Eight Man Party : Debuff Bull's Eye, Provoking Slam, Armor Break, dan Biochemical Missile Ex ( Panjang betul judulnya @_@ )

    Yahallo! Nyahahaha kembali ke artikel berat  yaitu tentang Raid Party. Kali ini kita membahas 4 debuff yang sangat populer di Raid Party yaitu Provoking Slam / Armor Break / Bulls Eye / Biochemical Missile Ex. Banyak yang mengatakan debuff ini mengurangi defense, ada pula yang mengatakan ini debuff saja, dan lain-lain. Kali ini kita akan mengakhiri perdebatan itu, plus review mengenai skill tersebut. Tentu saja semua data dan fakta dilengkapi dengan video agar validitasnya teruji.


    DN SEA sudah memasuki pekan kedua dari event Loffy Expedition di cap 70, nampaknya cap 80 mungkin tinggal hitungan hari atau bulan. Banyak perkembangan menarik seputar party raid, diantaranya mulai marak party Light dengan Inquisitor dan Crusader sebagai motor penggeraknya. Mulai tenggelamnya Destroyer ditembak jatuh oleh Gearmaster di slot party Raid. Mudahnya mengakses practice mode dan bisa memilih tingkat kesulitan BDN, membuat player middle class mulai banyak yang clear. Well, setidaknya hal tersebut bergeser ke arah yang lebih baik. Anda bisa bertanya lebih lanjut atau berdiskusi dengan add friend Facebook saya disini. Dipersilahkan untuk menulis komentar atau menghujat artikel ini. Namun comment menghujat tanpa identitas jelas akan saya hapus, berani mengkritik dengan menunjukkan jati diri anda!






PROVOKING SLAM


Banyak yang misskonsep mengenai skill ini. Skill Provoking Slam tidak menurunkan defense target. Provoking Slam dalam max level memberikan debuff damage fisik dan magic yang diterima target naik sebesar 50%. Skill ini adalah dagangan  utama para Swordsman baik Gladiator ataupun Moonlord. Timing dan info yang baik kepada member party memberikan efek signifikan di party Raid. Buff Cocktail membuat gap antara durasi debuff dan cooldown menjadi semi-permanen ke target.









ARMOR BREAK



Armor Break dalam eksperimen di atas, tidak mengurangi defense target. Armor Break memberikan debuff phisical dan magical damage yang diterima target naik. Dalam max level, Armor Break memberikan 40% all damage up. Skill ini sebenarnya simple, namun membawa efek signifikan bagi party. Per level memberikan 1% debuff lebih tinggi, namun sangat efisien apabila memiliki Armor Break dengan level max.








BULL'S EYE



Dalam eksperimen, Bulls Eye tidak menurunkan defense target. Bulls Eye memberikan debuff magical dan physical damage up. Dalam max level, memberikan all damage up sebesar 35%.  Class Bowmaster terdiri dari 2 sub-class yaitu Artillery dan Sniper. Perbedaan gap 15% dengan Provoking Slam bisa dimanfaatkan party leader untuk alternatif pengganti SM di slot party. Gap 15% all damage up bisa dikompensasikan dengan buff 20% critical up milik Artil / Sniper. Durasi debuff dan cooldown skillnya yang beda jauh, membuat debuff ini bisa kita katakan permanen.






BIOCHEMICAL MISSILE EX

Skill eksklusif milik Shooting Star. Seperti yang ada di video, skill ini memberikan debuff -20% magical dan physical defense. Namun yang perlu anda pahami, skill ini tidak mengurangi defense sesuai persenannya yang asli. Artinya apabila defense anda 40%, tidak akan berkurang menjadi 20% ( 40% - 20% ). Namun yang terjadi, defense anda akan berkurang 20% dari 40% tersebut. Jadi, ketika defense anda 40% dan terkena Chemical Ex, maka defense anda akan turun menjadi 32%. Hal ini juga dibuktikan di video, ketika def fisik saya 10% dan terkena Chemical Ex. Def fisik saya menjadi 8%, bukan -10%. Kesimpulannya, semakin tinggi defense fisik / magic target maka semakin efektif skill ini. Begitu pula sebaliknya. Hal ini juga berlaku pada skill reduce physical/magical defense milik Chaser. Baik Applause ataupun Punishment non- Ex atau Ex. Tapi dalam experiment reduce defense elemen di artikel lain blog membuktikan bahwa skill reduce resist bisa stack, maka kita bisa berasumsi bahwa Applause + Biochem Ex + Punishment bisa bergabung dan membuat minus defense target semakin besar dan efisien. Apakah efisien di Raid? Konsistensi defense Naga di SDN dan GDN bernilai 55% untuk fisik dan magic, membuat kami berasumsi Naga Jakard dan Feder memiliki defense serupa. Apabila memang benar all dragon magic/physical defense 55%, maka skill-skill yang memiliki reduce defense fisik / magic sangat efektif di phase Naga.









ATURAN DEBUFF DAN STATUS

 DI RAID NEST

      Foto di atas diambil ketika BDN bulan Agustus. Ketika itu attack max saya hanya sekitar 53K di kota. Terkena aturan maximum attack power 200% dari normal attack dan berwarna merah. Darimana 100% buff attack up? Buff tersebut merupakan kompilasi dari berbagai buff attack dari Rock of Blessing, Striking Priest, Chakra of Healing Bringer, Grudge Formation Screamer, dan lain-lain. Bukankah seharusnya 200% attack mencapai 106K apabila attack max 53K? Jangan lupa, trik max attack. Third plate heraldry, lebih benefit ditumpuk ke status utama. Misalkan GM dengan AGI, bukankah 3rd attack memberi attack lebih tinggi? Jangan lupa ketika di BDN party mayoritas membawa Kali dan Adept dimana mereka bisa boost stat anda hingga dua kali lipat! Jadi 136K adalah 200% dari 68K alias attack saya naik sekitar 15K dari normal karena AGI dalam stat saya membengkak akibat buff stat booster.

Ketika DDN release di Korea, Developer melampirkan mengenai aturan baru di Raid DDN yaitu :

  1. Buff attack up maksimal meningkatkan attack anda 100%. Selebihnya akan stop di titik maksimal alias berwarna merah.
  2. Debuff, critical, Final Damage , buff damage, dan lain-lain meningkatkan maksimal damage anda 50x dari normal damage. Lebih dari 50x akan terhitung 50x dari normal damage dengan warna ungu atau purple. Misal Fireball saya normal tanpa crit 100K, maksimal damage Fireball tersebut di DDN adalah 5 juta dengan warna ungu.
     Pertanyaan sederhana, apakah di Black Dragon Nest berlaku aturan yang sama dengan Desert Dragon Nest? Bukti di gambar menampilkan indikasi aturan yang sama. Dimulai dari maximum attack power 100% up dari normal. Pertanyaan umum, apakah menumpuk FD 100% useless? FD 100% adalah bagian dari cara untuk mencapai 50x damage normal. Tidak mudah untuk menampilkan damage ungu, bahkan yang memiliki 100% FD sekalipun belum tentu bisa menampilkan damage ungu. Kesimpulannya, menumpuk FD masih sangat, sangat, sangat worth alias menguntungkan.



Semoga membantu dan Happy Dragon Nest ^^














Comments