. Nyahahahaha!
--- Hope can help you in your Adventures! Happy Dragon Nest^^ ---
pertamax. berarti mekanikalnya sama kaya minus physical dan magical defence yg bisa ditumpuk sampe 100% dan minus resist dari skill yg sama tidak bisa ditumpuk contohnya biochem + biochem=15%+15%=30%?
ReplyDeletegw nanya dong ini masih blm ngerti soal ele resistance. kalo misalnya fel guardian yg resistnya 20% dikasih biochemical missile reduce 15% + ascension Ex 20% . total reduce kan 35% tuh. terus resistance dark fel guardian nya stop di 0% atau jadi -15%?
ReplyDeleteSaya sebenarnya malas comment pertanyaan beginian. Kan sudah ditulis, maks minus yang bisa diterima target di PvE adalah -100%. Silakan artikan sendiri.
DeleteMas Daniel jika Bisa saya mnta tolong jika ada artkel tentang job Howler Di party Nest tpi juga d raid nest dan bukan hanya d GDN tetpi jika bisa d SDN hc dan DDN, karena saya masih tidak tau pas saat Timing penggunaan Hwoler tersebut sehingga saya ragu untuk menggunakannya dan d tanbah lagi saya ini masih Newbie oelh karna itu saya mengharapkan teori dan artikel tersebut,itu pun jika anda ada kesempatan dan jika anda ingin karena hanya ini blog yg sering saya kunjungi untk teori ttng mekanic stage,Sekian Terima Kasih ^_^
ReplyDeleteSayang sekali saya sudah berhenti bermain Howler di cap 40. Memang untuk ke depannya akan mengupas tentang Engineer. Masukan saya tampung, akan saya pikirkan untuk ke depannya. Terima kasih^^
Deletemau tanya dong mungkin gak berkaitan dengan artikel diatas, tapi pengen nnya nih XD
ReplyDeleteoke langsung aja, di DN Korea kan skrg udah update tuh revamp buat engineer, GM dengan Mechanic Mode dan SS dengan Reload Cannon, mnurut mas daniel apa kelebihan dan kekurangan masing2 itu stelah di revamp? saya ngeliat gameplay SS di youtube setelah direvamp kok malah jadi tipe jarak dekat gitu ya dengan Reload Cannonnya? Lebih seruan ngeliat yg GM dengan MMnya tuh kayaknya ya? Soalnya saya pnya char SS jga nih :D
atau mungkin mas daniel pernah ngebahas di fb atau sedang mempersiapkan artikel untuk revamp tersebut? kalau misalkan sudah pernah dibahas, bisa minta linknya? :D
SS
Delete- Sub - Damager
- Serangan 90% berasal dari Cannon dan 10% sisanya bebek + Alpedo
- Banyak melakukan serangan dari dekat karena Splash dan Reload cannon type nya close - medium sehingga lebih benefit serangan dalam jarak dekat.
- Debuff 20% damage dari Biochemical Ex membuatnya lebih "acceptable" di party
Gearmaster
- Main Damager
- 75% damage dari serangan cannon / Mechanic Mode, sisanya Bebek
- Range serangan medium
- Boost damage hampir semua tower dan mechanic mode membuat class ini tidak memiliki kekurangan melawan musuh mobile.
Yang paling penting, bagi pemula sangat memudahkan untuk memilih class. Suka bermain summon atau tidak? Sangat simple.
bagaimana dengan pengurangan fire resis apakah sama seperti pengurangan ice resis?
ReplyDeleteefek -fire resis dari ethanol + biochemical apakah stack?
Semua skill yang minus ele resist tetap berfungsi sebagaimana mestinya, dapat di stack. Saya menggunakan -ice resist karena paling mudah dilihat dengan ice stacking. Fire / Dark / Light resist bekerja sama dengan ice resist.
Delete