Debuff Defense Fisik / Magic dan Damage Amplify

    Yahallo! Nyahahahaha kali ini kita kembali ke hal berat lagi yaitu tentang debuff defense dan damage amplify. Untuk debuff elemental resist, dibahas di artikel blog yang ini. Seperti yang kita tahu, blog ini memang membahas tentang PvE dan mekanisme permainan team di Raid. Untuk guide-guide job, tidak semuanya bisa terangkum disini karena terbatasnya jumlah penulis alias hanya saya sendiri. Disini saya memang sengaja jarang membahas hal-hal murah seperti update balancing / cash item baru / dan lain-lain. Karena banyak web atau blog yang sudah membahas hal tersebut. 

    Kali ini masalah yang kita bahas cukup simple, yaitu apakah debuff tersebut saling menumpuk / overtake / bekerja terpisah? Disini kita akan bereksperimen menggunakan Applause dan Punishment Ex untuk debuff defense, untuk eksperimen debuff amplify kita akan menggunakan Bulls Eye dan Provoking Slam. Banyak sekali perdebatan tentang hal ini di forum-forum, namun tidak ada satupun yang bisa menunjukkan data eksperimennya dan hanya bersumber dari pendapat orang yang dianggap benar. Kali ini kita akan mengakhiri ini.


EKSPERIMEN YANG AKAN DILAKUKAN


EKSPERIMEN DEBUFF DEFENSE FISIK DAN MAGIC

Untuk eksperimen ini kita akan mengambil panggung di PvP off. Dengan Defense fisik 50%, Raven akan hit saya dengan Applause, Punishment, Applause + Punishment, Punishment + Applause. Perlu diketahui, Applause di PvP hanya mengurangi Defense sebesar 2%. Sedang Punishment Ex PvP full hit total 6% Defense reduce. Apabila kedua skill saling menumpuk, maka seharusnya defense fisik saya turun menjadi 46% ( Punish Ex 6% + Applause 2% = 8%. Sedang minus 8% dari 50% defense adalah 46% ). Apabila tidak saling menumpuk dan menguatkan, dianalisis apa yang terjadi.


EKSPERIMEN DEBUFF AMPLIFY DAMAGE

Untuk eksperimen ini, kita akan mengambil panggung TKN Normal dengan korban yaitu Gardener Garlan. Saya akan melakukan normal hit terlebih dahulu dengan senjata level rendah agar damagenya stabil dan mengambil rata-rata damagenya. Setelah itu Swordsman dan Bowmaster cast Provoking Slam dan Bulls Eye. Setelah itu saya akan hit target dan mengambil persentase kenaikannya. Apakah naik 80% atau tidak. Perlu diketahui Provoking Slam memberi debuff amplify 50% damage fisik dan magic di max level. Sedang Bulls Eye yang kita pakai adalah level 6, yaitu debuff amplify 30% damage fisik dan magic.




PESERTA EXPERIMEN


Nyahaha tentunya anda tahu siapa ini....


Aldy sebagai Raven dan Swordsman


Dimas sebagai Bowmaster. Tidak semua yang berbikini itu cewe, nyahahahaha




HASIL EKSPERIMEN



Applause, def 50% menjadi 49% alias turun 2%
Punishment Ex full hit, def 50% menjadi 47% alias turun 6%
Applause diikuti Punishment Ex, def 50% turun menjadi 46% alias turun 8%.
Punishment Ex diikuti Applause, def 50% turun menjadi 46% alias turun 8%.



Normal hit critical rata-rata 24.160
Normal hit non critical rata-rata 11.870
Critical damage Gearmaster 203%




Normal hit critical rata-rata 43.490. Naik sekitar 80%.
Normal hit non-critical rata-rata 21.370. Naik sekitar 80%.







KESIMPULAN

  1. Applause dan Punishment debuffnya saling menguatkan yang berupa total debuffnya. Hal ini bisa kita perlebar juga dengan debuff Biochemical Ex di-mix dengan skill-skill reduce defense fisik / magic lainnya.
  2. Provoking Slam dan Bulls Eye debuffnya saling menguatkan yang berupa total debuffnya ( 80% ). Hal ini bisa kita generalisir dengan skill debuff damage lainnya seperti Disease Ex, Love Virus, Armor Break, Binding Shot Ex, dan lain-lain.






Happy Dragon Nest ^^











Comments

  1. Force mirror dong kk :'(

    ReplyDelete
  2. maks 100%..
    kalo efek suffix / jade skill yg minus p.def / m.def apakah masuk rule yg mentoknya 100% bang?

    ReplyDelete

Post a Comment