Yahallo! Nyahaha belakangan ini banyak sekali chat yang berisi pertanyaan yang saya harus jawab setiap hari mengenai Dragon Nest, sehingga saya tidak memiliki waktu untuk menulis blog. Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini salah satu yang akan anda tanyakan juga? Well, kali ini saya akan share pertanyaan-pertanyaan populer yang saya post di wall Facebook saya. Lets check this out!
MENGENAI TRACING EXPLOSION PUNISHER
MEMBAGI PARTY DALAM PHASE NAGA BDN
Dalam phase naga, menumpuk 8 orang di salah satu sisi naga memiliki
resiko ketika Tornado dan Rain akan banyak jatuh korban. Party pada
umumnya membagi menjadi 2 spot yang diisi 4 orang. Simplenya, 4 orang di
kiri naga dan 4 orang di kanan naga. Jadi, akan terdapat 2 team kecil
berisi 4 orang dan bagaimana kita mengatur line upnya? Ada 2 cara
mengatur line up 2 team tadi, yaitu :
Berdasarkan damage yang optimal.
Misalkan light party dengan Engi / SM / Inqui / Cruz di satu team. Dark party dengan AW / Raven / Majes / SE di satu team, dl. Untuk porsi yang ini, saya tidak akan komentar lebih jauh karena leader party tentu tahu siapa saja player yang damagenya bagus ketika party 4.
Misalkan light party dengan Engi / SM / Inqui / Cruz di satu team. Dark party dengan AW / Raven / Majes / SE di satu team, dl. Untuk porsi yang ini, saya tidak akan komentar lebih jauh karena leader party tentu tahu siapa saja player yang damagenya bagus ketika party 4.
Berdasarkan keamanan party.
Ini yang akan kita bahas disini. Perlu anda ketahui, bahwa TD dari Engineer tidak bisa diremove oleh skill apapun oleh naga ( kecuali lantai api ketika RDB ). Anda bisa menaruh member party dengan defense "kertas" dan player yang timing dodgenya buruk bersama dengan Engineer. Contoh defense "kertas" seperti Archer / Sorceress. Member party yang bisa menggantikan Engineer dalam kasus di atas misalnya :
Ini yang akan kita bahas disini. Perlu anda ketahui, bahwa TD dari Engineer tidak bisa diremove oleh skill apapun oleh naga ( kecuali lantai api ketika RDB ). Anda bisa menaruh member party dengan defense "kertas" dan player yang timing dodgenya buruk bersama dengan Engineer. Contoh defense "kertas" seperti Archer / Sorceress. Member party yang bisa menggantikan Engineer dalam kasus di atas misalnya :
- Priest, buff reduce damage 20%+
- Merce, buff reduce damage 30% + Super Armor
- Dll
Anda jangan kategorikan LF sebagai damage reducer karena target utama
LF adalah survive dan heal, meditasi adalah optional. Namun terbaik
memang Trans Damage, tidak bisa terkena clear buff breath naga. Mari
kita lihat penerapannya di party.
REVIEW STING BREEZER
Class dengan basic INT dan Light Elemental. Range serangannya
efektif di medium dan long range. Skill damage cukup simple, hanya ada 2
skill yang memiliki damage luar biasa. Yaitu :
Piercing Spike Ex ( skill level 24 )
Mekanisme mirip MBD Moonlord, namun yang dilemparkan adalah tombak menghujam tanah. Selain memiliki efek damage, tombak akan tetap berada di tanah sampai 8 detik kemudian. Detik ke 8, tombak akan meledak dengan damage yang sama dengan ketika menabrak target. Versi Ex, dimana ketika tombak menabrak tanah akan muncul dua tombak menancap di tanah dimana seharusnya satu. Tentu saja damagenya double ketika meledak. Cooldown 13 detik, range tembakan infinite ( mirip fireball ). Board damage level max 480% magic attack. Ketika target anda berada di jarak kurang dari 2 meter dari anda, tombak tidak bisa hit target karena sudut tembakan yang tidak memungkinkan. Full iFrame ketika cast animasi, namun setelah animasi dan arah lompatan turun ke tanah, iFrame hilang.
Mekanisme mirip MBD Moonlord, namun yang dilemparkan adalah tombak menghujam tanah. Selain memiliki efek damage, tombak akan tetap berada di tanah sampai 8 detik kemudian. Detik ke 8, tombak akan meledak dengan damage yang sama dengan ketika menabrak target. Versi Ex, dimana ketika tombak menabrak tanah akan muncul dua tombak menancap di tanah dimana seharusnya satu. Tentu saja damagenya double ketika meledak. Cooldown 13 detik, range tembakan infinite ( mirip fireball ). Board damage level max 480% magic attack. Ketika target anda berada di jarak kurang dari 2 meter dari anda, tombak tidak bisa hit target karena sudut tembakan yang tidak memungkinkan. Full iFrame ketika cast animasi, namun setelah animasi dan arah lompatan turun ke tanah, iFrame hilang.
Poking Beehive Ex ( skill level 50 )
Mekanisme aksi mirip Ring Bomb Merce. Namun, di titik ledakannya akan tercipta sebuah tombak raksasa yang membuat efek tornado. Tornado efek "mini suction" alias sedot ke arah pusat tornado dan memberikan damage. Total animasi sekitar 3 detik, hanya bisa dicancel dengan skill Hornet Touch ( spasi ). Damage sekitar 2900% magic attack dengan cooldown 20 detik ( bisa diberi plate cd ). Yang luar biasa dari versi ex adalah, apabila ada tombak Piercing Spike yang ada di AoE skill ini, maka akan langsung meledak dan damage ledakannya 5x board damage Piercing Spike atau sekitar 2400%. Karena kesibukan untuk rebuff Arcane Focus + Scar Maker + Wall Maker maka akan tersisa sekitar 2.5 detik waktu luang bagi SB per 5 detik rebuff support party. Selisih waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk combo 2 skill di atas. Piercing Spike lalu detonate dengan Poking Beehive.
Mekanisme aksi mirip Ring Bomb Merce. Namun, di titik ledakannya akan tercipta sebuah tombak raksasa yang membuat efek tornado. Tornado efek "mini suction" alias sedot ke arah pusat tornado dan memberikan damage. Total animasi sekitar 3 detik, hanya bisa dicancel dengan skill Hornet Touch ( spasi ). Damage sekitar 2900% magic attack dengan cooldown 20 detik ( bisa diberi plate cd ). Yang luar biasa dari versi ex adalah, apabila ada tombak Piercing Spike yang ada di AoE skill ini, maka akan langsung meledak dan damage ledakannya 5x board damage Piercing Spike atau sekitar 2400%. Karena kesibukan untuk rebuff Arcane Focus + Scar Maker + Wall Maker maka akan tersisa sekitar 2.5 detik waktu luang bagi SB per 5 detik rebuff support party. Selisih waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk combo 2 skill di atas. Piercing Spike lalu detonate dengan Poking Beehive.
Special : Dent Blow Ex ( skill level 32 )
Animasi skill mirip slash akhir dari Great Wave SM, namun si SB harus memutar tombaknya dan mengumpulkan aura angin terlebih dahulu sebelum melakukan tebasan. Versi Ex memberikan extra 1 tebasan lagi dengan damage 50% dari tebasan pertama. Jarak serangan Dent Blow Ex sekitar 14 - 15 meter. Sebenarnya damagenya luar biasa, sekitar total 3000% magic damage apabila full hit. Namun yang membuatnya "ampas" adalah cast animasi memutar tombak sebelum melepaskan wavenya memakan waktu sekitar 2.5 - 3 detik-an. Cooldown skill 24 detik.
Animasi skill mirip slash akhir dari Great Wave SM, namun si SB harus memutar tombaknya dan mengumpulkan aura angin terlebih dahulu sebelum melakukan tebasan. Versi Ex memberikan extra 1 tebasan lagi dengan damage 50% dari tebasan pertama. Jarak serangan Dent Blow Ex sekitar 14 - 15 meter. Sebenarnya damagenya luar biasa, sekitar total 3000% magic damage apabila full hit. Namun yang membuatnya "ampas" adalah cast animasi memutar tombak sebelum melepaskan wavenya memakan waktu sekitar 2.5 - 3 detik-an. Cooldown skill 24 detik.
Special : Champagne ( skill ultimate )
Ulti terburuk dalam sejarah Dragon Nest. Memutar tombak dengan cepat memberi efek mini tornado dalam radius 3 meter, lalu menembakkan angin tersebut ke depan. Animasi memutar tombak 3 detik, damagenya hanya 2500% ( shit! ). Namun kabar baiknya, radius 3 meter tadi tercipta aura light attack +25% untuk si Sting Breezer sendiri dan aura tersebut memberi buff light attack berdurasi 3 detik. AoE buff akan bertahan selama 15 detik. Cooldown Champagne 125 detik.
Ulti terburuk dalam sejarah Dragon Nest. Memutar tombak dengan cepat memberi efek mini tornado dalam radius 3 meter, lalu menembakkan angin tersebut ke depan. Animasi memutar tombak 3 detik, damagenya hanya 2500% ( shit! ). Namun kabar baiknya, radius 3 meter tadi tercipta aura light attack +25% untuk si Sting Breezer sendiri dan aura tersebut memberi buff light attack berdurasi 3 detik. AoE buff akan bertahan selama 15 detik. Cooldown Champagne 125 detik.
Kelemahan Sting Breezer
yaitu ketika hendak melakukan Burst Damage, set up alias jampi-jampi
yang harus dilakukan cukup banyak. Saya akan memberi contoh :
Harmonize > Arcane Focus > Champagne > Scar Maker > Wall Maker > Erratic Power > Piercing Spike ( damage ) > Poking Beehive ( damage ). Anda lihat set up di atas, masih "mujur" kalau monsternya tidak berpindah termpat terlalu jauh karena waktu set up yang lama. Nyahaha no offense, semua jampi-jampi di atas total damagenya setara 4.5 tembakan Chainsaw Tower level 11 ( Bwuahahaha ). Set serangan berulang per 16 detik, namun sayangnya dalam 16 detik Chainsaw sudah menembak 8x ( itupun 1 chainsaw tower saja... ). So, sangat jelas bahwa class ini bukanlah class damager utama party. Lebih tepatnya support, terutama di light party.
Harmonize > Arcane Focus > Champagne > Scar Maker > Wall Maker > Erratic Power > Piercing Spike ( damage ) > Poking Beehive ( damage ). Anda lihat set up di atas, masih "mujur" kalau monsternya tidak berpindah termpat terlalu jauh karena waktu set up yang lama. Nyahaha no offense, semua jampi-jampi di atas total damagenya setara 4.5 tembakan Chainsaw Tower level 11 ( Bwuahahaha ). Set serangan berulang per 16 detik, namun sayangnya dalam 16 detik Chainsaw sudah menembak 8x ( itupun 1 chainsaw tower saja... ). So, sangat jelas bahwa class ini bukanlah class damager utama party. Lebih tepatnya support, terutama di light party.
Fungsi Sting Breezer di party :
+ STR / AGI / INT setara stat tertinggi = critical rate / damage naik!
+ Buff attack up 45%
+ Buff damage reduce 30%
+ Buff light attack up 16%
+ Debuff light def -16%
Semua skill semi permanen ke party kecuali Harmonize
STING BREEZER - ARCANE FOCUS
Ini adalah buff dan debuff dalam satu paket. Menembakkan bola putih
ke depan sekitar 10-12 meter. Ketika bola menabrak target, bola akan
meledak dan memberi buff light attack x% dengan radius 6 meter dari
ledakan. Tidak hanya itu, target yang terkena ledakan akan mendapat
debuff light resist -x%. Yang harus anda tahu...
1. Cooldown all level 5 detik!
2. Debuff dan Buff durasinya 10 detik!
3. Max level buff +16% light attack.
4. Max level debuff -16% light defense.
1. Cooldown all level 5 detik!
2. Debuff dan Buff durasinya 10 detik!
3. Max level buff +16% light attack.
4. Max level debuff -16% light defense.
Satu-satunya kekurangan skill ini hanya radius ledakan buff light attack up hanya 6 meter. Namun sebenarnya 6 meter merupakan jarak umum bagi damager party untuk melakukan hit. Jadi, dalam pertempuran biasa ( diluar Harmonize ) Sting Breezer spam 3 skill dalam 5 detik! Yaitu Arcane Focus / Scar Maker / Wall Maker. Ini menjelaskan kenapa skill-skill SB hanya beberapa yang memiliki damage luar biasa seperti Piercing Spike Ex + Poking Beehive Ex. Secara keseluruhan, fungsi Sting Breezer di party :
+ STR / AGI / INT setara stat tertinggi = critical rate / damage naik!
+ Buff attack up 45%
+ Buff damage reduce 30%
+ Buff light attack up 16%
+ Debuff light def -16%
Semua skill semi permanen ke party kecuali Harmonize.
Note : Untuk Flurry tugas di party, dua tugas SB terbawah digantikan
debuff crit resist -15% selama 15 detik dari Stab Screw Ex. Selain itu
keduanya sama.
LANCEA - HARMONIZE
Buff
memiliki durasi 20 detik, cooldown 60 detik, dan memiliki plate
cooldown -20%. Stat STR / AGI / INT dalam tabel stat akan mengikuti
salah satu dari ketiga stat yang paling tinggi. Misalnya stat INT anda
tertinggi dari STR / AGI / INT, maka stat STR dan AGI selama terkena
buff mengikuti stat INT anda. AoE buff ketika dicast sekitar 4-5 meter
dari caster ( hampir sama seperti AoE buff priest ).
Saya persingkat saja, ini adalah buff yang "menaikkan critical damage / critical rate secara signifikan". Sayangnya, bagi player yang bermain di dua kaki seperti menumpuk STR dan INT secara bersamaan, buff ini serasa kurang efektif.
Saya persingkat saja, ini adalah buff yang "menaikkan critical damage / critical rate secara signifikan". Sayangnya, bagi player yang bermain di dua kaki seperti menumpuk STR dan INT secara bersamaan, buff ini serasa kurang efektif.
PIERCER - SCAR MAKER
Apakah anda tahu skill Wax dari Academic? Apabila Wax memberikan
buff movement Speed +50% selama 5 detik, maka Scar Maker ( kita singkat
SM ) memberi buff attack +45% ( level max +1 ) magic / physical up
selama 5 detik. AoE SM berwarna merah, dan bertahan di tanah selama 10
detik. Cooldown skill ini hanya 5 detik. Ketika di cast, akan tercipta
AoE di tanah dengan diameter 6 meter. AoE bisa ditumpuk dengan AoE Wall
Maker ( nanti saya jelaskan apa itu Wall Maker ).
Note : Ketika
anda cast Scar Maker dalam keadaan Erratic Power ON, anda mendapat
"bonus" gratis 2 Fatigue. So, lebih bijak cast SM sebelum cast EP. Skill Wall Maker mekanismenya mirip Scar Maker, baik cooldown maupun jangkauan AoE. Yang berbeda adalah apabila Scar Maker memberi buff 5 detik attack naik +45%, maka Wall Maker memberi buff 5 detik damage reduce 30%.
PIERCER - ERRATIC POWER
1. Self buff
2. Toggle dan no cooldown
3. Menaikkan aspd dan movement max level +1 16%
4. Menaikkan FD max level +1 60% FD!
5. Batas Fatigue 10, lebih dari itu terjadi no.6 hingga FTG 0.
6. Efek batas Fatigue -50% movement dan -2% HP per 2 detik.
2. Toggle dan no cooldown
3. Menaikkan aspd dan movement max level +1 16%
4. Menaikkan FD max level +1 60% FD!
5. Batas Fatigue 10, lebih dari itu terjadi no.6 hingga FTG 0.
6. Efek batas Fatigue -50% movement dan -2% HP per 2 detik.
Cast EP sekitar 0.3 - 0.4 detik ( animasi membersihkan gagang tombak
dan memunculkan aura ). Per detik ketika EP aktif, memberikan 1 fatigue
(FTG, ini bukan FTG yang di kanan bawah! tapi tanda di bawah char!) dan
ketika mencapai 10, akan ada penalti no 6 berlaku. Kalau FTG belum
mencapai 10 dan anda offkan EP, maka penalti tidak akan terjadi. FTG
apabila EP tidak aktif, akan berkurang hingga 0 per detiknya.
Contoh :
Anda on-kan EP, FTG 8 anda offkan. Tidak terjadi penalty, FTG perlahan berkurang dari 8 hingga 0. Namun apabila anda On-kan ketika FTG 4, maka FTG naik lagi dari 4,5,6,...,dst.
Anda on-kan EP, FTG 8 anda offkan. Tidak terjadi penalty, FTG perlahan berkurang dari 8 hingga 0. Namun apabila anda On-kan ketika FTG 4, maka FTG naik lagi dari 4,5,6,...,dst.
Anda on-kan EP dan FTG mencapai
10, anda terkena penalty. Lalu anda offkan EP, selama hitung mundur 10
ke 0 maka anda mendapatkan penalty no 6 per 2 detik.
Saya
sarankan anda stop EP ketika hendak mencapai 10, misalnya di 9. Namun
apabila memang KoS mode dan mekanik tidak membutuhkan movement speed
extreme, anda bisa ON kan hingga titik maksimal.
MENENTUKAN URUTAN PLAYER SAAT MEKANIK
BOLA HITAM GOLEM BDN
Di Golem, kita harus mengurutkan siapa saja yang menyentuh bola dari
pertama dan terakhir. Bagaimana kita membuatnya simple? Gunakan urutan
kolom party.
Char dengan urutan 1-4 adalah class yang kontribusi di party cukup simple dan tidak butuh set up skill banyak. Misalnya :
1. Swordsman
2. Screamer
3. Elestra
4. Archer
5. Paladin
6. Dancer
7. Dll
1. Swordsman
2. Screamer
3. Elestra
4. Archer
5. Paladin
6. Dancer
7. Dll
Char dengan urutan 5-8 adalah class yang butuh waktu set up lebih sehabis clear buff dan summon. Misalnya :
1. Gearmaster
2. Priest
3. Bringer
4. Dll
1. Gearmaster
2. Priest
3. Bringer
4. Dll
Apabila ada yang mati atau DC? Tinggal lihat urutan kolom. Misalnya
sekarang nomor 2 sudah menyentuh bola. Dan nomor 3 mati, nomor 4 baru
saja DC. Tinggal lihat kolom party, berarti yang harus menyentuh
selanjutnya adalah nomor 5.
Timing Burst
Disini ada satu class yang sangat "licik" untuk dibawa di Golem yaitu Soul Eater. Dalam BT / FF mode, party memiliki 2 timing untuk Burst.
Disini ada satu class yang sangat "licik" untuk dibawa di Golem yaitu Soul Eater. Dalam BT / FF mode, party memiliki 2 timing untuk Burst.
Awal Spawn
Gunakan timing awal apabila damage party overpower. Anda bisa wipe out hingga Golem mati karena Golem terkena semi permanen Binding ( enggak bisa gerak ) dari Snake Ex dan Slow dari Ghost.
Setelah Barikade x3 ke x2 atau x2 ke x1
Tujuannya untuk eliminasi triple stomp dan langsung wipe out hingga mati. Percaya atau tidak, Ice Beam golem tidak akan pernah selesai sampai BT/FF mode out. Damage party lumayan tinggi, anda bisa wipe out dar x3 sampai mati.
Selain dari di atas dan tidak membawa cd
booster + SE anda bebas menentukan timing burstnya. Namun paling umum
adalah setelah barikade.
PERBEDAAN SE DAN DS
Persamaan kedua class adalah :
1. Bisa boost stat +80% lewat Genie
2. Mengurangi damage yang diterima lewat Phantom Guard
3. Bisa boost attack dan mengurangi SA Break lawan dengan Grudge
4. Bisa transfer damage via Puppet ke target, plus bonus damage.
5. Debuff all elemen resist lewat curse.
6. Bisa slow target lewat Ghost Scream.
1. Bisa boost stat +80% lewat Genie
2. Mengurangi damage yang diterima lewat Phantom Guard
3. Bisa boost attack dan mengurangi SA Break lawan dengan Grudge
4. Bisa transfer damage via Puppet ke target, plus bonus damage.
5. Debuff all elemen resist lewat curse.
6. Bisa slow target lewat Ghost Scream.
Keunggulan tiap class yaitu :
Soul Eater
+ Binding target 3 detik via Snake Ex, berlaku ke Boss.
+ Debuff crit resist dan meningkatkan critical member party.
+ Binding target 3 detik via Snake Ex, berlaku ke Boss.
+ Debuff crit resist dan meningkatkan critical member party.
Dark Summoner
+ Buff dark attack up ( future update Dark + FD ).
+ Buff dark attack up ( future update Dark + FD ).
TRIK MEMPERCEPAT EFEK CONFUSE MEKANIK CONFUSING ROAR BDN
PERTANYAAN SEPUTAR GOLEM DAN NAGA BDN
bang dan setelah saya coba keselurahan bdn saya mau nanya1.stage golem bagaiman cara biar damage kita di golem msk sepenuhny?
2. adakah cara mudah ny saat kita hit dan mengetahuiin posisi disaat naga cash black tornado?
3.pd saaat circle bom bagaimana cara jalan yg bnnr tnp memkan korban 1 team?karena dr saya liat kadang ad orang yg jalan ny terlalu cpt dan ad ygb terlalu lama klu sesuaiin timing gmn
4.adakah cara gmpngny mengetahuii orang yg terkena kutukan alias landmark di phase 4
Jawaban :
- Tank semua damage dalam efek Meditasi kecuali stomp dan Ice Ball.
- Hit paling enak di posisi gambar, lalu lihat lantainya ketika hendak tornado akan ada aura hitam berputar. Satu detik setelahnya, berada dalam AoE aura hitam akan tersedot ke depan naga.Anda bisa bagi party menjadi 2 yaitu 4 di cakar kanan dan di cakar kiri untuk menghindari "ramai" ketika meteor jatuh di tornadonya.
- Ada di gambar.
- Ada di gambar.
POLEMIK LIGHTFURY MEMAKAI JADE DESTRUC ATAU LIGHT?
apakah LF memakai Light atau Destruc?
Okelah kita anggap sebelum dipasang jade tersebut, memiliki attack
40k. Mungkin 40k itu termasuk tinggi untuk ukuran LF di 70, tapi ah
sudahlah.. Hanya CoM skill support party yang terpengaruh status attack.
Mari kita bedah hal ini.
Kalau memakai jade light, tidak
mendapatkan persenan attack seperti destruc yaitu 4%. Anggap 4x jade
destruc maka LF destruc memiliki attack 16% lebih banyak daripada yang 4x
Light. Karena attack awalnya 40k, maka LF destruc memiliki attack
menjadi 46,4K attack. Selisih attack dengan yang LF jade light adalah
6k. Kita lihat seberapa pengaruhnya...
Lihat board skill CoM 145% attack per wave. Nilai 145% dari 6.4k adalah
9200 heal per wave. Karena ada 3 wave maka total keunggulan heal LF
dengan jade light dan destruc adalah 27k heal lebih banyak. Worth kah
27k heal lebih banyak diperdebatkan? Sedangkan HP member rata-rata PvE
70 adalah 900k - 1 juta. Cooldown skill CoM sendiri 60 detik tanpa plate
*hammer*.
Kembali ke pertanyaan, apakah LF memakai Light atau
Destruc? LF memakai Light tidak salah, memakai Destruc juga benar.
Kecuali HP anda di level 70 sebesar 100k mungkin beda 27k heal memiliki
pengaruh. Kita taruh begini saja... LF memakai destruc memang lebih
baik. Namun kalau memang keuangan memaksa anda dan hanya tersedia jade
Light, tidak begitu masalah bagi party.
Comments
Post a Comment